Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia

 

5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia

Duniahobiku.com – 5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia ? Apakah anda mengetahui ikan apa sajakah itu ? Jika biasanya anda menyukai memberi makan ikan langsung kemulut ikan seperti pada ikan mas koki atau ikan koi tapi untuk kelima jenis ikan ini sebaiknya hal itu tidak anda lakukan bahkan anda mesti berhati-hati terhadap kelima jenis ikan ini. jika kalian ingin tahu apa saja jenis ikan air tawar yang sangat ganas tersebut langsung saja kalian simak artikel di bawah ini.

Memelihara ikan merupakan hobi yang banyak digeluti para pencinta binatang tetapi ada banyak ikan hias predator air tawar yang memiliki reputasi cukup menyeramkan dari yang berukuran kecil hingga berukuran jumbo.

Bagi pemula yang baru belajar memelihara ikan sebaiknya jangan sampai kalian salah dalam memilih jenis ikan, karena itu sangat berbahaya terutama buat anak-anak yang belum mengerti tentang bahaya ikan ganas ini. Sebaiknya kalian bisa mencari tahu terlebih dahulu Jenis ikan apa saja yang cocok untuk anda pelihara.

5 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Di Dunia

Agar kalian tidak salah memilih jenis ikan, berikut ini ada 5 Jenis Ikan Air Tawar yang sangat ganas yang sebaiknya tidak ada dalam daftar ikan yang hendak anda pelihara. Seperti apa ikannya, langsung saja yuk kita simak :

1.          Ikan Candiru

Bentuk ikan candiru seperti kaca dan tembus pandang. Dengan bentuknya yang tembus pandang sehingga ikan candiru ini sangat sulit untuk di lihat ketika di dalam air.

Ikan candiru vs piranha

Ikan candiru ini dapat di temukan di Sungai Amazon dan memiliki reputasi di antara penduduk lokal sebagai ikan paling di takuti.  Mengapa begitu.? Karena ikan ini memiliki sifat yang sangat ganas bahkan keganasan ikan ini lebih dari ikan piranha. Walaupun ukuran ikan ini memiliki ukuran kecil yaitu sekitar satu inci tetapi jangan tertipu dengan bentuknya yang mungil. Bahaya ikan candiru jangan dianggap enteng.

Ikan ini di kenal ganas, karena ikan ini bisa masuk ke dalam insang ikan lain, dan mengeluarkan tulang belakannya agar dapat berpegang di tempat tersebut. Setelah itu ikan ini akan meminum darah dari insang ikan tersebut, bukan Cuma itu yang membuat reputasinya makin menakutkan. Ukuran ikan candiru memudahkannya masuk kedalam alat kelamin manusia dan mengisap darah inangnya. Jadi  tidak heran  jika ikan ini di berikan julukan sebagai ikan vampir dari Brasil.

Ada mitos bahwa ikan ini tertarik pada air seni atau darah manusia namun hal tersebut masih menjadi perdebatan dikalangan ilmuwan. Namun jika tidak diobati secara cepat maka dapat menyebabkan shock bahkan kematian korban yang disusupi oleh ikan candiru. Kecil tapi mematikan, itulah ikan candiru.

Ikan Candiru

Ikan Candiru

2.          Ikan Toman

Ikan Toman merupakan salah satu ikan yang masuk dalam 5 Jenis Ikan Air Tawar yang buas yang dari suku gabus. Ikan gabus tomang ini memiliki ukuran tubuh yang mirip seperti ikan gabus pada umumnya. Namun ikan Toman ini dapat tumbuh besar hingga mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies ikan  terbesar dalam suku ikan gabus.

Ikan toman ini merupakan ikan yang buas dan termasuk dalam kata ikan predator. Mengapa di katakan seperti itu, karena ikan toman ini akan memangsa ikan-ikan kecil, serangga, dan kodok yang berada di sekitar lingkungannya. Bahkan jika ada orang yang  berenang di sekitar sarang maka induk toman ini tidak akan segan-segan untuk menyerang kalian.

Ikan Toman
Ikan Toman

3.          Ikan Piranha

Piranha merupakan ikan air tawar yang termasuk golongan omnivora yang hidup di sungai di Amerika Selatan seperti di sungai venezuela. Ikan ini di sebut caribes, mereka terkenal dengan gigi yang tajam dan pemakan daging. Ikan piranha ini termasuk golongan ikan yang buas dan merupakan ikan predator. Dengan giginya yang begitu tajam ikan ini mampu merobek apa saja yang menjadi mangsanya.

Keganasan ikan piranha bahkan menginspirasi film Hollywood untuk membuat berbagai versi tentang ikan piranha,  ikan piranha di Indonesia sering dijadikan ikan hias untuk beberapa kalangan pencinta ikan buas, ikan ini akan menjadi ganas jika hidup berkelompok tetapi jika hidup sendiri ikan ini tidak terlalu berbahaya.

Ikan Piranha
Ikan Piranha

4.          Ikan Aligator gar

Aligator merupakan jenis ikan yang termasuk dalam genus alligator. Namun dapat juga merujuk pada lingkup yang lebih luas yaitu famili alligatoridae. Meskipun famili tersebut juga mencakup kelompok kaiman dari sub familii caimananinae. Ikan aligator ini masih masuk dalam kelompok buaya.

ikan aligator ini memang mirip seperti buaya . ikan aligator ini juga sangat buas, Jadi bagi kalian lebih baik berhati – hati ketika berjumpa dengan ikan ini  Karena jika ikan ini tidak nyaman dengan kehadiran kalian, maka mereka tidak akan dengan segan – segan untuk menyerang kalian.

Ikan Aligator gar
  Ikan Aligator gar

5.           Ikan Harimau / Tiger Fish

Ikan satu ini memiliki habitat untuk tinggal di sungai – sungai besar yang ada di Afrika. Ikan ini memiliki banyak gigi tajam dan besar menambah kesan seram dari ikan ini.  Ikan macan biasanya hidup secara berkelompok, serta dapat memangsa hewan yang jauh lebih besar dari tubuhnya.

Ikan Harimau / Tiger Fish
  Ikan Harimau / Tiger Fish

Nah itulah 5 jenis ikan air tawar paling ganas di dunia. Jadi jika kalian melihat ikan di atas maka sebaiknya kalian  berhati-hati. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang berbagai jenis ikan air tawar.