Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Sarapan Pagi Anak Yang Bergizi Dan Sehat

 Menu Sarapan Pagi Anak

Duniahobiku.com - Harus bisa diakui bahwa memang anak-anak merupakan masa dimana pertumbuhan yang paling penting sedang berjalan. Di masa ini, asupan gizinya bakal diproses demi menunjang tumbuh kembang seluruh organ pada tubuhnya dan tidak terkecuali sistem sarafnya. Nah, maka dari itulah sangat penting bagi seluruh orang tua untuk senantiasa memperhatikan asupan gizi anak-anaknya setiap hari yang tidaklah lain demi menunjang kecerdasan dan pertumbuhan terbaik yang maksimal.

Sarapan sehat untuk anak sangat penting dipersiapkan mengingat akibat tidak sarapan pagi bagi anak sekolah akan membuat anak kurang konsentrasi saat belajar dan mudah lelah. Kebanyakan anak-anak kurang menyukai makanan yang bergizi lantaran dirasa kurang lezat, apalagi waktu untuk makan di pagi hari, dimana kerap kali rasa malas menyelimuti sehingga nafsu makan pun berkurang. Disini peran orang tua, terlebih adalah ibu yang biasanya menyiapkan menu sarapan untuk keluarga harus bisa membujuk anak-anak supaya mementingkan kebutuhan nutrisinya dengan cara berinovasi dari menu yang disajikan saat sarapan.

sarapan pagi anak

Menu makan pagi yang segar seperti sayuran, buah-buahan, roti dan bahkan ikan adalah menu yang kerap tidak disukai oleh anak-anak. Padahal menu makanan tersebut punya kandungan gizi yang banyak. Ada beberapa tips yang kiranya bisa dipraktekkan untuk menyajikan menu sarapan yang kreatif untuk si kecil agar nafsu makannya juga tinggi. Beberapa tips tersebut antara lain sebagai berikut :

Pilih Bahan Makanan Terbaik – bahan makanan terbaik yang punya kandungan gizi tinggi jelas sangat penting sebagai sajian sarapan si kecil. Pilihlah sayur dan lauk yang segar. Kemudian sumber energi lainnya juga bisa diperoleh dari margarin seperti Blue Band, yang mana ibu bisa berkreasi dengan menu-menu yang sederhana namun unik dan tentunya nilai gizinya tetap tinggi

Buat Rencana Menu Makanan – merencanakan menu sarapan terbaik yang unik, kreatif, inovatif, dan menarik perhatian anak-anak adalah langkah terbaik selanjutnya untuk bisa membuat anak-anak tidak melalaikan waktu sarapan. Merencanakan menu makanan bisa dilakukan untuk beberapa hari kedepan. Misalkan menu untuk sarapan selama 1 minggu sudah anda catatkan pada hari ini.

Siasati Menu Makanan yang Tidak Disukai Anak-anak

Ibu perlu untuk menyiasati menu makanan yang tidak disukai oleh anak-anak dan mengkreasikan menjadi menu yang disukai. Misalkan saja si kecil lebih menyukai ayam dan tidak menyukai sayur-sayuran, ibu bisa menyajikan menu untuk sarapan berupa ayam isi sayuran. Dengan demikian anak akan memandang kelezatan dari ayamnya saja dan menghiraukan jika sayuran tersemat di dalamnya.

Semoga artikel Menu Sarapan Pagi Anak Yang Bergizi dan Sehat dapat bermanfaat bagi para orang tua yang selalu sibuk mempersiapkan bekal sarapan bagi anak-anak saat akan berangkat ke sekolah ataupun untuk sarapan dirumah.