Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Permata Kalimaya (Opal) Banten Yang Banyak Dicari Kaum Hawa

batu permata kalimaya

Duniahobiku.com – Pernah melihat batu permata Kalimaya asal Banten? Banten tidak hanya terkenal akan debus tapi juga sebagai daerah penghasil salah satu jenis batu permata bernama batu Kalimaya. Permata Kalimaya Banten banyak disukai khususnya kaum wanita karena memiliki corak dan warna yang menarik. Saat “demam” batu akik melanda Indonesia beberapa tahun silam batu ini juga banyak dicari para penggenar batu antik. Untuk mengetahui lebih jauh tentang permata Kalimaya Banten silahkan simak ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini.

Asal Usul Batu Permata Kalimaya Banten

Tidak semua negara menghasilkan batu permata. Batu Kalimaya dalam dunia Internasional dikenal dengan nama Opal, Kalimaya merupakan penyebutan lokal untuk batu antik ini. Nama Kalimaya disematkan berdasarkan lokasi asal batu ini. Batu ini pertama kali ditemukan didaerah Kali Maja yang terletak di Kecamatan Maja, Lebak, Banten. Di alam, Kalimaya seringkali melekat pada mineral lain, kadang-kadang batu ini ditemukan pada sepah atau kayu yang membatu. Warna Kalimaya sendiri bervariasi mulai dari putih susu, abu-abu, coklat, hijau, kuning, merah, hitam dan biru. Batu permata Kalimaya yang berasal dari daerah Banten dengan kualitas tertentu mampu bersaing dengan jenis opal yang berasal dari mancanegara seperti Australia, Islandia dan Amerika. Batu opal berasal dari bahasa sansekerta upala yang artinya indah dan mulia.

Daya Tarik Batu Permata Kalimaya Asal Banten

Batu Kalimaya memiliki butiran butiran warna warni yang terlihat gemerlapan baik itu dipermukaan dan di dalam batu permata. Apalagi jika batu ini tersorot seberkas cahaya maka kemilaunya akan semakin nampak. Para pengrajin menyebut batu ini sebagai kembang Kalimaya yang karena terlihat atraktif dengan permainan cahaya dan mampu menyebarkan cahaya dengan baik. Batu ini termasuk dalam golongan batu dengan skala sedang. Dalam skala MOHS batu ini memiliki tingkat kekerasan 5,5 hingga 6,5 skala Mohs dan bisa tergores oleh pisau bahkan bisa pecah jika terjatuh. Namun keindahan batu permata Kalimaya menjadi salah satu sebab kenapa batu Kalimaya mahal. Apalagi jika ukuran batu Kalimaya yang diperoleh berukuran besar maka harganya akan semakin mahal.

batu mulia kalimaya
gambar batu mulia kalimaya

Khasiat Batu Permata Kalimaya Banten

Batu antik selalu dikaitkan dengan kepercayaan masyarakat yang menganggap bahwa batu antik memiliki tuah. Tidak terkecuali dengan batu Kalimaya asal Banten. Batu Kalimaya dipercaya bisa meningkatkan rasa cinta terhadap lawan jenis, simbol kejujuran, meningkatkan kekuatan jiwa dan bisa menjernihkan pikiran serta memberikan ide saat menggunakannya. Cahaya dalam batu permata Kalimaya diumpamakan sebuah ide. Ide yang awalnya sederhana bisa menjadi sesuatu yang cemerlang. Sebagai contoh berdagang ayam goreng merupakan sebuah ide sederhana tetapi ide ini menjadi cemerlang dan spektakuler bagi seorang Kolonel Sanders yang membuat bumbu rahasia ayam goreng yang menyebar ke seluruh dunia lewat usaha yang kita kenal sebagai KFC.

Harga Batu Permata Kalimaya

Harga batu Kalimaya bervariasi tergantung warna dan corak batu. Umumnya batu ini dijual di market place atau pedagang batu antik dengan harga mulai 150 ribu hingga 1,5 juta rupiah. Tapi beberapa batu Kalimaya yang termasuk dalam kategori langka bisa berharga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Semoga artikel tentang batu permata Kalimaya asal Banten bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang batu permata yang ada di Indonesia khususnya Banten.