Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fakta Unik Burung Beo Si Peniru Ulung

 fakta unik burung beo

Duniahobiku.com - Beo (tiong mas) adalah jenis burung jalak yang memiliki kecerdasan dan kemampuan meniru suara manusia. Karena kepandaiannya itu, spesies ini cukup digemari pecinta burung mancanegara. Selain itu, ada sisi lain dari beo ini yang cukup unik dan menarik disimak. Berikut  8 fakta unik burung beo si peniru ulung.

8 Fakta Unik Burung Beo

Ada beberapa jenis burung yang bisa meniru suara manusia dan binatang lain. Salah satu yang sangat terkenal dikalangan penghobi adalah burung beo. Burung beo mudah dikenali dari bentuk fisiknya yang menonjol dan memiliki ciri khas tersendiri.  Namun mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang burung yang pandai ini. Berikut beberapa fakta menarik tentang burung beo :

1.       Habitat Burung Beo

Burung beo mudah dibedakan dari jenis jalak lainnya karena mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dan berwarna hitam mengkilap dengan pial di kepalanya. Spesies burung ini cukup umum dijumpai di hutan dataran rendah Sumatera dan Kalimantan, termasuk pulau-pulau kecil di sekitar pulau nias hingga ke Nusa Tenggara.

2.       Burung Beo Makin Langka

Namun di Jawa dan Bali, keberadaan burung beo sudah semakin sulit ditemukan di alam, padahal dulu satwa ini mempunyai populasi yang cukup banyak di hutan-hutan di sekitar Jawa dan Bali. Beberapa hal yang menjadi penyebab populasi tiong mas di Jawa dan Bali terus menipis adalah rusaknya habitat, alih fungsi hutan dan juga akibat penangkapan liar. 

3.       Beo Nias Paling Dicari

Burung yang memiliki nama latin Gracula religiosa ini memang cukup marak diperdagangkan dalam jumlah besar baik di pasar domestik maupun internasional. Salah satu jenis yang cukup banyak dicari adalah burung yang berasal dari Nias atau yang dikenal dengan sebutan Beo Nias. Konon kabaranya, beo yang berasal Nias ini bisa dihargai lebih tinggi dari harga pasaran beo pada umumnya.

4.       Burung Beo Bisa Meniru Berbagai Suara

Kepandaiannya dalam meniru dan mengolah vokal sehingga mirip suara manusia itulah yang membuat spesies burung ini banyak dicari oleh penggemar burung di Indonesia dan mancanegara. Rahasia mengapa burung beo atau tiong mas ini mampu menirukan suara manusia ternyata terletak pada syrinx yang dimilikinya. 

5.     Rahasia Burung Beo

Syrinx yang terdapat pada burung beo mirip dengan tenggorokan manusia, dan pada bagian dindingnya terdapat tonjolan-tonjolan tulang rawan yang disebut dengan labium eksternal. Salah satu labium eksternal itulah yang bekerja dengan cara seperti pita suara manusia, dan sekaligus menyuplai energi untuk bisa menghasilkan suara.

6.    Beo Bisa Mengeluarkan Suara Berbeda

Dengan syrinx yang unik itulah burung beo memiliki kemampuan mengeluarkan suara yang berbeda-beda, seperti suara memekik/menjerit, peluit bahkan suara menggerutu yang mirip suara manusia. Setiap individunya memiliki tiga hingga 13 macam suara.

7.       Burung beo Tidak Bisa Meniru Suara Burung Kicau

Kemampuan luar biasa burung beo adalah mampu menirukan suara di sekelilingnya, hal ini mencakup suara manusia dan suara yang muncul dari lingkungan sekitar misalnya suara klakson, siulan, pedagang atau bahkan suara kokok ayam. Namun uniknya, tidak seperti kacer atau murai batu yang bisa menirukan suara burung lainnya, burung beo ternyata tidak bisa menirukan suara kicauan dari burung jenis lainnya.

8.    Mitos Menggunting Lidah Beo

Kecerdasannya dalam menirukan suara manusia itu membuat beo cukup disukai sebagai burung peliharan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah dalam perawatannya. Banyak pemilik beo yang masih percaya akan mitos lama, yaitu menggunting lidahnya dengan harapan burung mereka bisa pandai mengoceh. Padahal hal tersebut hingga kini masih belum terbukti benar adanya, karena kemampuan bicara beo sangat ditentukan oleh faktor umur, perawatan dan pelatihannya.

Itulah beberapa fakta unik burung beo yang pandai meniru. Mengingat populasi jenis burung ini kian menipis terutama di Jawa, maka sudah waktunya kita untuk menangkarkannya.