Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing Ikan Bukan Cuma Bergantung Hoki

 Mancing Ikan

Duniahobiku.com - Banyak orang bilang memancing itu sangat bergantung dengan hoki alias keberuntungan sehingga kadang  kadang ada juga yang memancing ikan sambil melihat tanggal kelahirannya, wetonnya apa, memilih hari yang baik atau tidak, dan berbagai cara lain supaya beruntung. Namun untuk mengukur tingkat keberuntungan pastinya akan sulit bukan? Makanya sebagai pemancing ada baiknya anda memperhatikan hal hal berikut sebelum anda mulai memancing. Beruntung atau tidak kondisi mancing anda pasti akan terbantu dengan tips dibawah ini ;

Pro dan kontra tentang keberuntungan pastinya selalu ada bukan cuma dalam dunia mancing memancing tetapi juga dibidang lain. Orang-orang yang berhasil dianggap lebih beruntung. Pemancing yang memperoleh hasil pancingan dianggap lebih beruntung dibandingkan pemancing dengan hasil sedikit. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar ada beberapa faktor yang ikut menentukan tingkat keberhasilan seorang pemancing. Berikut beberapa faktor yang dapat menunjang keberhasilan seorang mancing mania dalam memperolah sambaran ikan:

Waktu Memancing Yang Tepat

Memancing memiliki tujuan yaitu mendapatkan ikan, meski memancing bisa dilakukan kapan saja, anda juga harus belajar mengetahui pola makan ikan berdasarkan waktu, mana saja ikan yang makan pada siang hari, mana yang makan pada malam hari, sehingga saat anda datang pada hari libur dan sudah menyiapkan diri untuk memancing anda membawa umpan yang pas sesuai dengan target sasaran anda. Kebanyakan aktifitas memancing air tawar biasannya dilakukan pada siang hari, jadi kalau anda memancing selain di kolam, seperti di danau atau di sungai anda dapat menggunakan pakan yang tepat sesuai dengan target sasaran. Ikan emas, ikan tombro, mujair atau nila adalah ikan siang hari. lele, ikan gabus adalah contoh ikan yang beraktifitas pada malam hari. 

Tempat memancing Yang Tepat

Jika anda mau memancing, anda harus memilih tempat terbaik. Jika anda pemancing lomba, sistem galatama dan lain lain anda harus mencari tempat sebaik baiknya, mencari lapak yang sesuai dengan kriteria anda. Tidak menghadap langsung matahari, tidak becek, jarak lemparan joran yang luas dll. Sedang kalau anda pemancing di alam bebas anda bisa mencari tempat yang ikannya paling banyak, lokasi bisa di jangkau dengan kendaraan dan ikannya rakus, sehingga mudah dipancing. Nah pemilihan tempat yang baik dan strategis akan membawa hasil pancingan yang maksimal. Tidak mungkin anda berharap banyak jika tempat mancing anda hanya genangan air pada waktu musim hujan dan tidak ada ikan ditempat tersebut.

Umpan Yang Tepat

Setiap ikan, baik diair tawar maupun laut memiliki karakteristik tersendiri. Setiap ikan memiliki kegemaran untuk menyantap makanan yang disukainya. Ikan mas, nila, baronang mungkin gemar menyantap lumut sebagai umpan tapi belum tentu jika anda ingin memancing kerapu menggunakan umpan lumut. Mengenali target ikan yang diburu dan umpan yang tepat akan memperbesar peluang anda memperoleh hasil pancingan yang maksimal.

Semoga artikel Mancing Ikan Bukan Cuma Bergantung Hoki dapat bermanfaat buat anda. Nah sebagai pemancing apakah anda percaya bahwa memancing itu hanya bergantung dengan hoki atau faktor faktor diatas?