Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Pirus Urat Emas Koleksi Langka Yang Paling Dicari

batu pirus urat emas

Duniahobiku.com - Anda penggemar batu permata? Batu permata memang telah memukau banyak mata untuk dijadikan koleksi atau perhiasan. Salah satu jenis batu yang cukup banyak dicari adalah batu pirus. Batu pirus banyak dicari karena khasiat dan bentuknya yang unik. Batu ini juga memiliki warna yang berbeda seperti batu pirus putih, biru, hitam, perak dan batu pirus urat emas. Pada artikel kali ini kita akan khusus membahas batu pirus urat emas. Apa sih kelebihan dari batu pirus ini sehingga para kolektor banyak mencarinya? Untuk lebih jelasnya simak pada artikel selengkapnya dibawah.

Sejarah Batu Pirus

Batu Pirus dalam dunia Internasional dikenal dengan nama Torquise.  Batu pirus berasal dari batuan yang membeku dan mengalami pemanasan dan tekanan bumi selama ribuan tahun. Batu pirus telah sejak ribuan tahun sebagai perhiasan karena warnanya yang unik. Kata Torquise berasal dari bahasa Perancis untuk bentuk lain turkeis yang artinya Turki. Konon batu pirus ini dibawa ke Eropa oleh Kekaisaran ottoman pada tahun 1560. Batu pirus memiliki tingkat kekerasan yang sedang bahkan hanya mencapai setengah dari berlian. Tingkat kekerasannya hanya sekitar 5-6 skala Mohs. Batu pirus hanya sedikit lebih keras dari batu kalimaya atau sering kita sebut opal. Diantara jenis-jenis batu pirus terdapat sebuah batu yang banyak dicari para kolektor yaitu batu pirus urat emas.

sejarah batu pirus
sejarah Batu pirus

Batu pirus sudah digunakan sejak lama oleh para penguasa mezir kuno maupun suku Astec, bahkan hingga ke Persia. Batu pirus bahkan melanglang buana hingga ke negeri China sejak dinasti Shang. Namun untuk Benua Eropa batu ini baru mulai dikenal pada abad ke 14 melalui perdagangan jalur sutra.

Ciri Batu Pirus Urat Emas Asli

Saat ingin mengoleksinya sebuah batu permata alangkah baiknya jika kita mengetahui ciri-cirinya. Hal ini untuk menghindari resiko membeli batu pirus yang palsu dengan harga mahal. Berikut beberapa ciri batu pirus urat emas:

1. Tidak tembus cahaya saat disenter

2. Batu ini dapat digorers oleh pisau atau benda tajam lainnya

3.Terdapat retak-retak / motif pada permukaan batu

4. Urat pirus pada permukaan batu berwarna emas

5. Permukaannya nampak seperti lilin

6. Ringan karena mengandung alumunium

7. Memiliki pori-pori kadang agak besar pada permukaan batu

Urat emas pada batu pirus membuat batu ini menjadi lebih kuat dan tidak mudah pecah meskipun jenis batu ini agak getas (rapuh).

ciri batu pirus urat emas
ciri batu pirus urat emas

Khasiat Batu Pirus Urat Emas

Seperti jenis batu bertuah lainnya, batu pirus juga tidak terlepas dari mitos. beberapa pencinta mistik percaya bahwa khodam batu pirus urat emas bisa melindungi pemiliknya. Serangan jahat yang kasat mata bisa ditangkal oleh kekuatan batu pirus ini. Ada juga yang meyakini bahwa dengan memakai batu ini maka dapat mengobati mata yang rabun. rejeki, tolak bala, kebahagian juga bagian dari khasiat batu pirus urat emas. Batu ini konon bisa berubah sesuai dengan kesehatan pemakainya.  Namun semuanya kembali kepada kepercayaan masing-masing pihak. Itu semua terjadi hanya karena Kehendak Sang Pencipta.

Filosofi Dari Batu Pirus Urat Emas

Dibalik warna dan bentuknya yang unik batu ini mengandung makna yang dalam. Urat emas pada batu pirus diumpamakan seperti menyatukan bagian-bagian yang mudah terpecah-belah. mendamaikan pihak-pihak yang sedang bertikai/berselisih sehingga hubungan dapat terjalin dengan baik. Orang yang memakai batu pirus urat emas diharapkan dapat selalu menjaga silaturahmi dengan orang lain. Itulah makna dan pelajaran yang bisa kita petik dari sebuah batu. 

Para Jemaah Haji Indonesia sering memborong batu pirus untuk oleh-oleh buat kerabat di kampung halaman. Harga batu pirus urat emas di tanah air cukup tinggi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Cara Merawat Batu Pirus Urat Emas

Perawatan batu pirus urat emas tergolong mudah mengingat tingkat kekerasannya yang tergolong sedang. Simpan batu pada suhu ruang yang tidak terlalu panas. saat mencuci atau menggosoknya gunakan kain halus atau sikat gigi. Anda bisa menggunakan sabun untuk membersihkan debu dan kotoran yang melekat pada sela-sela batu. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak atau menggores permukaan batu. Lap dengan kain lembut hingga benar-benar kering.  Simpan di kotak perhiasan.

cara membersihkan batu pirus

cara membersihkan batu pirus

Semoga artikel tentang batu pirus urat emas dapat bermanfaat.  Setelah membaca artikel diatas diharapkan kita mengetahui cara memilih batu pirus yang bagus.