Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Radix Pseudostellariae Untuk Kesehatan Anda

 Manfaat Radix Pseudostellariae

Duniahobiku.com - Radix Pseudostellariae adalah sejenis akar ginseng yang berasal dari negeri tirai bambu (China). Tanaman ini juga dikenal sebagai ginseng anak, dalam bahasa Mandarin tanaman ini dikenal dengan sebutan Tai Zi Shen. Tumbuhan ini memang sulit ditemui di Indonesia. Padahal jika di teliti lebih dalam, tumbuhan ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Radix Pseudostellariae atau akar ginseng China ini mempunyai rasa pahit, manis dan netral sehingga sering kali banyak orang yang tidak menyukai pengobatan herbal ini.

Manfaat Radix Pseudostellariae

Radix Pseudostellariae merupakan salah satu tanaman herbal yang sering di gunakan dalam pengobatan China. Sehingga sudah tidak asing lagi jika banyak orang China yang menggunakan tanaman ini sebagai salah satu metode pengobatan herbal. Menurut penelitian tanaman ini memang terbukti memberikan efek yang baik untuk menjaga stamina tubuh.

Radix Pseudostellariae mengandung bahan alami seperti lipid, gula, asam amino, heterophyllin A dan B.  Menurut pengobatan China,  Radix Pseudostellariae berkahsiat untuk memperkuat fungsi limfa dan lambung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan berkhasiat sebagai anti depresan serta mampu mengurangi kecemasan.

Radix Pseudostellariae memiliki kandungan asam palmitat, asam glukuronat, rhamnose, kalikosin,  asam linoleat, beta sitosterol, fosfatida dan kandungan alami lainnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan untuk mengobati dan mencegah penyakit yang masuk ke dalam tubuh seperti :

1.      Mengurangi Sindrom Kelelahan

Kelelahan memang menjadi hal yang lumrah jika sudah menjalani aktifitas baik yang berat maupun yang ringan. Namun bagaimana jika sindrom ini juga terjadi saat tidak melakukan aktifitas? Untuk anda yang mengalami hal itu bisa memanfaatkan Radix Pseudostellariae sebagai solusi kesehatan anda.

2.      Anti Tumor

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari Radix Pseudostellariae yakni sebagai anti tumor. Kandungan alami dari bahan herbal ini mampu melawan aktifitas sel tumor yang berkembang didalam tubuh. Selain itu Radix Pseudostellariae juga mampu mengecilkan ukuran tumor.

3.      Sebagai AntiTusif

Akar tanaman Radix Pseudostellariae berperan sebagai anti tusif untuk mengurangi batuk dan mampu mempercepat penyembuhan batuk. Serta mampu mengurangi rasa sakit pada batuk kering yang sering menyerang pada tenggorokan.

4.      Sebagai Anti Oksidan

Radix Pseudostellariae berfungsi sebagai anti oksidan dan berfungsi melawan berbagai jenis penyakit yang masuk kedalam tubuh dan meghambat tumbuhnya berbagai jenis penyakit baik yang kronis maupun non kronis.

5.      Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan turun sering kali memicu datangnya berbagai jenis penyakit. Jika nafsu makan turun maka, sistem imun dalam tubuh pun akan semakin berkurang. untuk anda yang ingin meningkatkan nafsu makan cukup dengan mengkonsumsi akar Radix Pseudostellariae.

6.      Mengobati Insomnia

Insomnia atau susah tidur merupakan salah satu jenis penyakit yang saat ini banyak mengganggu sebagian orang. Solusinya cukup dengan mengkonsumsi Radix Pseudostellariae  secara teratur. Kandungan dalam tanaman ini akan memperlancar peredaran darah dan membuat insomnia anda berangsur-angsur hilang.

7.      Mengobati Panas Dalam

Tenggorokkan kering, sariawan, bibir pecah pecah menjadi beberapa indikator anda sedang mengalami panas dalam. Hal ini kerap terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak dan pedas, faktor cuaca terik juga menjadi salah satu penyebab panas dalam.

Cara Membuat Ramuan Radix Pseudostellariae

Untuk mengkonsumsi ramuan ini bisa di jadikan sebagai teh herbal ataupun dijadikan ekstrak herbal. Anda bisa membuat ramuan herbal secara mandiri dan cara membuatnya pun cukup mudah. Jika anda ingin membuat ekstrak herbal dari bahan alami tersebut cukup gunakan 9-30 gram perhari kemudian di masak dengan 2 gelas air. Rebus ramuan hingga menjadi 1 gelas, gunakan api kecil agar ramuan keluar secara perlahan. Setelah itu saring air rebusan kedalam gelas bersih. Minum selagi hangat.

Metode ini terbukti sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Hanya saja setelah mengkonsumsi obat ini akan menjadikan tubuh anda berkeringat dan nafsu makan akan kembali normal.

Memang bahan baku utama Radix Pseudostellariae di Indonesia cukup sulit untuk di temukan hal ini karena akar Radix Pseudostellariae hanya ada di negeri tirai bambu (China). Untuk mendapatkan khasiat dari bahan alami tersebut anda bisa mendapatkannya dalam bentuk suplemen yang menggunakan bahan utama Radix Pseudostellariae.

akar Radix Pseudostellariae
Gambar akar Radix Pseudostellariae

Perhatian :

1.Radix Pseudostellariae tidak cocok untuk ibu hamil.

2.Radix Pseudostellariae tidak cocok untuk penderita gastritis.

Itulah sekilas manfaat yang dimiliki oleh Radix Pseudostellariae yang perlu anda ketahui. Tanaman ini terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh. Radix Pseudostellariae juga mampu mengobati segala jenis penyakit secara alami selama dikomsumsi dengan tepat dan teratur.