Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tanaman Yang Berbahaya Bagi Manusia dan Hewan

 10 Tanaman Yang Berbahaya Bagi Manusia dan Hewan

Hobi memelihara berbagai tanaman memang banyak digandrungi bukan hanya kaum wanita tetapi juga para pria. Tanaman juga memiliki banyak manfaat positif  bagi yang memeliharanya tetapi dibalik segala kelebihan tanaman ternyata kita juga mesti mewaspadai beberapa jenis tanaman yang ternyata bisa berbahaya bagi manusia dan satwa. Ingin tahu tanaman apa sajakah itu? Simak terus artikel ini dan siapa tahu ternyata selama ini anda telah memeliharanya namun belum mengetahui bahayanya.

Tidak semua tanaman hias berbahaya bagi manusia dan satwa dirumah, kita tidak perlu bersikap ekstrim dengan membuang tanaman yang ada dalam daftar dibawah nanti. Kita cuma perlu lebih berhati-hati menempatkannya, lagipula manfaat tanaman jauh lebih banyak dibanding resikonya. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang dapat berbahaya bagi manusia dan satwa :

1.           Jarak – Castor bean ( Ricinus communis )

Tanaman ini berasal dari kerabat yang sama dengan Euphobiaceae, Tanaman ini sering salah di identifikasi dengan jenis tanaman jarak pagar Physic Nut (Jatropha curcas). Jarak pagar sempat digadang sebagai subsitusi bahan bakar oleh pemerintah dan bentuknya berbeda dengan Castor bean. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat pada gambar dibawah. Jarak Castor bean mengandung ricin yaitu racun yang sangat berbahaya bagi manusia dan satwa piaraan. Apabila tertelan, sebutir biji jarak ini mampu menewaskan seorang bocah. Gejala-gejala yang timbul antara lain muntah-muntah, diare, kejang perut dikuti turunnya tekanan darah dan jika tidak ditolong secepat mungkin dapat mengakibatkan kematian.

Jarak – Castor bean ( Ricinus communis )

2.           Morning Glory

Tampilan morning glory amat disukai oleh para gardener. Kecantikan bunga dari keluarga Convolvulaceae ini terlihat dari bunga dengan aneka warna splash pada bagian throat. Tanaman merambat ini tumbuh lumayan cepat dan dapat mengundang hewan lain seperti burung, lebah dan kupu-kupu tetapi dibalik kecantikannya ternyata bagian bijinya mengandung suatu senyawa yang mirip dengan Lysergic acid diethylamide (LSD) yaitu suatu jenis narkoba yang terbuat dari sari jamur. Biji ini jika dikomsumsi manusia dalam jumlah banyak dapat menimbulkan gejala diare hingga halusinasi termasuk bagi kucing dan anjing anda.

Morning Glory

3.           Agave

Tanaman sukulen yang disebut siklok ini tumbuh optimal pada daerah panas dan kering. Banyak penggemar tanaman hias yang tertarik pada kuntum bunganya yang sangat banyak. Namun ternyata bagian duri dan getahnya memiliki senyawa yang dapat menyebabkan kulit melepuh dengan rasa panas menyengat. Apablia terhirup juga dapat menimbulkan reaksi alergi hebat dan masalah pernafasan. Tiap-tiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap kandungan senyawa getah agave.

Agave

4.           Poisenttia alias kastuba

Tanaman ini sering kita temukan menjelang saat perayaan natal. Warna daun berwarna merah merupakan jenis kastuba yang paling populer. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Termasuk jenis tanaman short day plant artinya kastuba butuh masa terang harian lebih singkat dari masa gelap untuk memasuki masa generatif. Oleh sebab itu di Indonesia para gardener menyungkup dengan plastik hitam untuk membuatnya tampil lebih optimal. Bagian tanaman kastuba yang mesti diwaspadai adalah daun dan getahnya. Apabila getah kastuba masuk kemata bisa membuat mata menjadi iritasi bahkan dapat menyebabkan kebutaan sedangkan apabila daunnya tertelan dapat menimbulkan sakit dan radang seludang perut.

