Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Resep Jitu Umpan Ikan Belanak Air Payau Paling Ampuh

umpan ikan belanak air payau

Duniahobiku.com -  Ikan belanak adalah ikan yang sering kita jumpai diperairan pantai dan hidup secara bergerombol. Bukan Cuma di air asin , ikan belanak  dapat dapat hidup diair payau seperti muara dan terkadang bisa kita dijumpai di perairan air tawar. Ikan ini sering menjadi incaran para pemancing karena cukup menantang.  Namun untuk mendaparkan ikan ini tentunya anda harus menyiapkan umpan yang tepat.  Lalu  apa umpan ikan belanak air payau yang cocok dan jitu?

Muara adalah pertemuan antara air asin dan tawar yang menghasilkan air payau. Muara adalah salah satu lokasi mancing yang banyak digemari. Kita dapat menemukan berbagai jenis ikan air asin dan tawar di lokasi tersebut.  Salah satunya adalah ikan belanak. Sepintas ikan ini mirip dengan ikan bandeng namun saat dikomsumsi ikan belanak memiliki duri yang lebih sedikit dibanding ikan bandeng.

Umpan Ikan Belanak Air Payau

Daging ikan belanak cukup gurih dan lembut apalagi disantap dengan sambal dan nasi kepul, hmmm…nikmat. Namun sebelum bisa mencicipinya tentunya anda harus memancing ikan ini. Ikan belanak agak sensitive dan terkadang ogah menyantap umpan yang diberikan. Untuk itu penulis  sudah menyiapkan beberapa umpan yang bisa anda gunakan sebagaai umpan ikan belanak di air payau :

1.           Mancing belanak umpan lumut

Ikan belanak pada  dasarnya memakan lumut di sekitar habitatnya, lumut adalah makanan alami ikan belanak.  lumut tersebut biasanya menempel dipermukaaan batu, karang atau permukaan kayu yang mengambang di pinggiran pantai. .Lumut ini berbeda dengan lumut yg kita gunakan  untuk mancing ikan Nila atau Mujahir. Lumut utk mancing ikan nila kebanyakan mempunyai helai-helai seperti daun berbentuk jarum tapi lembut ,sedangkan lumut utk makanan ikan belanak berbentuk lembaran yg teramat lembut, saking lembutnya seandainya kita ambil dgn tangan atau dipercikan air lumut ini mudah hancur, oleh sebab itu dalam mencari lumut buat umpan belanak ini memerlukan trik khusus.

umpan lumut
gambar umpan lumut

Lumut yang kita ambil adalah lumut yang tumbuh didasar air,tetapi kita tak butuh repot-repot mesti menceburkan diri di air mau mengambilnya,tunggu saat lumut mulai mengapung dipermukaan air. Gunakan  serokan ikan hias, tetapi gunakan kain yang rapat. tujuannya lumut yang kita ambil tidak  hancur & larut bersama air saat serokan kita angkat dari air. selanjutnya lumut yang sudah kita ambil kita tiriskan pada  selembar kain yang agak lebar. tujuannya untuk memisahkan lumut dan air, sebab lumut yang akan digunakan untuk mancing kelak adalah lumut yang telah mengenyal & lembek. Gunakan rangkaian pancing mata kail khusus lumut agar lebih manjur.

mata kail lumut
gambar mata kail lumut

2.      Racikan umpan ikan belanak paling ampuh

Aneka bahan yg dibutuhkan ialah :

500 g tepung terigu,

 2 butir telur ayam,

4 sendok makan margarin,

10 sendok makan garam,

air terasi & essen secukupnya.

Cara pembuatan Racikan Umpan ikan belanak

Pertama margarin dipanasi hingga meleleh. Cairkan garam beserta essen memakai 250 cc air. Tuangkan telur & larutan garam-essen ke tepung terigu dengan cara bertahap sembari diaduk-aduk & diuleni hingga adonan jadi kalis. Adonan seterusnya dikukus selama 30 menit - satu jam.  Angkat racikan adonan setelah itu adonan ditumbuk-tumbuk saat panas hingga adonan mendingin. Umpan siap digunakan.

3.      Umpan jitu ikan belanak

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat umpan ikan belanak

1 kilo tepung terigu,

250 cc minyak goreng,

4 sendok makan margarin, 10 sendok makan garam

 2 sendok teh Marimas rasa mangga.

racikan umpan ikan belanak
racikan umpan ikan belanak

cara membuat umpan belanak dari tepung

Campurkan menjadi satu tepung terigu, minyak goreng & margarin, aduk-aduk hingga merata. Tambahkan air & Marimas, aduk-aduk lagi agar tercampur rata. Tempatkan dalam kantong plastik. Kukus hingga matang selama 1 jam. Jika adonan telah betul-betul matang, langsung angkat & tumbuk-tumbuk sampai adonan umpan ini mendingin. Umpan jitu mancing ikan Belanak ini dapat kamu bawa saat memancing di muara atau dekat dermaga di mana ikan belanak sering berkeliaran. Anda bisa menambahkan masako atau Royco untuk memperkuat aroma umpan.

Konon saat pembuatan adonan umpan ikan belanak kita sebaiknya tidak sedang merokok atau makan pete. Aroma dari kedua bahan itu bisa terserap pada adonan umpan buatan anda. Ikan belanak sangat sensisitf terhadap bau/aroma umpan.

umpan ikan belanak dari tepung
gambar umpan ikan belanak dari tepung

4.      Umpan ikan belanak dengan roti tawar

Memancing ikan belanak dengan menggunakan roti tawar sangat praktis. Anda tidak perlu repot membuatnya cukup membelinya di toko atau supermarket. Potong roti tawar berbentuk dadu. Ukurannya sesuai dengan keinginan anda. Kaitkan potongan roti tawar lalu lemparkan ke spot dimana ikan belanak berkumpul.  Lakukan chumming atau pengeboman untuk memancing ikan belanak berkumpul dalam satu spot agar anda mudah mengontrol lemparan umpan. Chumming adalah metode melempar umpan agar ikan berkumpul dalam satu area. Umpan tersebur bisa berupa lumut, nasi, pelet,dll.

umpan roti tawar ikan belanak
gambar umpan roti tawar ikan belanak

Semoga 4 Resep Jitu Umpan Ikan Belanak Air Payau dapat bermanfaat. Ikan Belanak lebih aktif mengejar makanan saat permukaan air sedang jernih. Sesuaikan umpan yang cocok dengan kondisi dan lingkungan tempat anda akan memancing.