Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Dan Menjaga Jok Motor Agar Tetap Awet

 

Tips Merawat Dan Menjaga Jok Motor Agar Tetap AwetTips Merawat Dan Menjaga Jok Motor Agar Tetap Awet

Duniahobiku.com - Apakah anda pernah merawat jok motor anda? Jok motor merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting dan juga membutuhkan perawatan. Jika jok motor anda nyaman dan bersih maka kita akan semakin senang dan nyaman untuk mengendarai sepeda motor kita. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas ulasan tentang “tips merawat dan menjaga jok motor agar tetap awet“.

Setelah kita ingat bahwa jok berfungsi sebagai landasan untuk kita duduk, maka kita harus menjaga agar jok kita tidak rusak atau bermasalah. Jok motor yang rusak akan membuat kita merasa tidak nyaman saat berkendara.

Merawat jok motor memerlukan perhatian hal yang harus di hindari dan juga anda memerlukan beberapa tindakan. Dan ingat jangan asal pilih untuk perawatan dan penggantian jok motor anda.

Dalam penggantian jok anda ketika jok motor sudah rusak atau karena apapun, pilihlah bahan yang kualitas baik dan sesuai keinginan anda. Anda harus juga memperhatikan tempat penggantian jok anda, pilihlah yang sudah berpengalaman banyak dalam menjahit jok dan juga proses penjahitan yang baik. Biasanya yang sudah banyak di datangi orang itulah yang memilki kualitas dalam hal jok motor.

Gunakan busa yang tidak mudah mengempis dan tidak merusak kulit luar jok. Kalau memilih kulit jok jangan di lihat dari motifnya, lihatlah bahan pembuatannya dahulu dan baru anda bisa memilih motif yang anda sukai. Oh ya penampilan dan kondisi jok juga berpengaruh pada penampilan keseluruhan sepeda motor anda.

Jok Motor Keren

Sekarang banyak sekali jok motor yang sudah di modifikasi dan itu sudah menjadi trend bagi pecinta motor dan komunitas motor. Tapi jangan melupakan fungsi utama dari jok itu sendiri, jika anda ingin memodifikasinya yaitu sebagai tempat duduk pengendara dan memberikan kenyamanan.

Hal-hal yang harus dihindari

Ada beberapaa hal yang harus anda perhatikan untuk mencegah kerusakan pada jok motor, diantaranya :

Jauhkanlah jok motor anda dari benda tajam dan juga hewan yang memiliki kuku tajam. Ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Dan jika sudah mengenai jok motor kita maka berpotensi kulit jok rusak dan bisa saja sampai ke dalam busa. Gantilah dengan yang baru apabila sudah terkena benda tajam atau apapun. Terkadang kerusakan terjadi karena jok motor dicakar kucing.

Usahakan dan biasakan untuk memarkir sepeda motor anda di tempat yang teduh, agar terhindar dari sinar matahari secara langsung. Karena itu dapat menurunkan kualitas dari jok motor. Kalau bisa hindarkan juga pada air hujan. Jangan dibersihkan menggunakan air apabila anda menemui lubang pada jok anda, walaupun itu kecil. Karena akan masuk ke busa dan berpotensi merusak busa. Air apabila sudah masuk maka air tersebut akan menyebar pada seluruh bagian busa, dan itu dapat menimbulkan jamur yang kotor.

Ingat jangan sekalipun anda mencoba untuk menggunakan semir ban untuk membuat jok anda kinclong. Karena dapat mengurangi kualitas jok tersabut. Gunakan saja obat khusus untuk mengkilapkan jok motor.

Usahakan sepeda motor anda tidak terlalu mengangkat beban berat yang bertindih pada jok motor. Karena dapat membuat jok lebih cepat kempes dan menurunkan kualitas jok motor

Tips Merawat Dan Menjaga Jok Motor Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

Berikut 6 langkah dalam merawat dan membersihkan jok motor anda agar selalu tampak bersih dan kinclong, diantaranya:

Yang pertama yang harus anda lakukan yaitu membersihkan dahulu cover jok motor menggunakan lap kering secara keseluruhan jangan sampai ada yang terlewat dan juga lakukanlah dengan hati-hati.

Gunakanlah lap atau kain bersih yang permukaannya halus agar tidak merusak cover jok motor anda.

Untuk menjaga dan menambah kualitas jok agar terlihat kinclong dan terlihat menarik. Lakukanlah penyemprotan pada cover jok dengan mengunakan cairan khusus pembersih cover jok. Lakukan dengan merata dan kemudian bisa anda lap menggunakan kain bersih. Hati-hatilah untuk melakukan proses ini. Pembersih tersebut bisa anda dapatkan di toko otomotif.

Pada cover jok anda ada kotoran atau noda yang membandel, anda bisa melakukan penyikatan pada noda tersebut sampai benar-benar bersih. Tapi sebelum anda menyikatnya semprot lagi pada bagian yang terdapat noda tersebut.

Pada langkah ke lima ini bisa disebut dengan langkah pelembapan karena yang anda lakukan yaitu membersihkan bekas cairan pembersih menggunakan kain lembut yang diberi air sedikit. Usaplah seluruh bagian agar tidak ada yang masih menempel dan jika ada yang masih menempel itu malah dapat menjadikan noda pada jok motor.

Dan langkah terakhir yang harus anda lewati yaitu langkah pengeringan. Lakukan pengeringan menggunakan lap bersih yang kering dan sampai benar-benar kering. Agar tidak ada sisa air yang menempel.

Demikian beberapa panduan dan informasi tentang ‘tips merawat dan menjaga jok motor agar tetap awet dan tahan lama’. Semoga dapat menambah informasi anda dan dapat melakukan sendiri di rumah anda. Perawatan ini bisa anda lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika jok motor anda terlihat kinclong dan bersih maka dapat membuat sepeda motor anda terlihat lebih bagus. Dan juga menambah percaya diri kita mengendarai kendaraan yang kita miliki.