Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Tanaman Hias populer paling banyak ditanam di rumah

 

          Tanaman hias sejatinya tidak pernah lekang oleh zaman, setiap tanaman memiliki pengemarnya tersendiri. Tren tanaman hias daun dan bunga datang secara silih berganti, kita juga akan semakin mudah menjumpai Nurseri dan sentra-sentra penjualan tanaman hias yang semakin banyak setiap tahunnya di berbagai daerah. Pada saat kita akan menghiasi rumah agar tampak asri ataupun ingin berbisnis tanaman hias kita akan berpikir tanaman apa yang cocok dan paling populer yang paling banyak di tanam dirumah. Artikel dibawah ini akan merangkum tanaman apa saja yang paling populer khususnya di Indonesia yang paling banyak ditanam dirumah. Semoga Bermanfaat !!!

          Pesona tanaman hias tak pernah redup meskipun setiap saat ada jenis tanaman baru yang menjadi primadonna. Berikut tanaman hias populer yang paling banyak ditanam dirumah, antara lain :           

1.         Aglaonema

Aglaonema merupakan tanaman hias daun  yang sangat populer bahkan dijuluki sebagai ratu daun dalam dunia tanaman hias, hal ini disebabkan aglaonema memiliki berbagai kelebihan. warna daun yang sangat atraktif,  perawatan yang mudah serta bernilai ekonomis tinggi membuat penggemarnya semakin bertambah dari hari kehari. Salah satu jenis agalaonema yang paling fenomenal adalah Harlequeen hasil silangan Greg Hambali yang laku terjual dalam suatu lelang seharga 660 juta rupiah. Ada banyak jenis aglaonema cantik yang dapat anda koleksi dirumah seperti Pride of Sumatera, Dud Unyamanee/dud anjamani, Snow white, dll.

Image Aglaonema sumber : www.Google.com

2.         Adenium

Tanaman gurun yang berasal dari Yaman ini semakin mencuri perhatian sejak kedatangannya sekitar tahun 2000 ke Indonesia. Tanaman ini juga dikenal dengan nama kamboja Jepang . Bentuk akar yang membesar dan dapat dibentuk bonsai sesuai imajinasi, tahan terhadap kekeringan, warna bunga yang beragam membuat tanaman ini menjadi incaran para penggemar tanaman hias dan Bonsai.  Beberapa jenis adenium yang dapat menjadi koleksi anda dirumah : Adenium obesum, Adenium arabicum, Adenium multiflorum, dll.

Image Adenium sumber : www.Google.com dan www.Pixabay.com               

3.         Kaktus

Kaktus memiliki ribuan spesies dan bentuk yang beraneka ragam. Habitat aslinya yang berasal dari padang gurun membuat tanaman ini juga tahan jika tidak disiram selama beberapa hari. Tanaman ini sangat cocok untuk penghobi yang tidak memiliki banyak waktu mengurus tanaman. Bentuknya yang mungil dan warna bunga yang cerah membuat kaktus tidak mengambil ruangan yang besar untuk dinikmati keunikannya. Kaktus juga dapat dibuat dalam terrarium untuk memperindah tampilannya sebagai penghias meja kerja atau ruang tamu.

Baca jugaKaktus Tanaman Gurun Eksotik

Image kaktus sumber : www.Google.com 

4.             Sanseviera

Tanaman ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan lidah mertua. Menurut penelitian Nasa, Sanseviera merupakan salah satu tanaman penyerap polutan paling efektif menyerap racun dalam ruangan.  Jepang termasuk negara yang banyak mengimpor tanaman ini untuk dipergunakan di berbagai tempat di negaranya. Tanaman sanseviera juga merupakan tanaman tahan banting jadi tidak memerlukan perawatan khusus.

Image sanseviera sumber : www.Google.com dan www.pixabay.com

5.         Anggrek

Anggrek merupakan tanaman berbunga yang mempunyai banyak variasi. Ada sekitar 800 genus dan 25000 spesies tanaman anggrek yang telah teridentifikasi. Tanaman anggrek akan terus berkembang akibat perkawinan silang antara berbagai spesies anggrek. Tanaman ini sejak dahulu kala telah dikenal dan tetap bertahan hingga kini. Anggrek memiliki penggemarnya tersendiri, bentuk bunga yang beraneka ragam dan warna membuatnya tampil semakin menarik.

