Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenjeran Park Surabaya : Destinasi Wisata Yang Perlu Anda Kunjungi

 Kenjeran Park Surabaya

Duniahobiku.com - Jika melihat foto diatas anda pasti tidak menyangka kalau foto ini diambil di Indonesia. Gambar ini berada di Kota Surabaya, Tepatnya di Kenjeran Park Surabaya. Kenpark sudah lama menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya dan menjadi salah satu ikon wisata bagi masyarakat Surabaya. Setiap musim liburan tiba tempat ini akan ramai dikujungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara karena selain terjangkau tempat ini juga menawarkan tempat wisata yang unik dan menarik. Apa saja yang bisa dijumpai di Kenjeran Park?

Kenjeran Park Surabaya merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang memiliki luas lahan yang sangat besar. Lahan yang dulunya tidak teratur disulap oleh PT. Bangun Citra Wisata (BCW) menjadi salah satu tujuan wisata jika berkunjung ke Surabaya.

Di Kenjeran Park kita dapat menjumpai beberapa tempat wisata seperti  waterpark, arena berkuda, kolam pemancingan, pantai, sirkuit balap gokart, vihara dan berbagai patung khas umat Buddha yang unik. Bangunan-bangunan yang ada Kenjeran Park (Kenpark) membuat kita merasa seperti di Bangkok maupun di negeri China. Tempat ini juga tidak jauh dari jembatan Suramadu dan jika anda penggemar kuliner khas anda bisa berburu makanan khas Surabaya di kampung pesisir Kanjeran seperti lontong kupang, kerupuk ikan, ikan asap maupun sate kerang.

Apakah anda ingat akan sebuah iklan televisi dari sebuah provider seluler dan Google Indonesia (episode Google App Talk Surabaya)? Ya, semenjak kemunculannya dalam kedua iklan tersebut, kawasan wisata Kenpark Surabaya semakin dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Adegan ini diambil di patung Dewi Kwam Im yang diapit oleh pengawal. Umumnya para wisatawan yang datang memang ingin menikmati waktu liburan sambil mengabadikan foto dan video unik selama berada di kawasan Kenpark.

Kemudian keseruan apa saja yang dapat anda lakukan? Dengan berbagai kegiatan seru bisa anda dapatkan terlebih Kenpark memiliki desain ornamen khas China. Berbagai bentuk arsitektur unik dan pernak-pernik ala negeri tirai bambu inilah yang menjadi magnet yang dapat menarik minat para wisaawan untuk berkunjung secara langsung. .

1.      WaterPark Kenjeran

Waterpark memiliki konsep yang berbeda dengan Atlantis Land. Waterpark menawarkan wahana permainan air untuk keluarga seperti seluncuran air (water slide), ember tumpah. kolam air, dll.

water park kenjeran
water park kenjeran

2.      Klenteng Sanggar Agung (Hong San Tang)

Selain menjadi menjadi wisata bagi masyarakat luas, ternyata ditempat ini juga terdapat sebuah wihara/klenteng bernama "Klenteng Sanggar Agung" yang dapat dijadikan sebagai wisata religi. Uniknya klenteng ini memiliki desain khas klenteng yang ada di Beijing, Tiongkok. Semerbak bau dupa disudut-sudut bangunan yang tercium seakan membius diri ini dan tak sadar jikalau sedang berada di Surabaya. Bila anda datang bertepatan dengan hari besar umat Buddha, maka Klenteng Sanggar Agung akan padat dikunjungi para umat untuk beribadah bahkan tak jarang banyak pula yang datang dari luar kota Surabaya untuk sembahyang di tempat ini.

klenteng sanggar agung
klenteng sanggar agung

3.      Pagoda Tian Ti

Setelah itu, anda dapat juga datang berkunjung ke sebuah pagoda bernama "Pagoda Tian Ti", dimana secara fisik pagoda ini memang di desain sedemikian rupa menyerupai Temple of Heaven yang berada di Beijing, China. Meskipun Pagoda Tian Ti tak begitu tinggi, hanya terdiri dari 3 lantai tetapi kita bisa melihat secara langsung miniatur pagoda tanpa harus jauh-jauh ke negeri tirai bambu. Didalam kompleks Klenteng Sanggar Agung ini juga terdapat beberapa tempat menarik lainnya seperti Patung Naga, Patung Budha Empat Wajah, Patung Ganesha dan masih banyak lagi.

pagoda Tian Ti
pagoda Tian Ti

4.      Patung Buddha Empat Wajah

Patung Buddha Empat Wajah terletak tak jauh dari lokasi area parkir kendaraan atau tepatnya didepan bangunan klenteng utama, dimana dari kejauhan sudah nampak jelas sebuah patung setinggi 20 meter dengan bentuk Buddha yang memiliki 4 wajah. Warna emas dari kubah dan patung tersebut kian menarik perhatian dan kita seolah-olah sedang berada di Bangkok, Thailand.

patung Buddha empat wajah
patung Buddha empat wajah

Tak hanya itu saja, masih terdapat beberapa tempat ikonik kawasan ini seperti Jembatan Kenjeran dan sebuah patung dua buah naga dimana terdapat sebuah patung Dewi Kwan Im  dengan tinggi sekitar 20 meter lengkap dengan 4 dewa pengawal dan 2 dewi pendamping. Lokasi patung ini terletak dibelakang bangunan klenteng utama yang berada dipesisir pantai.

