Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah Kentang Untuk Diet Bisa Anda Coba Dirumah

 Cara Mengolah Kentang Untuk Diet

Duniahobiku.com - Sudahkah teman-teman foodie mengetahui cara mengolah kentang menjadi makanan enak, lezat, sehat dan bisa membantu mengontrol berat badan anda?. Nah, jika teman-teman foodie belum mengetahuinya, berikut ini sedikit informasi mengenai Cara mengolah kentang untuk diet. Silakan disimak berikut informasi mengenai manfaat lain dari kentang. Bagi para pecinta masakan kentang tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk dicoba.

Selayang Pandang tentang Kentang

Kentang memiliki nama latin (Solanum tuberosum) dan berasal dari Amerika Selatan (Peru, Chili dan Meksiko) dan telah lama dibudidayakan masyarakat disana, tanaman ini cocok ditanam didaerah beriklim sejuk. Itulah sebabnya tanaman ini mudah kita temukan didaerah wisata pegunungan yang berhawa dingin. Tanaman ini diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1974 dan mulai ditanam didaerah sekitar Cimahi kemudian menyebar keberbagai wilayah di Indonesia.

Tanaman yang di dalamnya banyak mengandung vitamin dan mineral ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, tak jarang orang yang sedang melakukan program diet, menjadikan kentang sebagai makanan alternatif mereka.

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang bisa digunakan sebagai salah satu alternatif pengganti nasi terutama bagi anda yang sedang melakukan program diet. Rasanya yang lezat dan bisa dipadukan dengan jenis makanan lain membuatnya menjadi pilihan makanan saat melakukan program diet. Tapi betulkah kentang baik untuk program diet dan apa saja manfaatnya?

Kentang mengandung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh diantaranya vitamin A, C, B-kompleks, mineral, protein, karbohidrat bahkan asam folat.

Vitamin C yang bisa anda peroleh dari setiap 100 mg kentang sekitar 17 mg.

Kentang mengandung solanin yang dapat berfungsi untuk antikejang, antijamur, memberikan sifat penenang dan bisa diolah menjadi pestisida.

Kentang mengandung serat yang baik dikomsumsi untuk melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit, serat yang tinggi sangat baik dikomsumsi untuk orang-orang yang sedang melakukan program diet atau menurunkan berat badan.

Selain berbagai manfaat diatas ada satu hal yang mesti diperhatikan oleh para penikmat kentang. Kentang memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi yang membuat karbohidrat mudah menjadi gula darah sehingga kurang cocok buat para penderita diabetes.

Cara Mengolah Kentang Untuk Diet

Setelah mengetahui berbagai manfaat kentang untuk kesehatan tentunya anda ingin mengetahui cara mengolah kentang untuk menjadi makanan lezat sekaligus sehat. Untuk itu diperlukan resep sederhana dengan mendapatkan aneka resep makanan dari kentang, anda akan lebih mudah untuk mengkreasikan makanan, sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Salah satu bahan makanan utama yang cukup digemari oleh banyak orang adalah kentang:

Berikut dibawah ini tips dan informasi cara mengolah kentang untuk diet yang bisa anda praktekkan dirumah :

Untuk membuat sup kentang, anda memerlukan 1 kg kentang, 1 liter susu segar, 2,5 liter air putih, 1 ikat daun seledri, 1 siung bawang putih, garam secukupnya, gula pasir secukupnya dan lada putih bubuk secukupnya. Jika semua bahan sudah anda tersedia, anda bisa melanjutkan untuk memprosesnya menjadi sup kentang yang lezat.

Pertama-tama, rebuslah potongan kentang dengan air putih, tiriskan jika kentang sudah mulai lunak. Kemudian rebuslah air bersama kentang yang sudah ditiriskan tersebut, dan tunggu hingga mendidih. Lanjutkan dengan memasukkan susu segar ke dalamnya dan aduk secara perlahan sampai mendidih.

Sebelum menambahkan garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, pastikan anda sudah mengecilkan api pada kompor. Kemudian lanjutkan proses memasak dengan mengaduk adonan sampai larut. Jika sudah larut, sup kentang siap untuk dihidangkan. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk menaburkan daun seledri ke atas kentang yang sudah diletakkan pada mangkuk.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Semoga artikel Cara Mengolah Kentang Untuk Diet Bisa Anda Coba Dirumah dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia Duniahobiku.com dimanapun anda berada.