Image Anggrek sumber : www.pixabay.com

6.         Anthurium

Anthurium termasuk keluarga Araceae masih berkerabat dekat dengan aglaonema, philodendron, keladi hias, dan alokasia. Anggota marga anthurium diperkirakan mencapai lebih dari 1000 jenis. Jenis tanaman ini beberapa waktu lalu terkenal dengan salah satu jenis Anthurium yang dinamakan Gelombang Cinta. Tanaman ini memang memiliki tampilan daun yang besar dan terkesan mewah serta memiliki variasi bentuk daun yang unik. Daun anthurium selalu tampak hijau membuat tampilannya selalu segar.

Image Anthurium sumber : www.Google.com

7.           Bonsai

Bonsai merupakan salah satu jenis tanaman yang populer di Jepang dan China. Seni membuat kerdil suatu tanaman dengan meniru tanaman aslinya kedalam suatu pot membuat bonsai terlihat sangat menarik. Pohon yang lazimnya tumbuh besar dialam bebas dapat dibuat mini dengan teknik tertentu. Perpaduan pot dan pohon bonsai akan menghasilkan suatu karya seni yang bernilai tinggi yang akan membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona.

Baca juga20 Jenis Tanaman Bakalan Bonsai

Image Bonsai sumber : www.pixabay.com

              Bonsai merupakan suatu karya seni yang membutuhkan ketekunan dan komitmen yang tinggi dalam membuat suatu karya seni tanaman tetapi kerja keras kita akan terbayar setelah bonsai yang kita bentuk mulai menampilkan keindahan dan keunikannya.

8.         Euphorbia

Euphorbia merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai bentuk bunga yang cantik dengan beragam warna. Bunga tersebut dapat bertahan lama dan tidak mudah rontok. Euphorbia merupakan genus tanaman berbunga yang memiliki 2.420 spesies. Selain sebagai tanaman hias, euphorbia digunakan sebagai obat, bahan pembuat lilin, dan kertas waterproffing.

Image Euphorbia sumber : www.Google.com

Jenis tanaman euphorbia sangat bervariasi mulai dari jenis yang merambat,datar, semak, dan juga berupa pohon. Tanaman ini memiliki duri pada batangnya dan getah susu yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

9.         Palem

Pohon palem termasuk dalam family pinang atau Araceceae dengan salah satu ciri memiliki batang yang jarang bercabang dan tumbuh tegak keatas. Memiliki akar yang dalam didalam tanah untuk menunjang pertumbuhannya keatas. Tanaman Palem dapat tumbuh hingga 20 meter. Beberapa jenis palem yang terkenal seperti palem merah, palem botol, palem jenggot dan palem ekor tupai. Tanaman palem sangat cocok ditanam dihalaman rumah sebagai center point sebuah taman.

Image Palem sumber : www.Google.com

10.   Sikas

Sikas  merupakan tanaman yang bentuknya mirip dengan palem, di Indonesia terkenal dengan sebutan Pakis Haji. Sikas merupakan salah satu tanaman purba dan telah ada sejak dinosaurus masih ada dibumi. Beberapa spesies tanaman ini bahkan dapat dimakan karena mengandung pati didalam batang dan bijinya. Tentunya setelah diolah terlebih dahulu. Beberapa jenis sikas yang terkenal dan memiliki tampilan unik antara lain Sikas Revoluta (sikas Jepang) dan sikas rumphii.

Baca JugaSikas Tanaman Purba

Image Sikas sumber : www.Google.com

11.   Keladi hias

Tanaman yang satu ini tidak kalah tampilannya dengan Aglaonema. Hibrida asal Thailand dan Florida terus diperkenalkan kepada para penggemar tanaman hias dengan bentuk dan warna daun yang sangat cantik. Tanaman ini memiliki tinggi tangkai daun sekitar 40-90 cm dengan panjang daun sekitar 15-45 cm. Bentuk daun caladium (keladi hias) sangat beragam ada yang berbentuk hati, panjang dan bulat. Ukurannya yang terbilang mini sangat cocok sebagai penghias teras rumah bahkan beberapa kalangan menempatkannya diruang kantor/ruang kerja.

Image keladi hias sumber : www.pixabay.com

12.   Kantung semar (Nephentes)

Tanaman Kantung semar lebih populer dengan sebutan tanaman pemakan serangga. Tanaman ini terdiri atas 130 spesies dan belum termasuk hibrida alam maupun buatan. Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi sekitar 15-20 meter dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. Tanaman ini menjadi unik karena dapat menangkap serangga yang akan digunakan  untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar dapat berkembang dengan baik. Salah satu jenis Nephentes yang berasal dari Kinibalu, Malaysia mempunyai kantung berukuran besar hingga dapat menjerat seekor tikus. Beberapa jenis Nephenthes yang dapat dijadikan koleksi antara lain : Nephentes ampullaria, Nephenthes maxima, Nephenthes Rajah, dll.

