Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Makanan Sehat Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

 

makanan sehat untuk penderita tekanan darah tinggi

Duniahobiku.com - Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan masalah pada kesehatan anda bahkan memicu berbagai penyakit mematikan, terutama jika tidak terkontrol dengan baik. Selain meminum obat anda juga bisa menurunkan tekanan darah dengan mengkomsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Artikel kali ini akan mengulas beberapa makanan sehat untuk penderita tekanan darah tinggi yang bisa menjadi menu diet anda sehari-hari.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan pemicu berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, gangguan ginjal, stroke, kerusakan pembuluh darah dan gangguan penglihatan. Makanan yang anda komsumsi setiap hari bisa menjadi pemicu tekanan darah anda menjadi naik atau turun. Itulah pentingnya mengatur pola hidup sehat untuk penderita hipertensi dengan mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh, salah satunya dengan memilih makanan sehat yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara holistic.

Makanan Sehat Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Makanan yang sehat untuk penderita tekanan darah tinggi biasanya mengandung banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian. Beberapa contoh makanan sehat yang bisa Anda masukkan dalam menu diet sehari-hari antara lain ;

1.    Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah kelompok sayuran yang memiliki warna daun yang hijau atau kehijauan. Sayuran hijau biasanya kaya akan kalsium, magnesium, dan potassium, serta vitamin C, A, dan K, serta serat makanan. Beberapa contoh sayuran hijau yang sering dikonsumsi adalah brokoli, bayam, kale, selada, sawi, buncis, dll. Sayuran hijau ini kaya akan kalsium, magnesium, dan potassium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

sayuran hijau penurun tekanan darah tinggi
gambar sayuran hijau penurun tekanan darah tinggi

2.    Buah-buahan

Kandungan kalium dan potassium dalam buah-buahan segar bisa membantu anda menurunkan tekanan darah anda. Berikut beberapa jenis  buah-buahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi anatara lain :

Apel: Apel kaya akan serat, vitamin C, dan potasium yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Pisang: Pisang kaya akan potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Pir: Pir kaya akan serat, vitamin C, dan potasium yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Semangka: Semangka kaya akan potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Tomat: Tomat kaya akan likopen yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Strawberry: Strawberry kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Anggur: Anggur kaya akan polifenol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan lain yang kaya akan potasium, seperti alpukat, kiwi, jeruk dan pepaya untuk membantu menurunkan tekanan darah.

buah buahan penurun tekanan darah tinggi
gambar buah buahan penurun tekanan darah tinggi

3.    Kacang-kacangan

Ya, kacang-kacangan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah:

Kacang-kacangan: seperti kacang merah, kacang hijau, dan kacang polong. Kacang-kacangan ini kaya akan protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Kacang pistachio: Kacang pistachio adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon pistachio (Pistacia vera). Kacang pistachio memiliki warna hijau keemasan dan memiliki tekstur yang keras. Kacang pistachio kaya akan protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, kacang pistachio juga kaya akan potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kacang pistachio juga kaya akan antioksidan, vitamin B6, dan magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh

Almond: Almond kaya akan protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan sebagai cemilan sehat untuk penderita hipertensi atau menambahkannya dalam menu makanan harian Anda.

kacang kacangan penurun tekanan darah tinggi

gambar kacang kacangan penurun tekanan darah tinggi

4.    Ikan

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang menghasilkan berbagi jenis ikan. Mengkomsumsi ikan secara teratur ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Asam lemak omega-3 dapat mengurangi produksi hormon yang meningkatkan tekanan darah, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah salmon, ikan tuna, sarden, bandeng, dan kembung. Namun penambahan garam pada ikan sebaiknya dibatasi mengingat garam bisa memicu tekanan pada darah.

aneka jenis ikan

gambar  aneka jenis ikan

5.    Biji-bijian

Biji-bijian adalah sekelompok bahan makanan yang dihasilkan oleh tanaman yang memiliki bentuk buah berupa biji-bijian seperti gandum, padi, jagung, dan serealia lainnya. Biji-bijian biasanya kaya akan serat, protein, dan zat besi yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.  Beberapa biji-bijian yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah: gandum, oat, quinoa, biji wijen, biji labu, biji rami, dan biji bunga matahari (kuaci).

gambar biji bijian penurun tekanan darah tinggi

6.    Coklat Hitam

Coklat hitam mengandung cacao sebanyak 60-70% dan bisa menjadi salah alternatif untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolic. Coklat hitam kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Antioksidan dapat mengurangi produksi hormon yang meningkatkan tekanan darah, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, coklat hitam juga kaya akan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, Anda harus mengonsumsi coklat hitam dengan jumlah yang moderat karena coklat hitam juga mengandung kalori dan lemak yang tinggi.

coklat hitam

gambar coklat hitam 

7.    Yoghurt

Yoghurt adalah produk susu fermentasi yang dihasilkan dari proses fermentasi bakteri yang mengubah susu menjadi yoghurt. Yoghurt biasanya kaya akan protein, kalsium, dan probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Probiotik adalah bakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkomsumsi yoghurt secara teratur dapat menjaga tekanan darah menjadi lebih stabil.

aneka jenis yoghurt
gambar aneka jenis yoghurt

Semoga artikel tentang makanan sehat untuk penderita darah tinggi dapat membantu menjaga kesehatan anda sekeluarga menjadi lebih baik. Pola hidup sehat dan olahraga secara teratur bisa membantu anda menjaga tekanan darah menjadi lebih stabil. Selain itu, Anda juga dapat mencoba mengurangi asupan garam dan makanan tinggi lemak jenuh, serta mengonsumsi makanan yang rendah kalori dan rendah gula untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Jangan lupa untuk terus memantau tekanan darah Anda.