Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Aneka Jenis Jamur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

 11 aneka jenis jamur dan manfaatnya bagi kesehatan

          Di dunia diperkirakan ada sekitar 14.000 jenis jamur  namun tidak semua dapat dikomsumsi, hanya 1/3 saja yang aman untuk dikomsumsi. Jadi saat anda berjalan dikebun atau hutan jangan asal petik jamur yang anda temukan akibatnya bisa fatal, jamur yang anda temukan bisa saja mengandung racun. Simak terus artikel ini untuk menambah pengetahuan anda tentang jamur yang aman dikomsumsi.

          Di kalangan masyarakat Cina, Jepang dan korea, jamur bukan hanya sebagai lauk pada saat bersantap tapi juga sebagai “obat” yang dipercaya dapat memperpanjang usia serta meningkatkan kesehatan. Bahkan bangsa Mesir dan Yunani juga telah menikmati jamur sejak ribuan tahun yang lalu dalam menu sehari-hari mereka.

          Jamur merupakan tumbuhan tapi tidak berhijau daun maupun berbunga salah satu ciri khasnya yaitu bentuknya yang menyerupai “payung”. Kalau dulu kita hanya mengenal jamur merang dan jamur kancing dalam kaleng, saat ini aneka jenis jamur telah dapat kita temui dipasar tradisional maupun modern. Berikut aneka jenis jamur yang dapat anda komsumsi :

1.         Jamur Merang ( Volvariella volvaceae )

Merang atau jerami merupakan media yang disenangi oleh jamur yang satu ini, bahkan namanya diambil dari media dimana jamur ini sering ditemukan. Jamur ini sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan nasi jamur, tumis jamur, pepes jamur, cap cai, dsb. Jamur ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan. Setiap 100 gram jamur segar mengandung 3,2 gram protein.

jamur merang
Gambar Jamur Merang 

Jamur merang dewasa memiliki warna coklat tua dengan bagian batang yang berwarna coklat muda. Jamur ini dapat hidup pada suhu sekitar 30-380C dengan suhu optimal 350C. Budidaya jamur merang telah banyak dilakukan bahkan jamur ini mengisi sekitar 16% dari total produksi jamur dunia.

2.         Jamur Kuping ( Auricularia auricula )

Jamur ini mudah dikenali dari bentuknya yang menyerupai daun telinga manusia sehingga dinamakan jamur kuping dan hal ini merupakan ciri jamur kuping yang paling mudah untuk diidentifikasi. Teksturnya pun kenyal jika masih dalam keadaan mentah. Jamur ini banyak diperdagangkan dalam keadaan kering. Jamur ini telah lama dimanfaatkan oleh bangsa Tiongkok kuno dalam mengobati berbagai masalah kesehatan.

jamur kuping
Gambar Jamur Kuping

        Olahan jamur kuping dipercaya dapat menghambat pertumbuhan kanker bahkan sampai 80-90%, sebagai antioksidan, mencegah penggumpalan darah, antitumor, dan berbagai manfaat lainnya. Jamur kuping biasanya diolah dalam bentuk sup, teksturnya lembut dan gurih.

3.         Jamur Lingzhi (Ganoderma lucidum)

Jamur lingzhi dikenal juga sebagai raja herbal dengan seribu khasiat berkat kemampuannya dalam mengobati dan menangkal penyakit. Jamur ini telah terkenal sejak ribuan tahun yang lalu di negeri Tiongkok sejak pertama kali ditemukan oleh seorang petani bernama Seng Nong. Ganoderma lucidum mengandung lebih dari 200 senyawa aktif yang dapat menangkal berbagai penyakit dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

jamur lingzhi
Gambar Jamur Lingzhi

Jamur lingzhi tidak dikomsumsi langsung seperti jamur merang dan jamur kuping, tetapi umumnya digunakan dalam pengobatan herbal. Budidaya jamur lingzhi telah berkembang sangat pesat dan telah menggunakan peralatan modern dalam budidaya dan pengolahannya.

4.         Jamur Shiitake ( Lentinula edodes )

Jamur shitake terkadang disebut juga jamur hioko, nama shitake berasal dari bahasa Jepang. Di Indonesia jamur ini disebut dengan jamur jengkol karena menurut masyarakat aromanya seperti jengkol tetapi sebagian lain berpendapat rasa jamur ini lebih mirip petai. Jamur ini kadang dijual dalam bentuk segar maupun bentuk kering. Harga jamur shitake kering sekitar 200-220 ribu/kg.

jamur shiitake
Gambar Jamur Shiitake

Manfaat jamur shitake telah lama diketahui oleh bangsa Tiongkok untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit saluran pernapasan, gangguan hati, mencegah penuaan dini, meningkatkan daya tahan tubuh dan  mencegah terjadinya tumor. Jamur shitake juga telah banyak diolah menjadi keripik jamur dan campuran masakan Jepang, di negara Rusia jamur shitake dibuat acar dan dikemas dalam botol.

5.         Jamur Maitake ( Grifola Frondosa )

Jamur Maitake disebut juga raja jamur karena ukurannya yang besar, Maitake sendiri dalam bahasa Jepang artinya “Dancing Mushroom” karena konon barangsiapa yang menemukan jamur ini dihutan akan menari karena senang mendapatkan jamur yang nikmat dan memiliki khasiat bagi kesehatan. Jamur ini termasuk langka dan sulit ditemukan dihabitat aslinya.

jamur maitake
Gambar Jamur Maitake

    Manfaat jamur Maitake bagi kesehatan telah diakui dan melewati serangkaian penelitian yang dilakukan oleh berbagai kalangan dalam bidang medis. Jamur shitake dipercaya dapat menghambat kanker serta mengandung senyawa anti tumor. Bahkan beberapa literatur menyebut bahwa maitake memiliki efektivitas yang lebih tinggi dalam melawan penyakit kanker dibandingkan jamur shitake dan lingzhi.

