Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Alarm Mobil Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

 alarm mobil tidak berfungsi

Alarm mobil tidak berfungsi? Jangan panik!  Ada berbagai sebab kenapa alarm mobil yang tadinya baik-baik saja tiba-tiba menjadi error. Yang paling menjengkelkan apabila saat alarm mobil berbunyi nyaring dan tiba-tiba remote mobil tidak berfungsi, tentunya kita akan merasa tidak enak terhadap orang-orang di sekeliling yang mungkin merasa terganggu. Apa saja penyebab alarm mobil tidak berfungsi? Simak artikel ini dan temukan penyebab alarm mobil  tidak berfungsi dengan baik.

Remote alarm mobil merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi untuk meningkatkan tingkat keamanan untuk mobil anda. Alarm mobil  dapat menghindari dari beberapa masalah misalnya modus kejahatan. Untuk menghindari dari beberapa kejahatan, maka remote alarm mobil digunakan karena jika remote tersebut ditekan atau dipencet maka mobil anda akan secara otomatis terkunci dan dapat melindungi mobil dan barang yang ada di mobil dari modus pencurian. Suara alarm mobil yang nyaring bisa menyurutkan pencuri untuk lari terbirit-birit saat mendengar alarm berbunyi. Ada beberapa faktor Yang Menyebabkan alarm mobil tidak berfungsi antara lain :

Remote Alarm Mobil Rusak          

Karena remote alarm mobil itu penting, maka anda harus membawanya saat anda melakukan perjalanan. Namun, remote alarm mobil bisa rusak. Jika remote ini rusak maka anda tidak dapat mengunci mobil anda secara otomatis. Penyebab alarm mobil cepat rusak diantaranya adalah sebagai berikut. Faktor yang pertama adalah baterai remote alarm mobil anda habis. Faktor ini sangat umum terjadi karena penggunaan remote alarm mobil yang terlalu sering sehingga menyebabkan remote alarm mati. Jika remote mobil anda mati karena kehabisan batarei maka solusinya adalah anda cukup mengganti dengan baterai yang baru.

Remote Alarm Mobil Rusak

Modul Alarm Error

Faktor yang ke dua yang menyebabkan remote alarm mobil mati adalah modul alarm dalam kondisi yang tidak normal. Kasus yang biasanya terjadi pada saat modul alarm tidak normal adalah alarm mobil anda akan berbunyi secara terus menerus dan remote menjadi tidak berfungsi. Inilah penyebab alarm mobil cepat rusak dikarenakan modul alarm yang tidak normal. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukannya dengan cara melepaskan modul alarm agar tidak aktif. Biarkan untuk sementara waktu agar modul alarm tidak aktif.  Periksa apakah masalah bisa anda atasi sendiri seperti memeriksa fungsi tombol yang rusak atau cuma perlu pergantian baterai. Jika masalahnya lebih kompleks dan butuh pergantian anda bisa membawanya ke bengkel.

Modul Alarm Error

Gangguan Frekuensi Alarm Mobil

Kemudian, faktor penyebab yang selanjutnya adalah adanya gangguan pada frekuensi alarm. Penyebab alarm mobil tidak berfungsi disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada frekuensi alarm terdiri dari gangguan logam protektor, pemancar radio, cctv, atau bts. Kadang tanpa kita sadari kita memarkir mobil didekat salah satu pemancar. Solusi yang paling efektif untuk masalah ini adalah anda sebaiknya memindahkan mobil anda ke suatu tempat yang memiliki frekuensi yang berbeda. Dengan demikian alarm mobil anda akan berfungsi dan inilah penyebab alarm mobil cepat rusak. Jika terjadi hal seperti itu anda bisa mencoba mendekatkan remote dengan mobil sehingga frekuensi mudah dicapai.

Gangguan Frekuensi Alarm Mobil

Alarm Mobil Bunyi Sendiri

Anda pernah menemui mobil yang diparkir tiba-tiba berbunyi sendiri tanpa ada yang menyentuhnya? Ini bukan sulap dan juga bukan hantu. Alarm mobil memang dirancang peka terhadap getaran dan gangguan tangan jahil. Ada banyak faktor yang bisa memicu alarm mobil anda berbunyi sendiri misalnya suara knalpot motor yang berbunyi keras atau kembang api. Bahkan seekor ayam atau kucing yang tiba-tiba melompat keatas mobil dapat memicu alarm mobil anda berbunyi sendiri. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan alarm berbunyi adalah pintu, bagasi, kap mesin yang tidak tertutup rapat, mungkin anda telah merasa menutupnya dengan baik tapi ternyata kenyataannya berbeda.

Jika hal itu terjadi karena beberapa kejadian diatas biasanya alarm cuma berbunyi waktu itu saja, jadi anda tidak perlu khawatir terjadi kerusakan alarm mobil. Tetapi jika hal itu berlangsung terus menerus berarti ada yang salah pada alarm mobil anda. Beberapa mobil dirancang memiliki pengaturan kepekaan yang terletak dibalik dashboard. Anda bisa mengaturnya dengan memutar searah jarum jam sesuai yang anda inginkan.

Sekring Alarm Mobil Putus

Pada saat anda turun dari mobil dan ingin mengaktifkan alarm mobil tidak ada bunyi penanda bahwa mobil telah terkunci dan alarm telah aktif. Jangan buru-buru mengambil kesimpulan bahwa alarm mobil anda telah rusak. Coba periksa dulu sekring yang terletak dibawah dashboard pengemudi atau bagian mesin. Mungkin saja itu cuma sekring yang putus dan solusinya cukup mudah yaitu dengan menggantinya. Setiap mobil memiliki letak sekring yang berbeda anda dapat melihat di buku panduan (manual book) dimana letak sekring tersebut.

Buku Panduan Mobil
Buku Panduan Mobil

Aki Lemah / Soak

Setiap aki memiliki durasi pemakaian yang berbeda-beda tergantung merk dan jenis aki. Umumnya jika dipakai secara normal aki bertahan 1-3 tahun tergantung pemakaian. Jika anda menekan remote untuk membuka pintu dan suara mobil terdengar lemah bisa saja itu merupakan indikasi aki mulai lemah / soak, hal lain yang bisa menjadi penanda aki mulai lemah yaitu saat kita baru memulai menyalakan mobil dan mobil tidak langsung berbunyi melainkan hanya berderum tapi mesin tidak ikut menyala. Jika itu terjadi anda bisa mencoba membawa mobil anda ke toko aki. Untuk memastikan aki anda telah lemah anda bisa meminta toko tersebut untuk mengukur kekuatan aki dan jika memang aki anda sudah lemah sebaiknya anda menggantinya dengan aki yang baru.

Aki Lemah / Soak

Hubungi Teknisi / Bawa Kebengkel Mobil

Ini adalah solusi terakhir saat anda telah berusaha mencari penyebab alarm mobil anda tidak berfungsi dengan baik tapi belum menunjukkan hasil yang positif. Untuk awal anda bisa menghubungi tempat dimana anda memasang alarm dan jika ternyata masalahnya bukan berasal dari alarm berarti mungkin mobil anda mesti dibawa ke bengkel untuk diperiksa secara menyeluruh  dan mencari solusi terbaik.

Semogar artikel diatas dapat berguna untuk anda semua para pembaca setia Duniahobiku.com. Perawatan mobil secara berkala dapat meminimalisir masalah-masalah diatas. Seperti yang didengungkan bang napi bahwa kejahatan terjadi karena ada kesempatan tapi menurut penulis kejahatan terjadi karena ada niat, kesempatan hanya memperbesar niat. Waspadalah !!!