Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Keunggulan Mobil Listrik Dalam Berbagai Aspek

 Keunggulan Mobil Listrik

Duniahobiku.com - Indonesia harus melakukan pengurangan emisi gas karbon dioksida sebesar 29% pada tahun 2030 mendatang. Terdapat sekitar 8,3 juta unit mobil dengan polusi yang dihasilkan jelas sangatlah besar. Dan untuk mengurangi polusi udara tersebut yaitu dengan cara menciptakan mobil ramah lingkungan. Salah satu solusi untuk menciptakan bumi yang lebih bersih yaitu dengan menggunakan mobil listrik. Apa saja keunggulan mobil listrik? Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tentang mobil listrik.

Apa sih yang dimaksud dengan mobil listrik?

Mobil listrik memiliki tampilan yang sama dengan mobil pada umumnya. Yang membedakan mobil listrik dengan mobil pada umumnya adalah mobil ini digerakkan oleh energi listrik yang berasal dari sebuah baterai berkapasitas besar. Baterai ini berfungsi sebagai sumber tenaga penggerak mesin mobil. Teknologi yang ditanam dalam mobil listrik sangat ramah lingkungan dan diperkirakan sebagai mobil masa depan.

Apabila Indonesia mengembangkan mobil listrik, bukan hanya mengurangi polusi saja, namun ada beberapa keuntungan dari aspek kesehatan, ekonomi, teknologi dan lingkungan.

Berikut 4 aspek keunggulan dari mobil listrik

1. Kesehatan

Tanpa kita sadari setiap hari kita terkena polusi yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan mengurangi produktivitas dalam bekerja. Bayangkan berapa banyak penambahan kendaraan setiap tahunnya yang membuat setiap kota besar mulai mengalami kemacetan di jalan raya dan tentunya menambah polusi udara akibat asap knalpot.

2. Ekonomi

Biaya impor Indonesia mencapai 24% yang berhubungan dengan produk-produk minyak bumi. Selain itu pengembangan mobil listrik juga bisa menambah lapangan pekerjaan baru.

Selain itu biaya operasional konsumen bisa berkurang jika dibandingkan mobil konvensional biasa. Misalnya jarak per 100 km biaya BBM empat kali lebih besar dari mobil listrik.

3. Teknologi

Di Indonesia sudah siap untuk menerima Teknologi mobil listrik serta mengembangkan teknologi tersebut yang nantinya juga menguntungkan dan bisa bersaing dengan negara lain. Mobil listrik sudah mulai meramaikan pasar otomotif Indonesia.

4. Lingkungan

Pada tahun 2050 yang akan datang, diperkirakan 24% wilayah Jakarta bakal tenggelam karena naiknya permukaan laut sekitar 90 cm yang bisa menenggelamkan 2.000 pulau di Indonesia.

Ketersediaan air juga bakal berkurang karena curah hujan yang juga menurun serta dampak ke pertanian dan perairan. Kekurangan air akan membuat efek domino terhadap melambungnya harga berbagai komoditas pertanian akibat kekeringan.

Semoga artikel 4 Keunggulan Mobil Listrik Dalam Berbagai Aspek dapat bermanfaat bagi anda semua dan mudah-mudahan dimasa mendatang mobil listrik akan semakin murah dan terjangkau serta bisa dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat.