Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bunga Tasbih Untuk Kesehatan Anda

 

Manfaat Bunga Tasbih

Duniahobiku.com - Bunga tasbih atau dikenal dengan nama bunga kana merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bunga tasbih ini bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Banyak masyarakat yang menggunakan tanaman ini sebagai bunga hias. Namun, dibalik manfaatnya sebagai bunga hias ternyata bunga tasbih juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seperti wasir, hepatitis, keputihan, penyakit kuning, haid yang berlebihan, vertigo dan penyakit lainnya.

Morfologi Bunga Tasbih

Nama ilmiah bunga tasbih adalah Canna lily. Bunganya cukup besar dan memiliki warna yang cukup menarik (merah, kuning, dan merah muda) sehingga sering dijadikan ornamen penghias taman. Tanaman ini dapat hidup mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini memiliki banyak nama lokal seperti hosbe (Batak), ganyong hutan (Melayu), milu-milu (Bali), bunga tasebe (Makassar dan Bugis).

Tanaman bunga tasbih berakar serabut dengan akar rimpang, diameter batang bunga tasbih berbentuk bulat dan mengandung air (herbaceous) dan tumbuh secara bergerombol. Buah bunga tasbih berbentuk bulat telur dan umumnya berjumlah sekitar 4-5 buah.

Morfologi Bunga Tasbih

Manfaat Bunga Tasbih

Bagian dari tumbuhan ini biasa dimanfaatkan sebagai obat yakni daun akar dan bunganya. Didalam bunga terdapat beberapa varietas yang sangat bermacam macam. Bunga tasbih tumbuh dengan baik pada ketinggian 1 km diatas permukaan air laut.

Berbagai jenis zat alami yang terdapat dalam bunga taspih seperti pati, fenol, glukosa, coumarin, alkaloid, lemak, terpene, dan getah. Zat tersebut dapat anda temukan dalam rimpangnnya. Pada bunga tasbih memiliki efek pendingin, penyejuk, sedatif dan anti hipertensi.

Untuk mengobati berbagai jensi penyakit bagian yang digunakan dalam tanaman ini adalah rimpang, biji, daun dan bunganya. Anda ingin tahu manfaat yang bisa anda peroleh dari bunga tasbih diantaranya :

Mengatasi Keputihan

Permasalahan ini seringkali terjadi pada wanita. masalah keputihan tentu akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan sangat mengganggu. Bau yang tidak sedap serta rasa nyeri yang kadang menyiksa. Untuk mengatasi hal tersebut anda cukup menggunakan bunga tasbih sebagai solusinya.

Cukup rebus 25 gram rimpang bunga tasbih dan 25 gram kulit buah delima dan dikeringkan kedalam 600 ml air. Biarkan airnya mendidih dan tersisa 300 ml saja setelah dingin baru anda konsumsi airnya. Cara kedua gunakan rimpang bunga tasbih yang telah kering, daging ayam yang diiris tipis serta beras ketan. Masing masing bahan sebanyak 30 gram saja.

Kemudian setelah itu, rendam semua bahan kedalam mangkok. Olah dengan cara penguapan, bahan dapat dikonsumsi setelah masak. Lakukan pengobatan ini sampai gejalanya hilang.

Mengatasi haid yang berlebihan dan batuk darah

Bunga tasbih memiliki efek haemostatic sehingga dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan pada haid berlebih dan batuk berdarah. Cara membuat ramuan ini cukup dengan merebus rimpang bunga kana dan mengkonsusmi air rebusannya dua kali sehari sampai sembuh.

Mengobati Sakit Kuning

Sakit kuning merupakan penyakit yang berhubungan erat dengan hati. Penyakit ini biasanya ditandai dengan berubahnya warna kulit menjadi kuning. Untuk pengobatan penyakit liver anda cukup gunakan bunga kama ini sebagai solusinya. Konsumsi ½ gelas air rebusan bunga kana ini 2 kali sehari selama satu minggu. Untuk pengoabatan penyakit kuning anda.

Mengatasi Pembengkakan Kelenjar Limpa

Untuk memulihkan kelenjar limpa yang bengkak, buatlah ramuan alami dari bunga kana ini. Terbukti cukup dengan menggunakan daging sapi dan umbi bunga kana. Kemudian anda minum airnya dan makan dagingnya.

Mengobati Wasir

Penyakit wasir terjadi karena adanya sembelit yang berkepanjangan akibat kekurangan serat. Untuk mengatasinya anda harus memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Untuk mengobati sembelit dan wasir anda cukup menggunakan akar bunga tasbih sebagai solusinya. Caranya cukup rebus akar bunga kana dengan air kira kira menghasilkan satu gelas saja dan konsumsi 2 kali sehari masing masing ½ gelas.

Membantu Mengobati Kanker

Cara membuat ramuan ini tidak sulit, cukup dengan menggunakan bahan bahan utama seperti rumput mutiara, rimpang bunga kana, dan sambiloto direbus dalam air yang mendidih dan di konsumsi 2 kali sehari. Cara ini mampu mengobati kanker secara alami .

Mengobati Jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu apalagi jerawat yang tumbuhnya di bagian muka sudah pasti akan sangat mengganggu keberadaanya. Untuk anda yang merasa sangat terganggu dan ingin sekali melakukan pengobatan untuk menghilakan jerawat cukup gunakan akar dari bunga tasbih dan terapkan pada area yang terkena jerawat.  Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk menghilangkannya sampai total.

Itulah beberapa Manfaat Bunga Tasbih Untuk Kesehatan Anda. Anda dapat menggunakannya cukup dengan mengkonsumsi air rebusannya saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda semua.