Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengolah Sarang Semut Untuk Obat Kanker Bisa Anda Praktekkan Dirumah

cara mengolah sarang semut untuk obat kanker

Duniahobiku.com - Tentu saja ini bukan sarang semut dalam arti sebenarnya atau kue sarang semut. Sarang semut ini hanya istilah untuk menyebut tanaman berkhasiat obat dari Genus myrmecodia. Tanaman yang memiliki permukaan berduri ini biasanya tumbuh dicabang pohon di hutan Papua. Jika diperhatikan bentuk umbi tanaman akan nampak seperti sarang semut, itulah sebabnya tanaman ini dinamakan sarang semut. Tanaman ini banyak dicari karena menurut penelitian ampuh mengobati penyakit kanker. Namun informasi mengenai cara mengolah sarang semut untuk obat kanker masih minim.

Cara Mengolah sarang Semut

Kandungan flavonoid dan tanin dalam tanaman sarang semut memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Jika tidak ingin repot anda bisa langsung membeli dalam kemasan siap pakai. Tanaman sarang semut saat ini telah banyak diolah menjadi bubuk atau kapsul sehingga siap digunakan kapan saja. Namun jika kita ingin langsung mengolahnya secara mandiri bisa dengan mengikuti langkah langkah berikut:

Cara 1

Siapkan sarang semut sekitar 200 gram

Rebus sarang semut dengan air sebanyak 2 liter hingga mendidih.

Gunakan wadah yang terbuat dari keramik, gerabah atau stainless steel untuk mendapat hasil maksimal

Gunakan api kecil selama proses memasak

Setelah mendidih saring air rebusan hingga bersih dari ampas. Tunggu hingga ramuan menjadi dingin.

Ramuan siap diminum.

ramuan tanaman sarang semut

gambar ramuan tanaman sarang semut

Cara 2

Ramuan sarang semut untuk orang dewasa

1. Untuk penyembuhan anda bisa mengkomsumsi sebanyak 3-8 gelas sehari

2. Untuk pencegahan anda bisa minum 1-3 gelas sehari

Untuk memperoleh hasil maksimal tentunya anda tetap harus memiliki pola hidup yang sehat. Tidur yang teratur, makan makanan bergizi dan menghindari strees dan tentu saja olahraga.

Cara 3

Ramuan sarang semut untuk anak kecil

Jika ramuan sarang semut ingin diberikan kepada anak dibawah usia 10 tahun sebaiknya takaran yang diberikan setengah dari orang dewasa.

1. Untuk penyembuhan : ramuan sarang semut bisa diberikan sebanyak 1-3 kali sehari hingga pasien sembuh. Ramuan sebaiknya dibuat hanya untuk 1 kali pemakaian. Buatlah seduhan baru setiap ingin digunakan sebagai terapi pengobatan.

2. Untuk pencegahan : ramuan sarang semut bisa diberikan 1-2 kali seminggu. Ramuan ini hanya sebagai tahap pencegahan agar tubuh tetap sehat dan prima.

Cara 4

Mengolah sarang semut menjadi bubuk siap pakai

Saat membeli atau diberi teman anda bisa langsung mengolah tanaman sarang semut atau menyimpannya terlebih dahulu. Agar nantinya ramuan sarang semut mudah digunakan anda bisa melakukan pengolahan sederhana menjadi seperti bubuk teh. Caranya sebagai berikut:

1.  Siapkan sarang semut yang telah anda beli

2. Potong sarang semut sehingga menjadi bagian-bagian kecil untuk memudahkan saat diblender

3. Blender potongan kecil sarang semut hingga menjadi serbuk halus.

4. Simpan serbuk/bubuk sarang semut kedalam wadah toples atau sejenisnya.

5. Ramuan siap digunakan kapan saja

memotong tanaman sarang semut
gambar memotong tanaman sarang semut

Efek samping sarang semut

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Gadjah Mada tanaman sarang semut aman untuk dikomsumsi dan tidak memiliki efek samping. Namun setiap orang memiliki reaksi berbeda setelah minum rebusan sarang semut. Menurut beberapa pengalaman minum sarang semut bisa menyebabkan pusing, batuk pilek, pegal, demam dan sering buang air kecil. Namun reaksi ini tidak selalu terjadi kepada setiap orang. Jika reaksi ramuan sarang semut membuat aktivitas kita terganggu sebaiknya hentikan penggunaan ramuan sarang semut untuk sementara. Bisa juga dengan mengurangi takaran menjadi setengah atau seperempat dari biasanya. Ramuan sarang semut sebaiknya tidak diberikan kepada ibu hamil untuk menghidari efek samping terhadap janin.

reaksi minum ramuan sarang semut
gambar reaksi minum ramuan sarang semut

Harga Sarang Semut

Anda tidak perlu repot-repot mencari sarang semut asli ke hutan Papua. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukannya ditoko online atau toko obat tradisional. Toko online saat ini sangat memudahkan pelanggan untuk mencari barang yang dibutuhkan. Anda bisa memesannya sesuai kebutuhan anda, lalu tunggu barang tiba dirumah anda. harga sarang semut berkisar antara Rp. 100-200 ribu / 250 gram.

Semoga cara mengolah sarang semut untuk obat kanker dapat bermanfaat. Sarang semut bisa menjadi alternatif pengobatan saat ingin mencari kesembuhan, bahan yang terbuat dari bahan alami membuatnya aman dikomsumsi selama tidak berlebihan.