Poisenttia alias kastuba

5.           Species Colchicum

Kecantikan tanaman berwarna merah muda, ungu dan putih seolah menyembul dari umbi didalam tanah. Tetapi meskipun memiliki bunga yang cantik anda mesti berhati-hati terhadap tanaman yang satu ini. Musababnya seluruh bagian tanaman ini amat beracun. Apabila tertelan dapat menimbulkan rasa terbakar dimulut dan tenggorokan yang kemudian diikuti rasa haus yang hebat dan perut akan terasa mual, muntah dan buang air besar. Jika tertelan secuil pun bunganya sudah cukup mematikan.

Species Colchicum

6.           Hyacinthus orientalis

Tanaman ini sering juga disebut Garden Hyacinth. Herba berumbi ini memiliki daun khas yang sempit dan panjang. Bunganya berwarna-warni ada yang berwarna merah, putih, kuning, biru dan ungu. Bagian beracun dan berbahaya dari Hyacinthus adalah umbinya. Apabila termakan dapat menyebabkan kejang perut, mual dan muntah-muntah.

Hyacinthus orientalis

7.           Species Tulipa

Tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tanaman berbunga keluarga Liliaceae. Tanaman andalan negeri Belanda ini merupakan tanaman perennial berumbi, tingginya sekitar 10-70 cm. Daunnnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan. Hasil persilangan bunga tulip menghasilkan warna tunggal merah, kuning, hijau, orange, biru, ungu yang sangat indah layaknya sebuah karpet. Bagian yang beracun terletak pada umbi bunga. Jika tertelan dapat menyebabkan mual, muntah, mengeluarkan banyak air liur dan jantung berdebar-debar.

Species Tulipa 

8.           Kecubung (Datura metel)

Tanaman ini memiliki ciri khas pada bentuk bunganya yang seperti terompet. Tanaman ini berkonotasi negatif karena sering digunakan para pelaku kejahatan untuk membius korbannya. Senyawa alkaloid pada tanaman kecubung yang terdapat pada akar, tangkai daun, bunga dan biji dapat membuat halusinasi. Namun kandungkan alkaloid terbesar terdapat pada bagian akar dan biji.

Kecubung (Datura metel)

9.           Pohon Dollar (Zamioculcas)

Tanaman ini sempat viral diberbagai media sosial karena dianggap menjadi penyebab leukemia dan setelah diselidiki ternyata semuanya hanya hoax. Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tanaman ini menjadi penyebab tunggal leukemia. Walaupun demikian tanaman ini sebaiknya dijauhkan dari anak dan hewan peliharaan dirumah. Tanaman ini seperti umumnya family Araceae mengandung kalsium oksalat yang terdapat pada getah yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit

Pohon Dollar (Zamioculcas)

10.         Berbahaya Bagi Satwa

Keladi hias (caladium), sri rejeki, philodendron dapat menyebabkan iritasi pada anjing dan kucing. Amarilis, bunga bakung, hedera iris dapat menyebabkan iritasi perut yang sering berlanjut pada kelumpuhan sistem saraf. Tanaman yang memiliki rekasi paling parah dan dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat adalah digitalis purpurea foxglove, Convalallaria (bunga bakung), bunga mentega serta tanaman hias genus Consolida dan Delphinium karena sistem kardiovaskuler menjadi terganggu. Berbagai jenis tanaman hias dari genus Taxus juga sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi sistem saraf anjing.

Berbahaya Bagi Satwa

Semoga artikel “10 Tanaman Yang Berbahaya Bagi Manusia dan Hewan”  dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan anda. Selama anda berhati-hati kegiatan berhobi anda tetap dapat berjalan tetapi jika anda ragu terhadap keamanan seisi keluarga dan satwa anda tempatkan tanaman yang dianggap berbahaya jauh dari jangkauan anak dan satwa anda.