Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Selai Pepaya Sederhana Nikmat

 Cara Membuat Selai Pepaya Sederhana Nikmat

Idebisnisanda.com - Cara Membuat Selai Pepaya Sederhana Nikmat. Pepaya merupakan tanaman yang memiliki berbagai macam khasiat dan kegunaan. Tidak hanya buah pepaya saja yang memiliki khasiat dan kegunaan, tetapi bagian tanaman lainnya juga memiliki khasiat dan kegunaan. Namun, pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai khasiat dan kegunaan dari buah pepaya melainkan olahan berbentuk selai.

Buah pepaya memiliki beragam manfaat. Salah satu kegunaannya adalah dapat dijadikan sebagai olahan masakan. Olahan masakan seperti selai pepaya telah banyak ditemukan. Di luaran sana telah banyak selai yang terbuat dari bahan-bahan tertentu, namun buah pepaya juga dapat dijadikan sebagai olahan selai.

Pembuatan selai pepaya dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda yang ingin membuat selai pepaya untuk sekedar sebagai selai untuk roti atau pun Anda yang ingin membuka usaha pembuatan selai pepaya. Usaha pembuatan selai pepaya memang dapat menguntungkan. Apalagi banyak orang yang mencari selai dari buah-buahan asli seperti pepaya ini.

Membuka usaha membuat selai memang membutuhkan modal yang cukup besar. Apalagi jika pembuatan selai berupa buah-buahan asli seperti stroberi dan anggur. Pasti membutuhkan modal besar karena harga dari kedua buah tersebut tidaklah murah. Akan tetapi berbeda halnya jika Anda ingin membuka usaha membuat selai pepaya.

Buah pepaya bukanlah buah yang harganya mahal seperti buah-buah pada umumnya. Tidak memerlukan modal yang besar untuk membuat selai pepaya ini. Pembuatan selai pepaya ini tidaklah sulit dan harganya pun murah. Namun, bahan-bahan untuk membuat selai pepaya hanya dapat ditemukan di toko-toko tertentu.

Bagaimanakah cara membuat selai pepaya?

Cara membuat selai pepaya adalah sebagai berikut.

Bahan:

Pepaya yang telah diparut sebanyak satu kg.

Gula pasir sebanyak 1100 gram.

Citric Acid sebanyak 5 gram.

CMC sebanyak 5 gram.

Anti oksidan sebanyak 0,7 gram.

Sodium benzoat sebanyak 3 gram.

Essence strawberry sebanyak 7 gram

Glucose banyak 400 gram.

Pewarna makanan merah secukupnya.

Cara membuat:

Gula pasir sebanyak 300 gram dan CMC dicampur menjadi satu hingga tercampur merata.

Panaskan campuran gula pasir dan CMC diatas api kecil sambil dimasukkan parutan pepaya. Aduklah hingga rata.

Sisa gula yang masih ada tadi dimasukkan lagi lalu aduk. Tunggu hingga gula larut.

Setelah gula pasir larut masukkan Citric Acid, anti oksidan, dan Sodium Benzoat. Aduk bahan secara terus menerus hingga tercampur merata.

Pewarna merah yang telah disediakan kemudian dimasukkan sambil diaduk hingga rata dan mengental.

Setelah mengental, api dapat dimatikan. Tunggu hingga uap panasnya menghilang.

Setelah tidak panas lagi, selanjutnya tambahkan essence strawberry sambil diaduk hingga rata.

Kemas selai di dalam kemasan seperti botol atau plastik.

Setelah membuat selai pepaya, selanjutnya selai dapat dipasarkan di toko-toko atau ditempat-tempat tertentu. Membuat usaha selai pepaya memang sangat menguntungkan. Terlebih lagi jika Anda dapat membuatnya dengan rasa yang lebih enak dibandingkan dengan selai lainnya.