Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Hairballs Pada Kucing

 

Cara Mengatasi Hairballs Pada Kucing

Duniahobiku.com - Bagaimana cara mengatasi hairballs pada kucing dan apa saja penyebabnya? Kucing merupakan salah satu “sahabat” manusia sejak ribuan tahun lalu namun saat menjadi bagian dari “keluarga besar”, kucing juga tidak luput dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah hairballs. Apa itu hairballs? Untuk lebih jelasnya simak pada artikel dibawah dan temukan solusi untuk mengatasi kucing yang mengalami hairballs.

Apakah yang dimaksud dengan hairballs pada kucing?

Hairballs kucing adalah suatu kondisi dimana terdapat gumpalan berbentuk bola yang berasal dari bulu-bulu kucing yang masuk kedalam saluran pencernaan kucing dan dikeluarkan melalui kotoran ataupun saat muntah.

Penyebab kucing mengalami hairballs ?

Kucing memiliki kebiasaan untuk menjilat dan membersihkan diri, ketika hal itu dilakukan bulu kucing dapat tertelan. Bulu yang tertelan dalam jumlah banyak terakumulasi dalam usus dan tidak dapat dikeluarkan melalui feses dapat menyebabkan iritasi. Bulu yang tertelan dalam jumlah banyak dapat mengganggu pencernaan dengan membentuk gumpalan yang bercampur dengan saliva dan jika berlangsung lama dapat menyebabkan sumbatan pada usus. Kejadian ini lebih sering terjadi pada kucing yang memiliki bulu panjang, seperti Persia dan Main Coon.

Gejala saat kucing mengalami hairballs?

Gejala yang terlihat pada kucing berhubunganan dengan sistem pencernaan seperti muntah, konstipasi, diare, perut membesar dan kehilangan nafsu makan.  Hairballs adalah salah satu penyebab kejadian muntah pada kucing. Jika kejadian hairballs pada kucing anda sering terjadi maka segera konsultasikan pada dokter hewan anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kucing yang sedang mengalami masalah kesehatan tentunya akan membuat pemiliknya akan merasa khawatir. Kucing yang memiliki bulu panjang cenderung lebih mudah terkena hairballs terutama kucing yang sering membersihkan dirinya dengan cara menjilati bulunya.  Berikut beberapa cara mengatasi hairballs yang bisa terjadi pada kucing kesayangan anda :

1.      Mandikan kucing secara teratur

Grooming atau memandikan kucing anda secara rutin dapat meminimalkan kejadian hairballs. Selain itu dengan melakukan perawatan sendiri di rumah dengan menyisir secara rutin bulu kucing anda.

2.      Potong bulu kucing secara berkala

Kucing yang memiliki bulu cukup panjang cenderung mudah menggumpal, rontok dan kusut jika tidak dilakukan perawatan, Kondisi ini akan mengakibatkan bulu kucing mudah tertelan saat sedang menjilati bulunya. Pemotongan bulu kucing secara teratur akan membuat bulu kucing lebih rapi dan sehat.

3.      Menyisir bulu kucing

Menyisir bulu kucing secara teratur dapat menghilangkan bulu-bulu kucing yang rontok sehingga bisa menjadi salah satu upaya mengantisipasi terjadinya hairballs saat kucing sedang menjilati bulu yang menempel ditubuhnya. Kucing yang terbiasa disisir akan membuat kucing juga semakin jinak terhadap pemiliknya.

4.      Menjaga kesehatan kucing

Kesehatan kucing sangat berperan untuk mengjindari kucing mengalami hairballs. Masalah kesehatan juga bisa menjadi penyebab kerontokan pada bulu yang akhirnya menyebabkan hairballs, seperti parasit, stres, alergi, penyakit kulit dan makanan.

5.      Pemberian pakan bergizi

Memberi makanan yang mengandung serat yang dapat membantu proses pencernaan pada kucing,  beberapa produk makanan kucing yang dijual memiliki spesifikasi untuk mengontrol hairballs serta mencegah terjadinya kerontokan pada bulu kucing.

6.      Berikan Obat hairballs

Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan beberapa merk obat untuk mengatasi hairballs dan sembelit ditoko-toko online maupun petshop langganan anda. Obat ini memudahkan kucing memuntahkan hairballs yang terdapat dalam saluran pencernaan kucing.

Semoga artikel tentang 6 Cara Mengatasi Hairballs Pada Kucing dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara mengatasi masalah kesehatan pada kucing kesayangan anda.