Image Nephentes sumber : www.Google.com

13.   Alokasia

Alokasi merupakan genus tanaman berbunga berdaun lebar dan memiliki umbi  dan termasuk dalam keluarga Araceae. Ada 79 spesies asli tanaman alokasia. Tanaman alokasia memiliki ciri daun berbentuk seperti hati  dengan ukuran daun yang cukup besar serta memiliki urat daun yang cukup menonjol. Bentuk warna daun yang beraneka ragam dengan harga yang cukup terjangkau membuat tanaman ini memiliki penggemarnya tersendiri.

Image Alokasia sumber : www.Google.com

14.   Bromelia

Bromelia merupakan kelompok tanaman yang berada dibawah keluarga Bromeliaceae yang terdiri atas sekitar 3000 spesies dan ratusan hingga ribuan hibrida. Mungkin tanaman ini kurang familiar ditelinga masyarakat, tetapi jika kita menyebut Nanas sebagai salah satu keluarga Bromelia tentunya banyak yang dapat membayangkan bentuknya seperti apa.

Image Bromelia sumber : www.Google.com

Bromelia merupakan tanaman yang mudah dipelihara. Daun yang beraneka ragam dan corak daun yang memiliki warna yang menarik membuat tanaman ini banyak disukai. Beberapa Bromelia menampilkan bentuk dan bunga yang menarik. Tidak semua keluarga Bromelia memiliki tampilan menarik, Di Indonesia kini kita sudah dapat menjumpai sekitar 200 spesies dan varietas dari berbagai jenis Bromelia.

15.      Mawar

Mawar adalah salah satu tanaman hias yang sangat terkenal dari dulu hingga kini. Mawar merupakan tanaman yang yang berasal dari genus Rosa yang sekaligus merupakan nama bunga tersebut (bunga ros). Mawar terdiri dari lebih 100 spesies. Tanaman berduri ini dapat mencapai tinggi sekitar 2-5 meter.

Image Mawar sumber : www.Google.com dan www.pixabay.com

Tanaman mawar memiliki bentuk bunga dengan aneka warna yang sangat memikat mata, beberapa jenis Mawar dijadikan sebagai bahan baku atsiri yang bernilai ekonomis tinggi (dapat mencapai puluhan juta per liter) dan hasilnya dapat kita rasakan dalam bentuk parfum atau bahan pewangi lainnya.

16.   Begonia

Begonia adalah tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga Begoniaceae. Tanaman ini terdiri atas 1500 spesies. Nama tanaman ini diambil dari Nama Michael Begon, Gubernur Santo Dominggo kala itu.

Image Begonia sumber : www.pixabay.com dan www.Google.com

Tanaman ini mempunyai bentuk daun yang indah dan memiliki warna bunga yang cantik. Tekstur daun begonia seperti beludru halus yang terdapat pada permukaan daunnya. Indonesia juga memiliki spesies asli begonia bernama Begonia diadema yang merupakan tumbuhan asli dari Kalimantan.

17.   Philodendron

Philodenron termasuk suku Araceae (Aglaonema, Alokasia, dan Caladium) dan memiliki banyak speseies. Nama philodendron berasal dari bahasa Yunani  Philo (cinta) dan Dendron (pohon). Philodendron banyak digemari karena memiliki bentuk daun yang unik serta warna daun yang beraneka ragam.

Image Philodendron sumber : www.Google.com

Philodendron dapat kita jumpai di hutan tropis dan pada umumnya tumbuh di tempat yang lembap, rawa, tepi sungai maupun di pinggir jalan. Beberapa philodendron yang biasa kita jumpai antara lain : Sirih gading, Monstera, Philo cardinal, Philodendron williamsii dan philodendron xanadu yang digunakan untuk daun potong.

17 tanaman hias populer yang banyak ditanam dirumah akan membuat pengetahuan anda semakin bertambah sehingga pembaca akan dapat menentukan jenis koleksi tanaman apa yang akan melengkapi dan menambah koleksi tanaman anda dirumah. Menanam merupakan salah satu cara menjaga bumi dan juga sebagai sumber oksigen, kita akan merasakan banyak manfaat dengan hobi menanam.