Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Umpan Mainan Ikan Gabus Paling Ampuh Yang Bisa Anda Coba

umpan mainan ikan gabus paling ampuh

Duniahobiku.com - Saat memancing kita membutuhkan umpan yang jitu agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Umpan ikan gabus alami dan umpan ikan gabus buatan merupakan pilihan bagi para pemancing. Kedua umpan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada pemancing yang suka menggunakan umpan buatan adapula yang lebih senang menggunakan umpan alami. Artikel kali ini akan merekomendasikan 5 umpan mainan ikan gabus paling ampuh yang bisa menjadi pertimbangan anda saat akan menggunakan umpan buatan/lure.

Umpan Mainan Ikan Gabus Paling Ampuh

Ikan gabus merupakan ikan predator yang terkenal sangat ganas dan menjadi salah satu mascot sport fishing di air tawar. Ikan ini bisa kita temukan di sungai, rawa dan danau. Ikan ini bahkan bisa kita temukan digenangan/saluran air dan sawah. Dihabitat aslinya ikan gabus sering memangsa serangga dan hewan-hewan air seperti katak, berudu, jangkrik, cacing, dll.

Umpan mainan/buatan banyak dipilih para pemancing modern karena dianggap lebih praktis meskipun harganya sedikit lebih mahal. Umpan ini juga bisa digunakan berkali-kali dan tetap awet. Dalam memancing ikan gabus ada beberapa teknik dan umpan yang sering digunakan. Agar lebih jelas berikut teknik dan umpan mainan untuk memancing ikan gabus:

1.      Memancing Ikan Gabus di Perairan Terbuka

Pada umumnya semua umpan mainan dapat digunakan namun bila spot/lokasi pemancing kotor dan banyak terdapat pengganggu seperti ranting kayu, pohon rebah, tanaman air maka umpan mainan sebaiknya disesuaikan dengan spot pemancingan agar lebih nyaman saat digunakan. Beberapa umpan mainan top water seperti popper, pencil, minnow, propeller dan soft lure katak dapat dipergunakan. Saat menggunakan lure berbentuk popper kecil dan pensil maka kita dapat menerapkan teknik memancing walk the dog. Teknik ini membutuhkan kesabaran dan latihan. Saat aplikasi walk the dog diterapkan pada spot yang diduga tempat bermain ikan gabus maka umpan akan sangat mengganggu. Ikan gabus termasuk ikan predator dan territorial sehingga apapun yang dianggap musuh akan segera diterkam termasuk umpan mainan anda.

spot mancing perairan terbuka
gambar spot mancing perairan terbuka

2.      Memancing Ikan Gabus Pada Rawa Tertutup

Ada berbagai spot mancing ikan gabus yang biasanya tertutup oleh lebatnya tanaman rawa atau rumput. Spot seperti ini banyak ditemukan didaerah Kalimantan dan Indonesia bagian timur. Spot didaerah ini masih sangat alami dan jarang terexpose sehingga jika kita menemukannya maka ikan gabus babon masih cukup berlimpah. Umpan mainan yang digunakan pada spot ini adalah soft lure katak yang memiliki safety pin pada mata pancingnya. Beberapa produsen membuat soft lure berupa katak yang sangat mirip dengan aslinya. Mata kail yang ada pada umpan jenis ini memiliki kawat pengaman untuk melindungi kail agar tidak mudah tersangkut oleh tanaman rawa ataupun ranting pohon. Cara kerja soft lure ini cukup unik, jika dimakan ikan gabus maka kawat pengaman tersebut akan tertekan dan langsung menancap di mulut ikan. Jenis uumpan lainnya adalah yang memiliki rongga udara. jenis umpan ini akan melindungi pancing dengan rongga udara. Jika umpan umpan dimakan maka rongga udara akan kempes dan kail akan tertancap pada mulut ikan.

soft lure katak
gambar soft lure katak

Semoga artikel tentang 5 Umpan Mainan Ikan Gabus Paling Ampuh dapat bermanfaat. Untuk mencari umpan mainan atau buatan sudah cukup mudah selain ditoko alat pancing juga bisa kita peroleh di market place secara online.