Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Mendaki Gunung Bagi pemula Agar Praktis Dan Aman

 tips mendaki gunung bagi pemula

Duniahobiku.com - Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang banyak diminati baik tua dan muda. Mendaki menjadi salah satu bentuk wisata alam untuk menjaga alam untuk anak cucu kita di masa depan serta menikmati keindahan ciptaan Tuhan. Bagi pemula ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar saat mendaki kita tidak mudah lelah dan selalu dalam keadaan aman. Tips mendaki gunung bagi pemula dalam artikel ini akan membantu anda selama proses pendakian anda agar merasa aman dan nyaman.

Tips Mendaki Gunung

Kesuksesan mendaki membutuhkan persiapan yang panjang agar berhasil. Jangan meremehkan setiap detail kebutuhan ketika mendaki.  Ingat sampai ke puncak hanyalah bonus namun kembali dengan selamat merupakan tujuan utama. Jadi untuk Anda yang ingin mendaki gunung dengan ketinggian yang cukup menantang persiapkan segala sesuatu dengan baik. Berikut beberapa tips mendaki gunung bagi pemula:

1.      Ganti kemasan makanan dengan plastik klip

Bukan menjadi rahasia lagi jika tas yang digunakan untuk mendaki banyak berisi kemasan camilan yang sebagian besar isi kemasannya adalah angin. Ketika dibawa naik mendaki kemasan tersebut akan menjadikan tas bawaan Anda menjadi penuh, namun Anda tidak perlu khawatir Anda bisa mengganti bungkus makanannya dengan plastik klip sehingga membawa camilan banyak sudah tidak perlu ditakutkan lagi. Cara tersebut akan membantu Anda menghemat ruang sehingga space dalam tas bisa digunakan untuk barang lain.

plastik klip untuk makanan
gambar plastik klip untuk makanan

2.      Pisahkan barang dengan plastik klip

Kondisi di atas pegunungan tidak bisa diprediksi dengan tepat, tentu Anda harus membawa semua perlengkapan yang penting, pelajari juga teknik menata tas carrier, Anda harus memisahkan barang barang sehingga tidak tercampur dan berantakan, selain itu memisahkannya dengan plastik agar tidak terkena air ketika hujan. Pisahkan barang kecil dalam plastik yang berbeda seperti alat handphone, alat elektronik dan lain sebagainya. Sehingga isi dalam tas Anda akan tetap aman meskipun hujan turun.

barang elektronik ukuran kecil
gambar barang elektronik ukuran kecil

3.      Gunakan plester atau petroleum jelly untuk kaki

Medan pendakian seringkali membuat kaki menjadi lecet atau keseleo. Jika sudah parah maka telapak kaki juga bisa menjadi perih dan kulit juga akan terkelupas. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan bahan kimia yang aman yaitu petroleum jelly. Oleskan bahan tersebut di telapak kaki atau bagian tubuh lalu balut dengan plester. Bahan tersebut membantu Anda meremajakan kulit dan menjaga permukaaan kulit agar selalu lembab. Plester tersebut juga mendukung daya kulit Anda agar terhindar dari gesekan kasar alas sepatu ketika mendaki.

penggunaan petroleum jelly untuk kaki
petroleum jelly untuk kaki

4.      Plastik sampah

Barang barang yang disediakan dan telah dipersiapkan untuk mendaki gunung ibarat nyawa kedua ketika melakukan pendakian. Menjaga isi tas carrier agar tidak basah menjadi hal yang wajib kamu prioritaskan. Tidak hanya menggunakan cover bag saja, melapisi tas dengan trash bag menjadikan barang pendakian Anda akan aman. Caranya sangat mudah yaitu dengan melapisi permukaan dalam dengan plastik sampah, setelah itu tata perlengkapan yang akan dibawa. Dan jangan lupa untuk menutup kembali dengan trash bag yang akan digunakan. Dengan cara yang sederhana itu maka tas pendakian Anda akan terlindung dari gerimis hujan yang bisa datang kapan saja.

penggunaan plastik sampah sebagai pelindung
penggunaan plastik sampah sebagai pelindung

