Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunaken Manado Taman Laut Indah Dari Timur

 Bunaken Manado Taman Laut Indah Dari Timur

Indonesia Timur terkenal dengan beberapa laut dan pantai yang indah serta memilki reputasi sampai kedunia internasional. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Bunaken selain jalan-jalan ditepi pantai. Apa saja kelebihan Bunaken sampai UNESCO memasukkannya dalam salah satu situs warisan budaya? Baca terus artikel “Bunaken Manado laut indah dari Timur” dan temukan tempat favorit anda.

Keindahan taman nasional Bunaken telah tersohor sampai ke mancanegara hal terlihat dari jumlah wisatawan yang mencapai sekitar 10,000 orang  antara tahun 2003-2006, untuk wisatawan lokal mencapai 32.000-39.000 orang. Taman nasional Bunaken secara resmi dibuka pada tahun 1991 dan menjadi taman laut pertama di Indonesia.

Lokasi Taman Nasional Bunaken

Taman nasional Bunaken terletak di utara pulau Sulawesi dan memiliki luas 75.365 hektare . Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado dan menjadi salah salah satu andalan wisata provinsi Sulawesi Utara.

Taman ini sangat terkenal akan keindahan terumbu karangnya karena terletak di segitiga terumbu karang.

Gambar Bunaken
Gambar Bunaken

Segitiga terumbu karang merupakan istilah geografis untuk perairan di Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, kepulauan Salomo dan Timor Leste yang memiliki potensi terumbu karang luar biasa. Segitiga terumbu karang merupakan prioritas utama konservasi yang dilakukan oleh World Wildlife Fund pada tahun 2007.

Segitiga terumbu karang terdiri atas 600 spesies terumbu karang dunia dan meliputi 75% spesies terumbu karang yang ada di dunia. Segitiga terumbu karang juga menjadi tempat tinggal 3000 spesies ikan, termasuk ikan terebesar hiu paus dan ikan yang dikabarkan punah ribuan tahun lalu dan akhirnya ditemukan di perairan Sulawesi Utara, Coelacanth.

Sejarah Bunaken

Bunaken pertama kali ditemukan oleh sekelompok penyelam yang melakukan ekspedisi bawah laut di tahun 1975. Ekspedisi itu ternyata membuat para penyelam menyadari keindahan bawah laut Bunaken yang begitu alami dengan berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang beragam. Sejak saat itu lokasi ini menjadi tempat menyelam favorit para diving dari berbagai penjuru dunia yang makin mendongkrak popularitas Bunaken sebagai spot diving yang menantang dan menarik.  Tahun 1991 lokasi ini resmi dijadikan taman nasional untuk menjaga habitat asli berbagai terumbu karang dan spesies ikan ditempat tersebut. Perkembangan selanjutnya Taman Nasional Bunaken dilirik oleh badan dunia UNESCO dan menjadikannya salah satu warisan dunia.

Nama Bunaken sendiri konon berasal dari nama suatu daerah disekitar Bunaken yang sekarang bernama “wunakeng”  singkatan dari “kinawungakeng” dan mungkin karena penyebutannya agak sedikit rumit maka akhirnya dipilihlah nama Bunaken hingga kini, Bunaken memiliki arti tempat mendarat dari perahu. Benar atau tidaknya informasi ini masih perlu tindak lanjut.

Lokasi Diving Taman Nasional Bunaken

Sejatinya Bunaken bukan hanya menikmati pinggir pantai yang indah dan asri dengan ditemani sebuah kelapa muda dan nyiur yang melambai-lambai membuat mata menjadi berat. Bunaken yang sebenarnya terdiri atas 89.065 hektare laut yang kita kenal sebagai taman nasional Bunaken. Agar dapat menikmati Bunaken secara utuh kita harus mengunjungi beberapa lokasi diving yang menjadi pusat keindahan dari taman nasional Bunaken. Berikut beberapa pulau yang menjadi lokasi favorit anda melakukan diving  :

