Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Museum Sandi Pertama Di Dunia Ternyata Ada Di Yogyakarta

 Museum Sandi Pertama Di Dunia

Duniahobiku.com   Anda mungkin pernah menonton film tentang agen rahasia yang menggunakan sandi rahasia untuk berkomunikasi. Mungkin ada yang penasaran bagaimana mereka bisa berkomunikasi secara rahasia dan bagaimana caranya? Jika anda ingin mengetahui caranya mengapa anda tidak mencoba mengunjungi museum sandi pertama di dunia yang ternyata ada di Indonesia tepatnya di Yogyakarta.

Letak Museum Sandi

Museum sandi terletak di Jalan Faridan M Noto 21 Kotabaru, Yogyakarta. Sejarah mencatat, Rumah Dukuh yang terletak di Desa Purwoharjo, Dukuh Banaran, Kulonprogo merupakan Rumah Sandi pertama di Indonesia. Bagi dunia persandian Indonesia, bangunan yang didirikan pada 1947 ini adalah aset berharga.

Letak Museum Sandi

Rumah Dukuh merupakan rumah milik TB Simatupang sebagai pusat sandi saat itu. Jabatan TB Simatupang (TBS) saat itu adalah Panglima Perang ABRI. Pesan rahasia yang akan diinfokan ke pihak-pihak tertentu hingga ke luar negeri, dikirim oleh TBS lewat Rumah Sandi. 

Tanpa adanya Rumah Sandi segala perintah dari TBS mungkin tidak akan tersampaikan. Sejarah perlawanan republik ini, salah satu saksi bisunya adalah Rumah Sandi. Atas dasar itu pula di museum ini dibuat replika yang tujuannya untuk mengenang peran Rumah Dukuh. Selain Rumah Dukuh, museum ini juga menyimpan benda-benda bersejarah lain.

Museum Sandi

Koleksi di museum ini diatur dengan menampilkan alur cerita persandian yang terbagi menjadi tiga segmen yaitu :

Sejarah kegiatan persandian dalam lingkup Indonesia dan dunia

Sejarah perkembangan ilmu persandian baik sistem kriptografi klasik maupun modern

Sejarah peralatan sandi karya Indonesia dan luar negeri

Di museum ini terdiri dari beberapa ruang yaitu

– Ruang Intro, di ruang ini diperkenalkan tentang Museum Sandi dan persandian secara umum.

– Ruang Agresi I

– Ruang Agresi II

– Ruang Dukuh

– Ruang Merdeka

– Ruang Nusantara

– Ruang Tokoh

Pada tiap tiap ruang bisa disaksikan beragam jenis koleksi, di antaranya mesin zaman dulu, peralatan sandi dan tas kode. Ada pula replika berupa sepeda, patung kepala tattoo dan berbagai alat peraga sistem sandi. Tidak cuma itu, dokumen berupa buku kode dan naskah Keputusan Presiden juga dipajang.

alat peraga sandi

Ada juga replika dimana dua orang sedang berada di ruang utama bangunan sederhana yang terbuat dari anyaman bambu. Satu orang menulis sambil duduk di kursi sedangkan satunya berdiri seakan sedang menanti perintah. Di ruang sebelahnya seseorang tampak tertidur lelap. Di ruang lain terlihat orang yang menulis di satu meja dan duduk tanpa kursi.

Di sisi lain terpasang gambar berupa foto pendiri persandian yaitu dokter Roebiono Kertopati. Dokter berpangkat Mayor Jenderal ini adalah dokter presiden era Soekarno dan Soeharto. Beliau juga yang mengotopsi 9 jenderal korban PKI selaku ketua tim dokter

museum sandi

Di ruang yang sama juga terpasang foto-foto mantan Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Tidak cuma melihat benda koleksi, pengunjung juga bisa bermain panel pengetahuan berupa penjelasan sejarah persandian Indonesia dan dunia. Game sandi yang memikat untuk dimainkan, turut menjadi daya tarik para pengunjung.

Menempati gedung cagar budaya dua lantai yang sebelumnya digunakan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, museum ini dibuka untuk umum. Pada 2013 Gubernur DIY Sri Sultan HB X setuju gedung ini digunakan sebagai Museum Sandi sesuai dengan surat Keputusan Gubernur DIY Nomor 51/KEP/2013 tentang Sandi ini merupakan yang pertama ada, bahkan satu-satunya di dunia.

Pengelola museum ingin menjadikan museum ini interaktif bagi masyarakat. Agar museum tidak sekedar dimaknai untuk menaruh barang kuno tapi menjadi bersuasana modern dan interaktif. Oleh karena itu, hingga saat pengembangan museum terus dilakukan agar pandangan masyarakat bahwa museum adalah tempat yang menyeramkan dan sebatas menaruh barang kuno bisa diubah.

Persandian Indonesia terbentuk pada 4 April 1946, sehingga pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari Sandi. Dengan adanya museum ini masyarakat diharapkan paham tentang keamanan informasi dan agar menjaga keamanan berita yang dimiliki.

Jam Buka Museum Sandi Yogyakarta

Museum ini buka mulai senin hingga jumat jam 08.00 – 1500 WIB. sabtu, minggu / hari raya tutup kecuali ada konfirmasi dari pengunjung. Memasuki museum ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun semuanya gratis. Jadi selain gratis kita juga mendapat pengetahuan tentang dunia sandi.

Semoga artikel Museum Sandi Pertama Di Dunia Ternyata Ada Di Yogyakarta dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang tempat-tempat bersejarah yang bisa anda kunjungi saat berada di Yogyakarta. Siapa tahu ada yang berminat menjadi agen rahasia ?