5.      Kantongi barang penting

Kondisi alam di lapangan susah untuk diprediksi maka Anda sebaiknya melakukan persiapan dengan matang dan melakukan segala antisipasi banyak hal yang bisa terjadi. Salah satunya yaitu dengan menyimpan barang penting dalam saku jaket yang Anda pakai. Letakkan botol minuman atau air pada saku bawah. Jangan lupa juga untuk selalu mengantongi handphone dan kompas, hal tersebut sebagai bentuk antisipasi ketika Anda nyasar atau kehilangan arah.

simpan barang penting di kantung
simpan barang penting di kantung

6.      Melindungi kaki dengan lakban

Tumit kaki juga memerlukan perlindungan dari gesekan sepatu boot. Untuk mengatasinya, pakai saja lakban yang murah meriah dengan merekatkan pada kaki bagian belakang, lalu pakai saja kaos kaki dan sepatu kesayangan Anda mendaki. Dengan cara itu kaki Anda akan tetap sehat tanpa terkelupas, jika ternyata sudah lecet, lapisi dengan plester luka untuk pendakian yang lebih aman nan menyenangkan.

lindungi kaki dengan lakban
lindungi kaki dengan lakban

7.      Binder clips

Benda ini biasanya digunakan untuk perlengkapan kantor dan berfungsi untuk menjepit dokumen agar tidak tercecer. Binder clip juga bisa dimanfaatkan saat melakukan pendakian. Alat ini berguna untuk menjaga barang yang digantung di pinggir carrier agar tidak jatuh. Banyak pendaki yang sering menjemur kaos kaki atau benda kecil lainnya dengan menggunakan binder clips. Benda ini mudah dibawa dan penggunaanya pun sangat praktis.

binder clip
gambar binder clip

8.      Memasukkan celana ke sepatu boot

Dengan cara sederhana kaki Anda akan tetap terjaga dari semak belukar. Semak belukar tersebut kerapkali meninggalkan goresan pada kaki dan lengan anda. Gunakan saja kaos kaki panjang dan sepatu untuk menghindarinya. Selain itu siasati juga dengan memasukkan ujung celana ke dalam sepatu atau kaos kaki, sehingga kaki akan aman dan goresan juga bisa diminimalisir.

masukkan celana kedalam sepatu
masukkan celana kedalam sepatu

9.      Bangun tenda menuju arah angin

Membangun tenda tidak boleh asal asalan. Ketika Anda menginginkan istirahat yang nyaman maka pasang saja tenda menuju arah angin. Pilih lokasi yang lapang dan terhindar dari terpaan angin dan badai. Ketika angin bertiup ke selatan, maka posisikan saja tenda menghadap utara, barat atau timur. Bilamana Anda memaksakan diri dengan menghadap ke selatan, maka udara yang masuk akan membuat Anda menjadi menggigil dan bisa menguras energi dan stamina anda.

arah pembangunan tenda
arah pembangunan tenda

10.      Persiapan fisik sebelum mendaki gunung

Mendaki gunung memerlukan fisik yang prima. Oleh sebab itu kita perlu melatih tubuh secara teratur dengan cara berolahraga. Olahraga akan menjadikan tubuh menjadi terbiasa dengan beban. Latih fisik Anda dengan jogging, senam atau berenang, agar stamina anda dapat meningkat. Hal itu akan sangat berguna saat melakukan proses pendakian. Dengan latihan itu maka kondisi fisik Anda tidak akan lelah, dan nafas juga tidak ngos-ngosan.

olahraga secara teratur
olahraga secara teratur

11.      Tissue basah dan tissue kering

Ketika berada di atas gunung nanti, tentu Anda dan teman teman harus menyimpan air minum sebaik mungkin, maka membawa tisu wajah dan tisu kering sangat dibutuhkan. Minyak atau debu yang menempel diwajah dapat dibersihkan seketika. Selain itu tisu basah tersebut juga berfungsi untuk membersihkan alat-alat makan.

tissue basah
gambar tissue basah

Semoga artikel tentang tips mendaki gunung bagi pemula dapat bermanfaat. Saat mendaki jangan pernah meninggalkan sampah dalam bentuk apapun, karena gunung bukan tempat sampah. Bawalah kembali sampah anda selama melakukan pendakian. Jangan pernah mengaku pencinta alam kalau justru mengotorinya.