Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing Ikan Mas Menggunakan Umpan Alami

 mancing ikan mas menggunakan umpan alami

          Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diburu oleh para mancing mania. Ikan mas memang memiliki daging yang empuk dan berukuran cukup besar bahkan jika beruntung kita dapat memancing ikan mas berukuran jumbo yang beratnya dapat mencapai puluhan kilo bahkan sampai ratusan kg. Umpan alami apa saja yang dipakai buat mancing ikan mas? Baca terus artikel ini dan temukan jawabannya.

      Ikan mas merupakan ikan yang awalnya didatangkan dari daratan Eropa dan Tiongkok lalu dikembangkan dibeberapa wilayah Indonesia. Prospek ekonomi dan budidaya yang cukup mudah membuat banyak masyarakat yang membudidayakannya baik diempang maupun dikeramba. Ikan mas dalam bahasa Inggris disebut dengan Carp sedangkan di Indonesia ikan ini dikenal dengan berbagai nama antara lain : karper. kancra, bikeu, tombro, raja, ravo, ameh dan nama-nama lain sesuai dengan daerah penyebaran ikan ini.

    Ikan mas sebenarnya terbagi menjadi dua macam jenis yaitu ikan komsumsi dan ikan mas hias. Ikan mas komsumsi antara lain; ikan mas punten, ikan mas sinyonya (putri Yoyga), ikan mas Taiwan, ikan mas merah, ikan mas majalaya, ikan mas hitam, ikan mas Yamato, ikan mas lokal. Ikan mas hias sendiri terdiri atas ikan mas kumpay, ikan mas kancra domas,ikan mas kaca, karper kaca,ikan mas fancy dan ikan mas koi. Ikan mas menyukai perairan yang memiliki air tidak terlalu dalam dan memiliki arus yang tidak terlalu deras seperti dipinggiran sungai atau danau.

    Ikan mas termasuk ikan omnivora artinya ikan ini bisa makan apa saja yang diberikan  namun meskipun demikian sebagai pemancing kita perlu memiliki strategi mancing ikan mas yang tepat dengan memilih umpan yang tepat pula agar dapat memperoleh hasil pancingan yang masimal. Setiap pemancing memiliki umpan favorit dan terkadang merahasiakan cara pembuatannya karena tiap ikan mas terkadang memiliki selera yang berbeda terhadap jenis umpan. Berikut beberapa umpan alami ikan mas yang dapat anda siapkan sebelum pergi memancing:

Gambar Aneka Umpan Alami

1.      Umpan Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan umpan alami yang dapat anda peroleh dengan gratis. Cacing tanah senang berada ditanah yang lembap seperti dibawah pohon pisang ataupun tumpukan sampah organik yang sedang mengalami proses penguraian. Hampir semua jenis ikan air tawar menyukai umpan yang satu ini. Umpan cacing tanah  bisa diterapkan apabila kita akan mancing ikan mas di sungai.

Cacing tanah yang digunakan sebagai umpan memancing haruslah yang masih segar dengan ciri memiliki pergerakan yang lincah sehingga apabila dipakai sebagai umpan akan terus bergerak dan merangsang ikan mas untuk segera menyambarnya.

2.      Umpan Serangga

Ada berbagai jenis seranga yang dapat dijadikan sebagai umpan seperti jangkrik, tawon, kroto dan beberapa jenis serangga lainnya yang dapat anda gunakan jika memancing di sungai, tambak atau rawa. Beberapa pemancing sukses menggunakan umpan jenis ini dalam mengangkat ikan mas babon dari dalam air. Beberapa pemancing meracik sendiri umpan rahasia yang akan dipakai dari berbagai jenis bahan dimana salah satunya menggunakan serangga.

3.      Umpan Ulat

Beberapa jenis ulat daun juga dapat anda gunakan sebagai umpan alami. Kita dapat menggunakan ulat yang terdapat pada batang sagu ataupun ulat pada daun pohon pisang. Pada daun pohon pisang biasanya ulat terdapat daun pisang yang menggulung. Seperti cacing tanah dan serangga yang digunakan sebagai umpan, ulat ini pun harus dalam keadaan segar dan lincah. Bau khas pada tubuh ulat dapat menggoda ikan mas babon untuk segera menyambarnya.

4.      Lumut

Lumut merupakan salah satu pakan alami ikan mas yang tersedia gratis dialam liar. Ada beberapa jenis lumut yang biasanya digunakan oleh para pemancing, tetapi pada umumnya pemancing menggunakan jenis lumut yang memiliki tekstur yang halus dan menambahkan beberapa tetes cairan pemikat (essence). Untuk menggunakan pun sangat praktis kita cukup mencelupkan mata kail kedalam wadah/ember lumut lalu memutarnya hingga lumut terkait pada mata kail.

Lomba mancing ikan mas telah sering diadakan dibeberapa kolam pemancingan tetapi ikan mas terbesar yang pernah didapat oleh pemancing adalah ikan mas seberat 105 kg yang dipancing oleh John Harvey (42 tahun) di Thailand pada 8 Juli 2019 setelah berjuang selama hampir 1,5 jam.