Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Buah Strawberry Agar Berbuah Lebat

 

Cara Menanam Buah Strawberry Agar Berbuah Lebat

Duniahobiku.com - Siapa sih yang tidak kenal dengan buah strawberry? Buah strawberry merupakan buah impor yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi sehingga banyak petani yang tertarik untuk membudidayakannya. Masyarakat umum juga sering menanam tanaman strawberry karena memiliki tampilan yang unik dan enak untuk dikomsumsi.

Masyarakat Indonesia dulunya sulit mendapatkan buah satu ini, karena dulu memang Indonesia hanyalah negara pengimpor buah strawberry sehingga buah strawberry lokal pun belum ada sehingga untuk mendapatkan buah strawberry sangatlah sulit walaupun ada harganya masih terasa sangat mahal.

Tetapi, untuk sekarang, untuk mendapatkan buah strawberry sangatlah mudah. Buah strawberry sekarang sudah dapat dibudidayakan di Indonesia. Masyarakat lokal sudah tahu bagaimana caranya budidaya buah strawberry ini.

Langkah – langkah dalam melakukan budidaya tanaman buah strawberry

Pemilihan Lahan

Pemilihan lahan dalam budidaya strawberry ini sangat penting. Soalnya dalam pemilihan tanah inilah yang akan berpengaruh dengan pertumbuhan buah strawberry. Lahan yang baik untuk tanaman strawberry adalah lahan yang memiliki bermacam macam zat organik yang baik untuk tanaman, tanah gembur dan subur yang memiliki ph tanah 5 sampai 7 jika anda ingin melakukan budidaya di pot ph tanah harus 6 sampai 7. Sekarang memang sudah banyak yang melakukan budidaya tanaman strawberry di polybag maupun dalam pot.

Cara Menyemai Strawberry

Untuk benih pembibitan ini ada dua jenis, yang pertama adalah bibit biji dan bibit vegetatif. Untuk bibit biji anda bisa mendapatkan di toko toko pertanian, jika anda sudah mendapatkan bibit bijinya, lakukan persemaian. Letakkan biji tersebut di sebuah kotak plastik yang didalamnya sudah ada campuran antara pasir, tanah maupun pupuk kandang. Siram persemaian tersebut sampai bibit biji itu mempunyai dua daun. Jika sudah tumbuh dua daun baru pindahkan ke bedeng.

Cara Pembibitan Tanaman Strawberry

Jika anda menggunakan bibit vegetatif, itu akan sangat mudah dan tidak perlu ribet. Tetapi yang perlu di garis bawahi adalah pemilihan dalam membeli bibit vegetatif karena bibit viegetatif yang baik itu yang berumur 1 sampai 2 tahun serta segar dan juga produktif.

Budidaya Tanaman Strawberry

Untuk budidaya strawberry yang terbaik adalah dengan menggunakan mulsa plastik. Caranya adalah dengan mengeringkan dahulu lahan yang akan ditanami kira kira 15 hari sampai 1 bulan. Lalu buatlah bedengan dengan ukuran 80x120 cm dengan tinggi 30x40 cm. Lalu bedengan ini biarkan kering selama 15 hari. Lalu setelah 15 hari berikan pupuk organik dan berikan air sehingga tanah menjadi lembab kembali, setelah tanah sudah lembab berikan mulsa plastik berwarna hitam diatasnya.

Mulsa plastik ini untuk menutupi lahan tadi. Dan lubangilah mulsa plastik selebar diameter kaleng susu dan juga buat lubang ditanah yang tepat dengan mulsa plastik, lalu tanamlah tanaman strawberry didalam lubang tanah dan lubang mulsa plastik tersebut. 

Penyulaman dan Penyiangan

Untuk penyulaman dan penyiangan ini tidak kalah penting dalam menentukan pertumbuhan dari tanaman strawberry. Jika tanaman strawberry baru mulai tumbuh maka harus dilakukan penyulaman. Penyulaman ini biasanya dilakukan sebelum tanaman strawberry berumur 15 hari dari saat pertama kali tanam.

Untuk penyiangan sendiri, bisa dilakukan saat melakukan pemupukan susulan, dan lakukan penyiangan sendiri setiap ada gulma yang hidup didaerah sekitar tanaman strawberry. Karena gulma ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman strawberry.

Pemupukan Tanaman Strawberry

Setelah tanaman strawberry berumur sekitar 45-60 hari setelah tanam pemupukan bisa diberikan dengan menggunakan pupuk NPK 16:16:16 dengan melarutkan NPK 250-300 gram kedalam 15 liter air. Saat itu tanaman strawberry telah memasuki masa berbunga (generatif). Pemberian pupuk untuk menjamin ketersediaan unsur hara didalam media tanam.

Panen Tanaman Strawberry

Tanaman strawberry siap dipanen setelah berumur 2,5 – 3 bulan. Buah yang tidak dipanen akan rontok dan busuk. Tanaman dapat dipanen kembali setiap 2-3 bulan, siklus ini akan terus terjadi hingga tanaman berumur 1,5 tahun. Artinya tanaman strawberry siap digantikankan dengan bibit yang baru.

Semoga artikel Cara Menanam Buah Strawberry Agar Berbuah Lebat dapat bermanfaat buat anda para pembaca setia Duniahobiku.com. Menanam strawberry dirumah akan membuat kita bisa memanen buah cinta tanpa harus membelinya ditoko buah.