Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

 Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Duniahobiku.com - Bagaimana cara merawat anak kucing tanpa induk? Merawat anak kucing yang ditinggal pergi oleh indukannya tentunya cukup merepotkan. Anda memerlukan tenaga serta waktu ekstra untuk merawatnya. Anda harus memperhatikan beberapa hal diantaranya makan, minum serta kebersihan anak kucing. Anak kucing dibawah 1 bulan akan sulit bertahan hidup tanpa asupan susu dari induknya. Tetapi rasa sayang dan iba haruslah dibarengi dengan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana cara merawat anak kucing yang benar sehingga dapat tumbuh besar dan sehat.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab mengapa anak kucing ditinggal induk kucing. Ada indukan yang mati karena kecelakaan seperti tertabrak motor maupun mobil, ataupun sebab-sebab lain misalnya induk mati karena sakit. Sebenarnya Jika kita mengerti bagaimana Cara Merawat Kucing tentunya hal tersebut bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

1.      Buatkan Kandang

Untuk kandang anakan kucing cukuplah dengan box yang memiliki ukuran yang cukup besar serta tinggi yang cukup, hal yang penting diperhatikan adalah kandang harus bersih, kering dan hangat serta jauhkan dari gangguan hewan lain. Jangan lupa berikan penghangat seperti kain ataupun lampu. Anak kucing sangat memerlukan kehangatan sebagai pengganti induknya. Anak kucing lebih dari satu bisa anda satukan agar mereka bisa saling menghangatkan.

Gambar kandang anak kucing
Gambar kandang anak kucing

2.      Bersihkan Bekas Plasenta

Jika kucing baru saja lahir pastinya plasenta atau ari ari masih menempel pada kucing tersebut. Cara membersihkannya cukup mudah dengan menggunakan gunting yang bersih dan steril serta kapas atau tissu secukupnya. Potonglah menggunakan gunting dan lap tubuh kucing menggunakan kapas atau tissu.

3.      Memberikan Makan dan Minum

Anak kucing pastilah membutuhkan minum yaitu Air Susu Induknya. Karena anak kucing tersebut ditinggal oleh induknya kita bisa memberikan susu formula atau susu khusus kucing sebagai alternatif pengganti susu induk. Susu tersebut dapat di beli di PetShop terdekat atau langganan anda. Untuk cara meminumkannya kita bisa menggunakan dot kucing atau sedotan. Berikan susu kucing jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer, sedang sedang saja. Pemberian ini harus dilakukan secara teratur sebab mereka sangat bergantung kepada kita minimal hingga 1-2 bulan dan mereka bisa cukup kuat dan mandiri.

gambar pemberian susu anak kucing
gambar pemberian susu anak kucing

4.      Membersihkan bulu anak kucing secara teratur

Sebagai pengganti induk kucing yang membersihkan anak kucing dengan cara menjilati bulu anaknya kita bisa menyediakan kain atau handuk kecil hangat untuk membersihkan kotoran dan debu yang melekat, jangan memandikan anak kucing dibawah umur 1 bulan, sebaiknya tunggu hingga anak kucing berusia sekitar 2 bulanan.

5.      Mengganti alas kandang secara rutin

Alas kandang yang telah digunakan selama beberapa waktu tentunya akan kotor sehingga perlu dilakukan pergantian agar kandang tetap nyaman dan sehat dan menghindarkan anak kucing dari penyakit.

Jika anak kucing terus mengeong walaupun sudah diberi makan dan minum coba pindahkan ke tempat lain yang lebih sejuk dan berikan  karpet berbulu.

6.      Ajari kucing sejak dini

Latihlah kucing anda sejak kecil misalnya melatihnya berdiri, meloncat dan berjalan. Serta latihlah kucing untuk bermain agar kedepannya si anak kucing menjadi aktif dan lincah. Mulai biasakan kucing dengan litter (kotak pasir) sejak kecil agar nantinya mereka terbiasa PUP (buang air) dikotak tersebut.

7.      Bersihkan litter secara teratur

Jika anak kucing sudah terbiasa PUP di kotak pasir (litter), lakukan pembersihan secara teratur untuk menghindarkan bau dan bibit penyakit yang  bisa timbul akibat kotoran yang dibiarkan.

8.      Periksa anak kucing ke dokter hewan

Untuk memastikan kesehatan anak kucing, anda bisa membawanya ke dokter hewan untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka dan memastikan mereka dalam keadaan sehat. Pemeriksaan ini tidak harus dilakukan hanya saat anak kucing sedang sakit saja. Pemeriksaan ini bisa anda lakukan secara berkala dan pastikan kucing mendapatkan vaksin untuk membuatnya terhindar dari penyakit berbahaya.

vaksin anak kucing
Gambar vaksin anak kucing

Demikian ulasan tentang Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk cukup mudah bukan? Semakin lama anak kucing anda akan tumbuh besar dan semakin mudah untuk merawatnya.