Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memindahkan Kelinci Ke Kandang Lain

Cara Memindahkan Kelinci Ke Kandang Lain

Duniahobiku.com – Dalam tata cara memindahkan kelinci baik anakan maupun kelinci yang sudah dewasa, ada teknik serta cara tersendiri yang tidak bisa di lakukan dengan sembarangan. Jika anda sebagai pemula, mungkin akan sangat membutuhkan tulisan ini supaya lebih banyak ilmu dan pengetahuan supaya nantinya tidak akan mengalami kesulitan.

Seperti yang telah kita ketahui, jika kelinci memiliki tingkat sensitif sangat cukup tinggi, jika tidak  berhati-hati dalam tata cara mengangkat dan memindahkan kelinci ke dalam kandang lain, misal akan menyapih memisahkan anakan kelinci, ingin mengawinkan induk kelinci maka memerlukan cara teknik pemindahan atau pengangkatan secara benar.

Kematian kelinci hampir sebagaian besar diakibatkan oleh kelalaian dari sang peternak, untuk serangan penyakit sendiri masih menempati urutan nomor dua, yang sering kita temui adalah akibat perlakuan, kelinci kaget, dan kurangnya ilmu pengetahuan seorang peternak sebelum melakukan budidaya kelinci ini.

Cara Memindahkan Kelinci Ke Kadang Lain

Teknik serta cara yang paling benar untuk memindahkan kelinci adalah dengan metode: dengan cara menjepit bagian tengkuk kelinci dengan tangan kanan dan tangan kiri menahan berat badan kelinci.dengan cara inilah hal yang harus kita lakukan, jika memang ingin mengangkat kelinci supaya tidak menyakitinya.

cara mengangkat kelinci yang benar
cara mengangkat kelinci yang benar

Tidak hanya dalam tata cara perawatan yang mesti anda ketahui, tata cara mengangkat dan memindahkan kelinci juga wajib anda kuasai keilmuannya. Masih banyak di temukan orang mengangkat kelinci dengan cara memegang bagian telinga, hal inilah yang sering menyebabkan kelinci sakit dan akhirnya bisa mengalami kematian.

Cara Mengangkat Kelinci Yang Benar
Cara Mengangkat Kelinci Yang Benar

Jika cara yang kita gunakan untuk mengangkat dan memindahkan kelinci salah, maka akan membuat kelinci menjadi stres. Stres kelinci akan berdampak besar dan juga dipengaruhi oleh kualitas pakan, bisa di katakan jika nafsu makan kelinci akan turun drastis dan metode inilah yang banyak di jumpai mengakibatkan kematian pada kelinci.

Hal yang wajib harus di hindari.

Sebenarnya masih banyak gejala dan hal-hal negatif yang bisa mempengaruhi kelinci sakit, jangan sampai anda menganggap sepele dalam mengangkat kelinci. Sebagai contoh, kelinci yang sakit mata hampir 70% di akibatkan oleh tata cara pengangkatan yang salah, misal dengan menyentuh telinga lalu di angkat, memegang kaki, lalu di angkat jelas hal ini juga akan mempengaruhi urat syaraf yang tujuannya ke bagian mata.

Sakit mata kelinci sendiri bisa di akibatkan salah dalam tata cara mengangkat kelinci yang di tandai dengan mata merah berair dan kelinci sulit untuk membuka matanya akibat ada syaraf bagian mata yang rusak.

Jangan sampai hal ini terjadi pada ternak kelinci anda di rumah, sebelum memulai budidaya kelinci, maka ilmu pengetahuan terlebih dahulu harus anda ketahui, terutama masalah penyakit dan perawatan kelinci. Hal ini kita lakukan karena jika terjadi suatu hal nanti, kita langsung bisa merespon dan melakukan penanggulangan secara cepat dan benar.

Demikian tulisan singkat tentang Cara Memindahkan Kelinci Ke Kadang Lain semoga bisa berguna dan bermanfaat khususnya bagi anda pemula. Semoga bisa menjawab dan mengatasi masalah kelinci anda.