Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tanam Lidah Buaya Dalam Pot Dan Pengolahannya

 Cara Tanam Lidah Buaya Dalam Pot Dan Pengolahannya

Duniahobiku.com – Bagaimana cara tanam lidah buaya di pot? Apakah sulit memanam lidah buaya? Pertanyaan pertanyaan seperti itu nanti yang akan kita bahas. Kita mungkin sudah mengenal baik apa itu lidah buaya. Karena tanaman lidah buaya ini memang sudah sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengobatan, perawatan kulit, rambut, dll.

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya, merupakan tanaman yang memiliki manfaat yang beragam dan bisa dijadikan berbagai produk mulai dari produk kecantikan, kesehatan dan pengobatan, dan juga bisa jadi produk kuliner. Lidah buaya ini bisa untuk menyegarkan kulit tubuh maupun wajah kita juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Di bidang kesehatan, lidah buaya banyak dijadikan sebagai obat dengan mengambil ekstrak dari lidah buaya ini. Untuk kuliner, biasanya lidah buaya ini dijadikan sebagai nata de coco, jadi bukan hanya kelapa saja yang bisa dijadikan seperti  nata de coco, tanaman lidah buaya juga bisa dibuat nata de coco.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Lidah Buaya

Nah, untuk yang pertama ini kita akan melakukan budidaya lidah buaya melalui pot agar lebih mudah dipindahkan ke pot. Kenapa saat ini banyak yang melakukan budidaya lidah buaya? Karena lidah buaya ini memiliki prospek yang cerah. Lidah buaya bisa dijadikan berbagai produk dan mengobati berbagai penyakit seperti penyakit maag, untuk mengatasi luka bakar di tubuh, menghilangkan ketombe, dan bisa untuk menyembuhkan herpes serta masih banyak lagi  manfaat dari lidah buaya. Berikut proses penanaman lidah buaya agar tumbuh subur :

Siapkan Pot

Hal yang pertama tentunya kita harus menyiapkan pot yang ukurannya tepat. Jika terlalu kecil, pertumbuhan dari lidah buaya akan terganggu, jika terlalu besar maka tidak akan efisien, karena nantinya lidah buaya tidak bisa menyerap kesuluruhan air yang ada di dalam pot tersebut, nanti jika lidah buaya sudah besar, baru diganti ke dalam pot yang lebih besar.

Media Tanam Lidah Buaya

Untuk media tanamnya sendiri, gunakan tanah yang subur yang kaya akan unsur hara. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang bagus, biasanya saat memberikan media tanam ini dilakukan pencampuran antara tanah dengan pupuk kompos. Biasanya ditambahkan juga pasir. Lalu masukkan kedalam pot yang sudah disiapkan.

Untuk cara menanam lidah buaya ini seperti menanam tanaman yang lainnya, sehingga termasuk dalam kategori yang tidak sulit. Untuk menanamnya perhatikan posisi dalam menanam lidah buaya ini, usahakan jangan sampai terlalu dangkal maupun terlalu dalam, karena nantinya akan membuat lidah buaya ini busuk dan roboh. Untuk penanamannya gunakan anakan dari lidah buaya yang berukuran kecil.

Pemupukan Tanaman Lidah Buaya

Untuk pemupukan biasanya dilakukan selama 2 minggu sekali. Untuk pupuknya bisa menggunakan pupuk organik atau kompos maupun pupuk NPK.

Penyiraman

Untuk penyiramannya sendiri usahakan jangan terlalu sering untuk menyiramnya, karena jika terlalu sering menyirami lidah buaya maka akan mengakibatkan daun pada lidah buaya cepat membusuk. Karena lidah buaya sendiri sebenarnya menyimpan banyak air sehingga anda tidak perlu untuk sering sering menyiraminya.

Penempatan Tanaman Lidah Buaya

Penempatan yang baik untuk tanaman lidah buaya adalah di tempat yang  terkena cahaya matahari secara langsung. Ini merupakan hal yang bisa membuat pertumbuhan lidah buaya menjadi maksimal.

Pemanenan

Untuk pemanenan biasanya dilakukan setelah lidah buaya berumur 6 bulan setelah pertama kali tanam. Untuk panennya sendiri pasti sudah tahu kan? Dengan memetik daun yang bagian paling luar.

Cara Mengolah Lidah Buaya

Sebenarnya lidah buaya ini bisa dijadikan berbagai macam  minuman yang menyehatkan, tetapi sebelumnya kita harus membuat lidah buaya siap digunakan setelah menghilangkanan bau dan lendir yang terdapat pada daging buah lidah buaya. karena rasa asli dari lidah buaya ini getir dan sedikit berbau. Nah, berikut cara membuat lidah buaya agar memiliki rasa yang tepat untuk dimasak lalu diolah menjadi minuman sehat.

Pertama – tama kita cuci dulu lidah buaya, lalu kupas kulitnya sehingga kita hanya mendapatkan dagingnya yang berlendir.

Kemudian bersihkan daging lidah buaya ini dengan air bersih yang mengalir hingga lendir yang ada dipermukaan daging buah terkikis. Lalu potong potong menjadi bentuk kotak ataupun menyerupai dadu.

Cara Mengolah Lidah Buaya

Setelah mendapatkan daging yang berbentuk dadu, kita rendam daging tersebut kedalam larutan air garam selama kurang lebih 20 menit. Lalu tiriskan, jika memang kurang bersih, lakukan langkah ini berulang ulang hingga kita mendapatkan daging lidah buaya yang bersih.

Setelah daging lidah buaya bersih dari lendir dan juga bau, maka kita rebus daging tersebut kedalam air yang sudah diberikan daun pandan agar menambah rasa nikmat pada daging lidah buaya. Tunggu hingga 15 menit lalu tiriskan.

Nah, setelah melakukan 4 langkah diatas, daging lidah buaya sudah siap digunakan untuk membuat berbagai macam masakan kuliner. Misalnya kina mau membuat jus lidah buaya. Langkah pertama siapkan bahan bahannya antara lain

Daging lidah buaya

Es batu

Madu sebanyak 3 sendok makan

Air perasan jeruk lemon sebanyak 1 sendok teh

Untuk menambahkan rasanya, tambahkan buah lainnya seperti anggur, apel, jeruk atau buah buahan lainnya.

Nah cara membuat jus lidah buaya ini tinggal masukkan daging lidah buaya tadi secukupnya ke dalam blender, tentunya masukkan bahan bahan yang lainnya seperti es batu, madu, air perasan jeruk, dan buah tambahan. Blender bahan bahan tersebut hingga terlumat sempurna. Lalu tuangkan hasil blender tadi kedalam gelas, jus lidah buaya sudah jadi, dan siap untuk disantap.

Semoga artikel Cara Tanam Lidah Buaya Dalam Pot Dan Pengolahannya dapat bermanfaat bagi anda par apembaca setia Duniahobiku.com.