Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Foto Produk Makanan Agar Terlihat Lebih Menarik

tips foto produk makanan

Duniahobiku.com - Artikel kali ini akan memberikan tips foto produk makanan agar terlihat lebih menarik terutama buat anda yang hobi atau hanya sekedar suka dalam memotret makanan, memotret makanan bisa dikatakan menjadi trend foto saat ini. Sekarang memotret makanan bukan hanya pekerjaan seorang fotografer makanan atau Food Fotografer saja, tetapi seperti rutinitas wajib bagi seseorang sebelum mencicipi makanan. Kebiasaan sudah bergeser seharusnya berdoa dulu sebelum makan sekarang menjadi foto dulu sebelum makan, atau selfie dulu sebelum makan.

Tips Foto Makanan Agar Terlhat Menarik Dan Lezat

Semakin banyak orang yang mempunyai kamera smartphone, kamera saku maupun DSLR, semakin banyak juga fotografer makanan memotret makanan yang lezat yang bertebaran di dunia maya. Kalau tidak percaya silakan saja search di google yang kata kunci foto makanan, dan siap siap menikmati jutaan foto makanan yang sudah meluas itu. Banyak foto makanan yang bisa membuat orang yang melihat langsung merasa lapar, nah bagaimana membuat foto makanan sehingga membuat orang menjadi lapar dan tampak lezat walaupun tanpa flash eksternal ataupun internal. Berikut ini tips dan trik memotret makanan:

1. Tatalah makanan yang akan difoto agar tampak baik dan bisa memberi kesan lezat

Kunci menjadi fotografer makanan itu adalah mengenai tampilan makanan. Walaupun teknik foto yang anda kuasai sudah baik, lensa yang anda gunakan memiliki harga juta rupiah atau puluhan juta, jika anda tidak memperhatikan tampilan makanan atau komposisi makanan, baik itu dalam bentuk dan warna jelek, maka sudah dapat dipastikan hasil akhirnya foto yang dihasilkan pasti kurang baik, karena dari dasarnya sudah kurang bagus.

Trik Memotret Makanan Menggunakan Piring

Sebelum anda mengambil gambar makanan tersebut, pastikan makanan yang akan anda foto dalam komposisi terbaik, tidak berantakan, tidak ada yang tumpang tindih, karena sangat berpengaruh dalam hasil akhirnya nanti. Pada bagian yang penting dan sangat ingin ditonjolkan seharusnya tampilannya lebih ke depan. Perlu diperhatikan jangan sampai ada makanan yang tumpah atau terselip di luar piringnya. Karena dapat mempengaruhi hasil akhirnya nanti, itu kalau menggunakan piring.

tips memotret makanan menggunakan piring
gambar tips memotret menggunakan piring

2. Mempunyai kondisi cahaya yang mencukupi

Ilmu dasar fotografi adalah seni dengan cahaya, jika cahaya tak ada maka tidak terlihat apa yang ingin kita ambil gambarnya. Dalam memotret makanan, perlu anda pastikan ruangan memotret mempunyai pencahayaan yang cukup bagus, apakah itu dari lampu, atau sumber cahaya yang lain.

Tips Memotret Makanan Dengan Cahaya

Sebenarnya memotret makanan lebih baik lagi jika anda menggunakan pencahayaan alami, cobalah cari tempat yang berada didekat jendela atau tempat cahaya masuk, maka dapat dipastikan akan memberikan hasil akhir foto yang bagus daripada tempat yang remang-remang. Ingat cahaya itu sangat penting dan mempengaruhi hasil foto yang anda potret.

tips memotret makanan dengan cahaya
gambar memotret dengan cahaya alami

3. Jangan pernah melupakan background

Background juga berpengaruh terhadap hasil foto makanan anda bagus atau tidak, harus diusahakan agar background foto terlihat simpel dan tidak terlalu ramai, hal ini perlu diperhatikan karena jangan sampai background yang seharusnya jadi pelengkap malah lebih menarik perhatian daripada foto makanannya.

Tips Fotografer Makanan Background Dalam Foto Makanan

Hindari background yang mempunyai warna terlalu mencolok, dan harus anda pastikan juga warnanya seragam dengan makanan, jika anda kerepotan gunakan warna netral, contohnya putih, hitam atau grey. Jangan sampai warna dan backgorund luput dari perhatian anda.

tips fotografer makanan background dalam foto makanan
gambar memotret dengan background tepat

4. Cara mengambil angle foto makanan yang bagus

Banyak foto makanan itu memotret dari atas, cobalah anda memotret dari sudut yang berbeda sehingga hasil lebih maksimal, serta mempunyai karakter gambar anda sendiri.

Tips Fotografer Makanan dengan Memperhatikan Sudut Pandang

Mengambil sudut pandang makanan bisa mempengaruhi hasil foto Makanan anda, anda bisa mengambil foto dari samping atau sudut 450 ke arah makanannya. Jangan pernah takut untuk berkarya, karena dengan mengeksplor sudut pandang yang berbeda bukan hanya anda mendapakan gaya memotret anda, tetapi akan membuat tampilan semakin lezat.

tips fotografer makanan dengan memperhatikan sudut pandang
gambar trik foto makanan

5. Manfaatkan lensa bukaan besar di lensa anda

Gunakanlah bukaan yang besar yang terdapat lensa anda, jika anda menggunakan kamera yang dapat diatur bukaannya. Contohnya saja saat menggunakan lensa kit bisa memanfaatkan bukaan f/3.5 di focal length 18mm.

Fotografer Makanan Menggunakan Bukaan Besar Lensa

Bisa mendapatkan cahaya lebih maksimal, dengan lensa bukaan besar dapat mendapatkan efek atau ruang tajam yang menyampit. Foto makanan akan lebih terasa dramatis dan memiliki karakter gambar tersendiri.

teknik memfoto makanan
gambar teknik memfoto makanan

6. Detail makanan tersebut jangan terlewatkan

Contohnya saja saat anda memotret sebuah cake blackforest tambahan buah cherry, bisa menjadi point of interest yang sangat menarik dan mempunyai tampilan baik, point of interest adalah bagian yang menarik perhatian saat orang melihat makanan tersebut.

angle foto makanan
gambar angle foto makanan

Fotografer Makanan Memperhatikan Detail Makanan

Cobalah fokuskan detail dari makanan tersebut, dan akan terlihat bagaimana makanan tersebut menjadi semakin unik dan menarik untuk difoto. Bagaimana sudah mengertikan tips foto produk makanan agar terlihat lebih menarik dan lezat sehingga orang yang melihat ingin mencicipinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat anda semua.