Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fakta Ikan Gabus Yang Perlu Anda Ketahui

fakta ikan gabus

Duniahobiku.com - Ikan gabus merupakan salah satu ikan yang terkenal ganas. Ikan ini memiliki nama latin Channa Striata. Mereka juga dikenal sebagai ikan kepala ular. Ikan ini berasal dari bagian Afrika, Asia, dan Amerika Utara. Ikan kepala ular ini bisa ditemukan di sungai, rawa, danau dan bahkan saluran air.  Beberapa masyarakat gemar menyantap olahan ikan gabus yang dipercaya berkhasiat untuk penyembuhan luka.  Ada beberapa fakta tentang ikan gabus yang perlu anda ketahui agar tidak salah dalam menilai ikan unik ini.

Fakta Ikan Gabus

Ikan gabus adalah makanan populer yang biasanya digunakan sebagai sumber protein. Di Amerika Serikat, orang cenderung mengonsumsi lebih banyak ikan putih daripada jenis lainnya. Ini mungkin karena dianggap lebih sehat daripada daging merah. Ikan putih lebih rendah lemak jenuh dan lebih tinggi asam lemak omega-3. Ikan yang terkenal memiliki kemampuan hidup luar biasa ini ternyata menyimpan beberapa fakta yang cukup unik, diantaranya :

1. Ikan gabus bisa berjalan di darat

Ikan gabus dapat berjalan di darat terutama saat malam hari. Penemuan ini dibuat oleh Institut Teknologi India Bombay.  Mereka saat ini sedang dalam proses mempelajari bagaimana hal ini mungkin terjadi. Studi ini akan dipublikasikan di Journal of Experimental Biology. Ikan ini melakukan migrasi saat habitatnya mengalami kekeringan dan akan mencari tempat berair. Jika tidak mereka akan menguburkan diri sehingga tempat tersebut terkena air/hujan datang.  Ikan gabus memiliki labirin yang memungkinkan ikan tersebut mengambil oksigen dari udara. Ikan gabus bahkan bisa bertahan didarat selama 3-4 hari.

ikan gabus berjalan di darat
ikan gabus berjalan di darat

2. Ikan gabus hias

Ikan gabus ternyata juga bisa dijadikan ikan penghias akuarium. dan bukan hanya untuk komsumsi. Tapi tidak sembarang ikan gabus, ada beberapa jenis ikan gabus yang memiliki warna cukup menarik. Betta Channoides, Channa bleheri dan Micropeltes Channa adalah jenis ikan gabus yang cantik. Corak warna tubuhnya tidak kalah dengan ikan cupang.

channa bleheri
gambar channa bleheri

3. Ikan gabus agresif

Ikan ini sebaiknya tidak dicampur dengan ikan lain yang berukuran lebih kecil. Mereka terkenal agresif dan teritorial. Dihabitat aslinya, ikan gabus termasuk dalam golongan ikan karnivora. Ikan ini bisa memangsa ikan, serangga, kodok bahkan anak burung. Ikan gabus semakin agresif saat sedang menjaga anak-anaknya yang masih kecil.

ikan gabus agresif
ikan gabus agresif

4. Ikan gabus berharga mahal

Di Indonesia, ikan ini banyak dicari sebagai pengobatan. Khasiat ikan gabus banyak dicari pasien yang habis operasi atau melahirkan. Ikan gabus mengandung albumin sebanyak 6.224 g/100 g. Albumin juga baik untuk menguatkan otot jantung sehingga menurunkan resiko penyakit jantung. Harga ikan gabus perkilogram bisa mencapai 75 hingga 125 ribu rupiah. 1 kilogram biasanya berisi sekitar 4-5 ekor ikan gabus.

harga ikan gabus mahal
harga ikan gabus mahal

5. Snakehead kerdil (dwarf snakehead)

Channa andrao dianggap sebagai spesies terkecil ikan gabus .  Snakehead kerdil biasanya hanya berukuran sekitar 11 cm.  Kebanyakan snakehead lainnya bisa tumbuh antara 40 cm  hingga lebih dari 1 meter.

channa andrao
gambar channa andrao

6. Ikan gabus ilegal

Di sebagian besar negara bagian di Amerika Serikat, memiliki ikan gabus hidup adalah ilegal kecuali Anda memiliki izin khusus dari Departemen Margasatwa negara bagian. Pemilik akuarium rumahan dilarang memelihara spesies ikan air tawar non-asli di Virginia.

Banyak negara bagian memiliki batasan untuk memelihara jenis tertentu atau semua jenis ikan eksotis sebagai hewan peliharaan, dan banyak juga yang melarang pengangkutan ikan ini melintasi batas negara bagian.

Di negara bagian yang melarang memelihara ikan gabus hidup sebagai hewan peliharaan akuarium, biasanya ada pengecualian bagi mereka yang memiliki izin khusus dari Departemen Margasatwa negara bagian.

Di Virginia, misalnya, lisensi hanya mengizinkan orang-orang yang memiliki fasilitas pameran publik atau lembaga pendidikan untuk memiliki kepala ular hidup.

Snakehead juga ilegal di California karena dianggap ikan invasif yang mengalahkan spesies asli oleh Departemen Ikan dan Margasatwa California.

ancaman invasi ikan gabus
ancaman invasi ikan gabus

7. Ikan gabus adalah ikan predator

Ikan ini adalah ikan predator yang sangat rakus dan buas. Ikan ini cenderung akan mengejar apa pun yang bergerak di depannya. Ini berarti bahwa mereka akan memakan ikan atau makhluk air lainnya yang lebih kecil dari mereka untuk makanan, jadi sangat penting untuk memilih pasangan akuarium dengan hati-hati. Snakeheads biasanya penghuni menengah dan bawah dan sesekali naik keatas permukaan air.

mulut ikan gabus
gambar mulut ikan gabus

8. Ikan gabus bisa membantu petani

Ikan gabus bisa membantu petani dengan cara memakan hama keong di sawah. Hama keong bisa merusak tanaman dan dapat menggagalkan panen. Memelihara ikan gabus disawah bisa mengurangi populasi hama keong sedikit demi sedikit. Ikan ini akan memakan telur dan keong kecil yang ada disekitar sawah. Namun sayangnya ikan gabus juga bisa berbahaya karena jika terlepas di danau, sungai atau rawa bisa menghilangkan populasi ikan asli di kawasan tersebut karena sifatnya yang agresif.

ikan gabus memakan hama keong
ikan gabus memakan hama keong

Semoga artikel tentang fakta ikan gabus dapat bermanfaat. Produk kesehatan dengan bahan baku ikan gabus juga sudah sering kita temukan di apotik. Semoga kedepannya ikan ini bisa dimanfaatkan secara lebih bijaksana dan tidak dilihat hanya sebagai ancaman.