6.         Jamur Tiram ( Pleurotus ostreatus )

Jamur tiram disebut juga King Oyster Mushroom. Jamur tiram memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali. Jamur ini memiliki warna putih dengan bentuk setengah lingkaran yang mirip cangkang tiram. Bentuk inilah yang membuatnya dinamakan jamur tiram. Jamur tiram memiliki kandungan protein yang sangat tinggi hampir setinggi protein hewani. Namun yang membuatnya lebih unggul adalah harga jamur tiram lebih murah dibandingkan protein hewani.

jamur tiram
Gambar Jamur Tiram

Manfaat jamur tiram bagi kesehatan antara lain: mencegah kolestrol, mengatasi masalah anemia, membantu menurunkan berat badan, anti tumor, anti kanker dan sejumlah manfaat lainnya. Senyawa lovastatin yang terkandung dalam jamur tiram sama dengan yang terkandung dalam obat penurun kolestrol. Tiongkok merupakan produsen jamur tiram terbesar saat ini.

7.         Jamur Enokitake / Jamur Enoki (Flammulina Velutipes )

Jamur enoki memiliki warna putih mirip tauge tetapi berbentuk memanjang. Jamur ini juga dikenal sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas. Jamur ini menyukai iklim yang sejuk untuk mendukung pertumbuhannya.

jamur enoki
Gambar Jamur Enoki

       Jamur enoki mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk mengobati sembelit, senyawa falmmulin dalam jamur enoki juga dipercaya dapat menjadi anti kanker dan tumor. Jamur enoki juga memiliki rasa yang renyah sehingga banyak digunakan dalam masakan Jepang dan China.

8.         Jamur Kancing (Agaricus bisporus)

Jamur ini memiliki bentuk bulat seperti kancing sehingga jamur ini dinamakan jamur kancing. Jamur ini memiliki beberapa warna seperti putih, krem dan coklat. Jamur kancing biasa dijual dalam bentuk segar atau kaleng. Jamur ini memiliki rasa yang unik, selain manis teksturnya bagi sebagian orang mirip dengan daging.

jamur kancing
Gambar Jamur Kancing

          Jamur kancing biasa ditambahkan dalam menu masakan barat seperti pizza dan omelet, di Indoensia sendiri jamur ini sering diolah menjadi pepes jamur kancing maupun jamur kancing saus tiram. Jamur ini sangat baik untuk menjaga kesehatan . Jamur kancing kaya akan vitamin B dan Potassium.

9.         Jamur Porcini ( Boletus edulis )

Jamur porcini memiliki bentuk tudung besar berwarna coklat yang dapat mencapai diameter sekitar 35 cm dan berat hingga 3 kg. Batangnya berwarna putih dengan tinggi sekitar 25 cm. Jamur ini sering disajikan dalam menu masakan Italia.

jamur porcini
Gambar Jamur Porcini

Tekstur jamur porcini yang kenyal dan nikmat membuatnya banyak dicari oleh penggemarnya. Harga jamur porcini terbilang mahal, pada situs online di Indonesia harga sekilo jamur porcini dapat  mencapai jutaan rupiah. Janur ini tidak memiliki kolestrol dan lemak sehingga sangat baik bagi yang sedang melakukan program diet. Kandungan antioksidan yang tinggi juga dapat meningkatkan lesehatan serta memperpanjang usia.

10.   Jamur White Truffle

Jamur yang satu ini kayaknya sulit ditemukan secara bebas di supermarket terlebih lagi di pasar tradisional. Coba anda bayangkan harga jamur white truffle menurut sebuah sumber dapat mencapai 2,9 juta rupiah / 100 gram. Sekilo jamur ini  setara dengan harga sebuah sepeda motor standar. Harga mahal ini diakibatkan sulitnya menemukan jamur white truffle yang berada didalam tanah. Diperlukan bantuan hewan seperti babi dan anjing untuk melacak keberadaan jamur white truffle di habitat aslinya.

jamur white truffle
Gambar jamur white Truffle 

          Jamur white truffle memang sejak dahulu telah menghiasi meja makan para bangsawan Perancis, jamur white truffle menjadi salah satu andalan restoran mewah untuk memanjakan lidah para penikmat kuliner. White truffle biasanya disajikan dengan cara diserut tipis-tipis diatas hidangan lainnya seperti pasta, pizza, dan aneka makanan lainnya. Jamur ini dipercaya dapat mencegah penyakit kanker, jantung dan diabetes. Tertarik mencobanya?         

11.   Jamur Morel

Jamur morel disebut sebagai jamur kedua termahal setelah jamur truffle, harganya diperkirakan sekitar Rp. 1 juta / 100 gram. Jamur ini sekilas mirip kacang tanah dengan tubuh berlubang pada sekujur tubuh. Jamur ini sebaiknya tidak dikomsumsi dalam keadaan mentah mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan seperti mual dan muntah-muntah.

jamur morel
Gambar Jamur Morel

         Kabar baiknya di Indonesia jenis jamur morel juga ditemukan di Taman Nasional Gunung Rinjani dan saat ini sedang dilakukan penelitian agar dapat dibudidayakan secara luas oleh masyarakat. Jamur ini memiliki tekstur mirip dengan rasa daging dan cenderung tidak kenyal seperti jamur lain pada umumnya. Hasil penelitian menunjukkan jamur ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

        11 aneka jenis jamur dan manfaatnya bagi kesehatan akan membawa kita mengenal tentang jenis jamur yang aman dikomsumsi sehingga nantinya kita dapat menjadikan jamur sebagai salah satu alternatif makanan sehat bagi keluarga.