Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Memperbesar Pengapian Motor Dengan Mudah

cara memperbesar pengapian motor

Duniahobiku.com - Bagaimana cara memperbesar pengapian motor ? Bagi biker menjadi kesenangan tersendiri jika motor tunggangannya bisa melaju dengan cepat dan bertenaga di jalanan. Sebenarnya banyak sekali manfaatnya bukan hanya untuk kesenangan semata, seperti bisa mengejar waktu masuk kantor bagi yang bekerja dikantor, bisa membuat pengiriman lebih cepat bagi penyedia jasa ekspedisi dan ojek online yang sekarang sedang ngetrend dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapat jika motor kita cepat dan bertenaga.

Tentunya untuk membuat motor kita cepat dan bertenaga banyak faktor yang mendukung hingga hal itu bisa terjadi, salah satunya adalah di sisi pengapian motor. Pengapian motor yang lebih besar bisa menjadikan laju motor lebih cepat dan bertenaga dan hal tersebut butuh teknik tersendiri dan kita mesti tahu perangkat apa saja yang diperlukan. Untuk itu duniahobiku.com akan mengulas beberapa cara memperbesar pengapian motor dengan mudah. Silahkan membaca beberapa langkah mudah untuk memperbesar pengapian motor berikut ini.

Apa Penyebab Pengapian Motor Kecil?

Salah satu sebab pengapian motor kecil karena adanya masalah pada busi, hal ini biasanya ditandai keluarnya letupan kecil pada ujung knalpot. Busi yang sudah terlalu lama digunakan juga bisa menjadi penyebab lain pengapian motor menjadi lebih kecil. Elektroda busi yang berwarna hitam akibat penumpukan kerak karbon akan menyebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna. Secara standar pemakaian busi setelah menempuh jarak sekitar 6 ribu km harus dilakukan pergantian dengan busi baru.

Cara Memperbesar Pengapian Motor Dengan Mudah

1.      Memperbesar Pengapian Motor Dengan Kapasitor

Salah satu cara untuk memperbesar pengapian motor dengan mudah adalah dengan mengganti kapasitor. Kapasitor itu sendiri adalah sebuah alat elektronik yang biasa dipasang di berbagai benda elktronik lain, bentuknya kecil dengan dua kaki dengan kaki yang tinggi bermuatan positif dan kaki yang pendek bermuatan negatif. Kapasitor ini selanjutnya kita sebut sebagai CDI, dan kalu bisa gantilah CDI Anda yang lama dengan CDI 4,7 uF dan perlu diimbangi dengan spuyer yang lebih besar pula.

Untuk cara pemasangannya mudah saja, putuskan kabel yang berwarna oranye dan sambungkan ke kaki negatif kapasitor dengan terlebih dahulu melepas soket kabel oranye tersebut. Perhatian untuk tidak sampai salah memasang dan menghubungkan kabel yaitu, kaki negatif ke arah CDI dan kaki positif ke coil. Jikalau Anda masih kesusahan dalam teknis pemasangannya Anda bisa langsung saja ke bengkel terdekat.

contoh kapasitor
gambar contoh kapasitor

2.      Menggunakan Groud Strap

Ground strap adalah lilitan atau kumparan tambahan yang dipasang pada bagian luar kabel busi. Biasanya pembuatan ground strap menggunakan lilitan kawat tembaga yang biasa digunakan untuk gulung dinamo atau bekas kabel antena TV.

Pada saat pengapian coil diperbesar, aliran listrik pada kabel busi sangatlah tinggi. Untuk meredam distorsi dan frekuensi liar di sepanjang busi maka diperlukan adanya groud strap. Untuk pembuatannya cukup mudah, yang Anda perlukan hanyalah solasi ban dan kabel tembaga. Cara membuatnya juga relatif sangatlah mudah, Anda tinggal buka coil terlebih dahulu, lalu kupas bungkus kabel tembaganya, selanjutnya lilitkan rapat di sepanjang kabel busi, kemudian buatlah dudukan untuk coil dan ujung satunya lagi usahakan jangan terlalu dekat dengan padud busi kemudian bungkus kembali dengan solasi ban.

teknik groud strap
gambar teknik groud strap

Itulah cara memperbesar pengapian motor dengan mudah dan bisa Anda kerjakan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua.