Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Kondisi Mobil Bekas Sebelum Dibeli

 Cara Mengecek Kondisi Mobil Bekas Sebelum Dibeli

Semakin tingginya mobilitas masyarakat pasti di ikuti dengan tingginya kebutuhan akan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Tapi jika membeli kendaraan roda empat yang baru, harganya relatif lebih mahal. Masalah dana yang belum cukup membuat kita mencari alternatif lain yaitu mobil bekas. Tapi anda harus memastikan apakah mobil tersebut bagus dan masih layak untuk digunakan. Di bawah ini kami akan membagikan cara mengecek kondisi mobil bekas sebelum anda membelinya.

Jika anda ingin membeli mobil bekas di showroom, maka anda harus cermat untuk memilih dan mengecek kondisi mobil yang akan anda beli. Jangan terburu-buru melakukan transaksi tanpa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu hanya karena pertemanan. Pastikan bahwa mobil terawat dengan baik. Hal ini di lakukan agar mobil yang anda beli apakah masih layak untuk di gunakan, tidak ada yang cacat dan tidak ada bekas kecelakaan. Nah, selengkapnya kita bahas di bawah ini.

Memastikan Dokumen Mobil Sah

Pengecekan komponen-komponen mobil adalah hal yang utama. Hal ini di lakukan supaya tidak merugikan kita sebagai pembeli. Tentunya anda tidak ingin mobil yang anda beli ternyata terlibat kasus kriminal bukan? Oleh sebab itu sebaiknya anda memastikan BPKB, STNK dan nomor rangka cocok. Sesuaikan nomor rangka yang ada di chasis mobil dan nomor rangka yang ada di BPKB. Nomor yang sama menunjukkan bahwa berkas mobil tersebut sah dan legal dari sisi hukum, jadi anda akan merasa aman dan nyaman bertransaksi. Jika mobil telah sesuai dengan keinginan anda. Anda tinggal mengecek bagian lain setelah dokumen telah dipastikan oke.

Memastikan Dokumen Mobil Sah

Cek bagian ekstrior mobil

Silahkan anda cek bagian body mobil dan bagian depan kemudian kesamping lalu ke belakang apakah ada yang lecet, misalnya tergores atau rusak. Jangan lupa anda periksa bagian roda dan kaki roda mobil tersebut. Mobil yang mulus tentunya menjadi impian kita saat membeli. Kita juga perlu menanyakan dan memeriksa sendiri apakah mobil pernah dilakukan perbaikan sehingga kualitas cat terlihat ada bekas dan tidak merata.

Cek bagian ekstrior mobil

Cek bagian interior dan fitur mobil

Kemudian anda periksa jok supir dan juga stir. Jika sering di gunakan maka kulitnya akan menipis. Walaupun sudah di ganti, hasilnya pasti beda dengan jok bawaan. Periksa fitur-fitur yang ada didalam mobil seperti AC apakah masih berfungsi dengan baik, panel-panel di dashboard, audio , kursi, dan sabuk pengaman apakah semuanya masih berfungsi normal. Karet dan karpet dalam mobil apakah sudah robek atau masih mulus. Pastikan bahwa interior masih nyaman untuk digunakan.

Cek bagian interior dan fitur mobil

Periksa bagian mesin Kendaraan

Mesin mobil adalah jantung sebuah mobil yang menetukan performa dari sebuah mobil. Cek bagian mesin apakah masih bagus atau sudah rusak, hal ini bermaksud untuk mengetahui keadaan mesin tersebut. Karena tenaga mesin di hasilkan dari mesin, jika mesin bermasalah maka tenaga dari mesin tersebut akan terjadi penurunan performa. Nyalakan mesin sambil mendengar bunyi yang terdengar agak janggal. Mesin yang masih memiliki performa bagus umumnya bersuara halus dan tidak bising. Pastikan juga tidak ada kebocoran pelumas pada saat mesin dinyalakan. Jika anda ragu dengan kemampuan anda menilai performa mesin, anda bisa mengajak mekanik kepercayaan anda atau mengajak teman yang mengerti tentang selauk-beluk mesin mobil

Periksa bagian mesin Kendaraan

Kendarai / Test Drive

Mobil baru yang masih prima saja menawarkan test drive untuk meyakinkan kenyamanan pembeli. Apalagi mobil bekas yang jelas sudah mengalami penurunan performa. Setelah semua berkas, interior dan eksterior sudah anda cek, silahkan mobil tersebut anda kendarai. Karena begitu anda dapat merasakan peforma dari mesin mobil tersebut. Apakah masih stabil atau drop. Anda bisa mencoba kendaraan dijalan raya untuk mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya, apakah sesuai dengan yang ditawarkan oleh pihak penjual.

Kendarai / Test Drive

Cara Mengecek Kondisi Mobil Bekas Sebelum Dibeli perlu anda ketahui untuk menghindari kejadiaan yang tidak anda harapkan, Mobil yang telah melalui proses pengecekan tentunya akan membuat anda akan merasa aman dan nyaman saat melakukan transaksi. Semoga informasi diatas bermanfaat buat anda semua saat mencari mobil bekas.