1.       Pulau Manadotua

Pulau Manadotua merupakan salah satu bagian dari taman nasional Bunaken. Luas Manadotua mencapai 1056 km persegi. Pulau ini dapat menjadi salah satu tempat untuk menikmati taman nasional Bunaken dimana kita masih dapat menyaksikan hutan bakau yang alami. Perairan disekitar pulau ini memiliki air yang sangat jernih sehingga kita dapat menyaksikan aneka terumbu karang dan berbagai spesies ikan bahkan cuma dari atas perahu. Pulau ini bahkan memiliki gunung api yang terletak ditengah pulau

Gambar Manado Tua
Gambar Manado Tua

2.    Muka Gereja

Tempat ini sangat cocok bagi yang menyukai olahraga snorkeling karena letaknya tidak terlalu dalam. Kita dapat menikmati berbagai terumbu karang dan biota laut special karang yang berkeliaran diantara terumbu karang.  Dinding  karang pada tempat ini memiliki retakan serta gua-gua kecil yang makin membuatnya makin menantang. Jika beruntung kita dapat menyaksikan white tip reef shark pada bagian gua .

Gambar Snorkeling
Gambar Snorkeling 

3.    Reruntuhan Kapal Taman Nasional Bunaken

Salah satu spot menarik bagi para diving adalah bekas kapal yang tenggelam dan akhirnya berubah menjadi rumah baru aneka satwa laut dan terumbu karang.

Gambar Reruntuhan Kapal Tua
Gambar Reruntuhan Kapal Tua

Kapal ini terletak dikedalaman sekitar 23 meter didasar laur. Ukuran kapal ini cukup besar sekitar 6o meter. Konon kapal ini milik Jerman yang tenggelam pada tahun 40an di perairan Taman Nasional Bunaken. Bangkai kapal inilah yang akhirnya menjadi spot diving yang menarik, kita bahkan tidak tahu ikan apa saja yang menjadi tuan rumah dadakan dikapal tersebut.

4.    Fukui Point

Tempat ini awalnya ditemukan oleh para penyelam dari Jepang dan akhirnya menjadi salah satu spot menarik bagi para diving yang berkunjung ke taman nasional Bunaken. Fukui point berbentuk lereng pada bawah laut mirip dengan bukit didaratan yang memiliki turunan yang terjal dan curam.

Gambar Fukui Point
Gambar Fukui Point

Fukui point merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan berbagai macam jenis moray berbintik putih, napoleon, dan berbagai jenis terumbu karang. Penyelam juga dapat menemukan kerang raksasa yang berada dikedalaman 15 meter.

5.    Pulau Siladen

Menurut penduduk setempat siladen berarti kandas. Konon terdapat sebuah kapal yang kandas dipulau ini pada saat mengarungi lautan sehingga akhirnya diberi nama siladen.  Pulau siladen terletak di sebelah timur laut pulau Bunaken. Pulau seluas 31,25 hektare ini dapat ditempuh menggunakan speedboat selama 45 menit dari pusat kota.

Gambar Pulau Siladen
Gambar Pulau Siladen

Pulau siladen memiliki pantai yang indah dengan hamparan pasir putih. Bagi yang tidak ingin menyelam dan hanya ingin bersantai tempat ini dapat dijadikan spot pilihan anda. Anda juga bisa snorkeling disekitaran pantai yang cantik ini atau sekedar berjemur dipantai ini.

Taman laut Bunaken sebenarnya memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi dengan 12 titik penyelaman yang menjadi favorit para penyelam. Tempat diatas penulis rasa cukup untuk menjadi spot anda saat liburan tiba selebihnya dapat anda explore lebih jauh.

Semoga artikel “Bunaken Manado Taman Laut indah dari Timur” dapat memberikan sedikit gambaran tentang salah satu wisata laut dari Indonesia yang terkenal sebagai negeri bahari. Laut yang cantik dan penduduknya yang cantik serta ramah akan membuat anda akan merasa betah selama berada di Manado. Jangan Lupa pulang kerumah !!!