Patung Dewi Kwam im merupakan salah satu ikon di Kenjeran Park sehingga sayang jika anda tidak mengambil foto maupun video ditempat ini. Waktu terbaik untuk mendapatkan hasil foto terbaik ialah pada saat matahari terbit, dimana cahayanya begitu indah menerangi alam sekitar sehingga lokasi ini menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Surabaya.

patung Dewi Kwam Im
patung Dewi Kwam Im

5.      Atlantis Land

Atlantis didesain oleh arsitek dari Australia dengan tema istana laut dengan nuansa berwarna biru. Ada banyak wahana yang ditawarkan di Atlantis Land seperti Istana patung lillin, dunia es, dinoland, misteri dan wahana menarik lainnya.

atlantis land kenjeran surabaya
atlantis land kenjeran surabaya

Lelah dan lapar setelah berkeliling di Kenpark Surabaya, tak perlu khawatir, dimana sudah disediakan fasilitas food court yang menyajikan aneka sajian kuliner khas China dan juga nusantara. Kemudian saat malam hari tiba, kelap-kelip lampu menerangi dan menghiasi kawasan wisata ini.

Lokasi Kenjeran Park

Lantas dimana lokasi Kenpark Surabaya? Kenjeran Park terletak di Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya - Jawa timur dan tempat ini hanya berjarak sekitar 1 km saja dari lokasi Pantai Kenjeran Lama dan dekat dari Jembatan Suramadu atau bisa juga dari arah Institut Teknologi Sepuluh November (Pakuwon City). Dikarenakan masih satu garis dengan pantai di Surabaya ini, maka banyak pula yang menyebutnya dengan Pantai Kenjeran Baru ataupun Pantai Ria Kenjeran.

Pilihan Transportasi Menuju Kenjeran Park Surabaya

Bagi anda yang ingin berkunjung, dari domisili asal anda haruslah tiba terlebih dahulu di Surabaya sebagai titik awal start perjalanan. Kemudian anda dapat menggunakan mode transportasi umum/angkot dan mengikuti petunjuk rute jalan ke Kenpark berikut ini:

Bandara Juanda

Setibanya anda di Bandara Juanda, anda dapat langsung naik bis Damri dengan jurusan Terminal Purabaya Bungurasih.

Kemudian di Terminal Bungurasih, anda dapat langsung mencari bis dengan jurusan Joyoboyo dan turun di Terminal Joyoboyo.

Setelah itu terminal tersebut, anda dapat memilih ingin menggunakan angkot Lyn P Joyoboyo-Kenjeran, angkot Lyn S Joyoboyo-Bratang-Kenjeran, angkot Lyn T2 Joyoboyo-Mulyosari-Kenjeran. Setelah memilih angkot, anda nantinya akan turun di Terminal Kenjeran dan lanjut dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi Kenjeran Park.

Stasiun Pasar Turi

Setibanya anda di Stasiun Pasar Turi, anda dapat langsung naik angkot Lyn C Demak-Karang Menjangan dan nantinya turun di Karang Menjangan.

Kemudian dilannjutkan dengan naik angkot Lyn O Jembatan Merah-Keputih dan nantinya akan turun di Keputih.

Setelah itu lanjut lagi dengan angkot Lyn S Joyoboyo-Bratang-Kenjeran dan turun di Terminal Kenjeran. Lalu lanjut dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi Kenjeran Park.

Stasiun Gubeng

Opsi ini merupakan pilihan yang paling mudah, sehingga banyak digunakan bagi mereka yang ingin wisata backpacker ke Surabaya.

Setibanya anda di Stasiun Gubeng, anda dapat langsung naik angkot Lyn T2 Joyoboyo-Mulyosari-Kenjeran dan turun di Terminal Kenjeran. Lalu lanjut dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi Kenjeran Park.

Lantas berapa harga tiket masuknya? Untuk biaya tiket Kenpark Surabaya terbaru tahun 2022 ialah sebagai berikut,

Tiket masuk Kenjeran Park Baru Rp. 5.000/orang

Parkir kendaraan motor  Rp. 8.000/unit dan mobil  Rp. 10.000/unit

Tiket masuk Kenjeran Waterpark  Rp. 30.000/orang (weekday) dan Rp. 35.000/orang (weekend)

Jam buka : 09.00 - 17.00 WIB

*Tips

Gunakan panduan aplikasi maps pada smartphone guna panduan rute jalan jika anda menggunakan kendaraan pribadi.

Hati-hati pada tindak percaloan dan penipuan tiket bis disekitar Terminal Parubaya Bungurasih.

Jika anda bingung, sebaiknya bertanya pada petugas berseragam yang ada disekitar terminal saja.

Semoga artikel tentang Kenjeran Park Surabaya dapat bermanfaat dan menambah daftar tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke Surabaya.