Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Umpan Mancing Dari Kroto Paling Jitu

 cara membuat umpan mancing dari kroto

Duniahobiku.com - Biasanya kroto atau telur semut merah (rangrang) digunakan untuk makanan burung kicau, tapi sebenarnya bisa kita gunakan sebagai umpan mancing yang terbukti cukup jitu.  Penggunaanya pun sangat praktis hanya tinggal mencampur ke umpan yang biasanya kita gunakan. Artikel kali ini akan mengulas jenis jenis kroto dan cara membuat umpan mancing dari kroto.

Menurut para pemancing umpan yang dicampurkan kroto akan lebih efektif dibandingkan tanpa kroto. Itulah sebabnya para pemancing rela mencari atau membeli kroto sebagai bahan dalam meracik umpan agar lebih joos.

Cara Membuat Umpan Mancing Dari Kroto Paling Jitu

Kroto merupakan larva dari semut merah (Oecophylla), sarang kroto biasanya bisa ditemukan pada tanaman buah seperti mangga, rambutan, dll. Biasanya kroto lebih identik dengan umpan ikan mas, karena ikan mas sangat menyukai kroto tetapi sebenarnya kroto merupakan bahan umpan memancing untuk segala jenis ikan terutama ikan air tawar. Jika anda penasaran bagaimana cara membuat umpan memancing paling jitu dari kroto, berikut Cara Membuat Umpan Mancing Dari Kroto Paling Jitu dibawah ini.

Cara Membuat Umpan Mancing Dari Kroto

1.       Kroto Basah.

Tipe kroto ini merupakan kroto yang berupa larva semut rangrang yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Umpan ini sangat cocok diterapkan pada saat membuat racikan umpan mancing, caranya tinggal tambahkan pada racikan umpan memancing anda yang sudah jadi. Perlu diingat ketahanan kroto basah hanya bisa digunakan dalam jangka waktu sehari karena mudah busuk. Kroto basah ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sering digunakan para kicaumania sebagai penambah stamina burung.

2.    Kroto Halus

Kroto ini berasal dari semut calon induk semut betina yang mandul. Tipe ini kurang begitu diminati burung tetapi jika digunakan memancing masih manjur. Caranya sama, satukan dengan racikan umpan anda. Tipe ini bisa bertahan lebih lama dari kroto basah, yaitu sekitar kurang dari 1 minggu.

3.    Kroto Kasar

Berbentuk induk semut ratu serta semut jantan. Kelebihan dari tipe kroto ini kuat bertahan sampai satu minggu. Cara meraciknya pun sama dengan 2 cara diatas. Cukup campurkan secara merata pada umpan yang siap dibentuk lalu buat menjadi bulatan sesuai kebutuhan.

4.    Kroto Kacang

Tipe ini merupakan kombinasi ketiga tipe kroto ditambah dengan tipe pakan lain seperti kacang, jagung, padi, dedak, voer, serta kacang hijau. Tipe kroto ini bisa bertahan sampai satu minggu lamanya.

Biasanya para pemancing perlombaan menyukai tipe jenis kroto kering karena digunakan sebagai bahan tambahan dalam racikan umpan. Tetapi bagi para pemancing harian lebih suka kroto basah karena memiliki aroma yang kuat dari kroto lainnya.

Semoga artikel diatas bisa membantu anda terutama buat para mancing mania yang sedang mencari informasi tentang bagaimana membuat Cara Membuat Umpan Mancing Dari Kroto.