Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Bulu Kucing Anggora Agar Indah Dan Tidak Rontok

 Cara Merawat Bulu Kucing  Anggora

Duniahobiku.com - Pengetahuan cara merawat bulu kucing, baik itu kucing persia ataupun anggora harus diketahui para pemiliknya. Dengan merawat bulu kucing tersebut diharapkan agar bulu kucing persia/anggora nampak lebih bagus dan indah, sehingga enak untuk dibelai dan dilihat oleh siapapun. Untuk memperoleh kucing dengan bulu yang indah dan sehat tentunya diperlukan tips/cara merawat bulu kucing .  Ingin tahu apa saja yang perlu anda perhatikan dalam merawat bulu lucing anda? Simak terus artikel ini untuk menemukan cara mempercantik bulu kucing kesayangan anda.

Bulu Kucing yang bagus dan indah sudah seharusnya dirawat oleh pemiliknya terlebih pada kucing jenis anggora dan persia. Secara umum bagi pemilik kucing, adanya bulu di sofa atau dikursi adalah suatu hal yang biasa, namun jika sudah terlalu berlebihan adanya bulu-bulu tersebut maka kita patut curiga bahwa telah terjadi kerontokan bulu pada kucing kita. Untuk itu diperlukan pengetahuan cara merawat bulu kucing tersebut.

Berikut ini adalah cara merawat dan memelihara agar bulu kucing tetap indah dan sehat :

Makanan Kucing

Berilah asupan gizi yang seimbang, termasuk kualitas dan jumlah makanannya. Adanya kekurangan vitamin maupun asam amino pada kucing bisa menyebabkan bulu kucing menjadi kusam dan dapat menyebabkan kerontokan. Makanan kucing berkualitas tinggi akan membuat bulu kucing tumbuh lebat dan sehat. Tentunya dengan bulu tebal dan sehat pastinya kucing anda akan semakin menggemaskan.

Makanan Kucing

Cara Menyisir Bulu Kucing

Sisirlah bulu kucing sesering mungkin. Dengan menyisir bulu kucing, maka kita telah melakukan terapi pada kulit kucing agar peredaran darah dibawah kulit menjadi lancar, disamping itu dengan menyisir bulu kucing maka bulu kucing yang longgar akan hilang terbawa sisir tersebut. Cara menyisir bulu kucing yang baik adalah pertama, sisirlah dengan arah berlawanan dari alur bulu, lakukan perlahan-lahan agar kucing tidak kesakitan pada bulu-bulu yang kusut. Kemudian sisirlah sesuai dengan alur bulu untuk merapikan bulu kucing tersebut.

Cara Menyisir Bulu Kucing

Bulu Kucing Kusam

Jika bulu kucing kotor maka lebih baik segera untuk dimandikan, minimal seminggu sekali. Sebagian besar kucing akan sulit untuk dimandikan, karena kebanyakan kucing takut dengan air ini merupakan sifat alamiah dari kucing itu sendiri. Secara alamiah tanpa bantuan manusia, kucing membersihkan bulunya dengan menjilat-jilat tubuhnya sendiri, namun hal ini bisa membawa dampak buruk, seperti ikut tertelannya bulu ke dalam perut kucing dan lama kelamaan bisa menyebabkan penumpukan di usus kucing dan menyebabkan sakit perut pada kucing tersebut. Untuk itu kita perlu membantu membersihkan bulu kucing dengan cara memandikannya. Untuk memandikan kucing pilihlah shampo yang cocok untuk kucing, karena ada beberapa kucing yang tidak cocok pada jenis shampo tertentu. Ini mungkin disebabkan kulit kucing tersebut sensitif terhadap shampo tertentu, sehingga mencoba-coba sampo yang cocok untuk kucing yang sensitif sangat dianjurkan untuk mencari sampho yang sesuai.

Bulu Kucing Kusam

Cara Agar Bulu Kucing Anggora Tidak Rontok

Perlunya pengendalian kutu dan pinjal di lingkungan rumah. Pinjal dan kutu merupakan penyebab rasa gatal pada kulit kucing dan bisa menyebabkan kerontokan bulu pada kucing. Untuk membasmi kutu dan pinjal dilingkungan maka lakukan pembersihan secara rutin di area-area sempit di ruangan atau rumah kita.

Untuk pencegahan pada tubuh kucing agar tidak terkena kutu maka berilah obat anti kutu secara berkala paling tidak 2 bulan sekali, contohnya fronline spot on for cat.

Cara Agar Bulu Kucing Anggora Tidak Rontok

Vitamin Untuk Bulu Kucing

Salah satu cara merawat bulu kucing agar tidak rontok dan selalu sehat yaitu dengan memberikan vitamin yang dapat menunjang dan meningkatkan kesehatan bulunya. Vitamin E dapat ditambahkan pada makanan kucing karena memiliki kandungan yang dapat menyehatkan bulu kucing kesayangan anda.

Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi dapat menyehatkan tulang dan dapat membunuh bakteri-bakteri dan kutu yang menempel pada permukaan kulit yang mungkin tidak terlihat oleh mata. Menjemur kucing pada antara jam 8 -10 pagi selama 15 hingga 20 menit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kucing anda dirumah.

Semoga “Cara Merawat Bulu Kucing Anggora Agar Indah Dan Tidak Rontok” dapat bermanfaat buat anda para Cat Lovers dimanapun anda berada.