Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

 manfaat bawang putih bagi kesehatan

Duniahobiku.com - Tahukah anda apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Menurut sejarah bawang putih telah dimanfaatkan sebagai bumbu dan obat obatan oleh manusia sejak 5000 tahun yang lalu, Tanaman umbi ini diperkirakan berasal dari Asia Tengah kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia. Bangsa yang pertama mengetahui manfaat dan khasiat bawang putih adalah bangsa mesir. Bangsa mesir percaya ada 22 khasiat bawang putih untuk mengobati beragam penyakit. Pada zaman mesir kuno bawang putih digunakan untuk meningkatkan kekuatan serta daya tahan tubuh buat para pekerja dan prajurit.

Mengapa bawang putih menjadi makanan yang menyehatkan tubuh? Menurut penelitian suplemen yang terkandung didalam bawang putih dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga 12% jika dikonsumsi secara rutin selama 4 minggu.

Bawang putih dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk dengan cara memakan secara mentah mentah atau menumbuknya dan ada yang lebih praktis yaitu dengan meminum hasil ekstrak dari bawang putih dalam bentuk kapsul atau dapat juga mengkonsumsi minyaknya

Kandungan yang terdapat pada bawang putih

Dalam 1 ons bawang putih mengandung 42 kalori, 9 gram karbohidrat, 2 gram protein dan 1 gram lemak dan juga mengandung mangan, vitamin B6, vitamin C, dll. Bawang putih memiliki peran dalam membersihkan tubuh kita dari berbagai penyakit ketika bawang putih dicingcang dan dihancurkan senyawa ini berubah bentuk menjadi rasa dan bau senyawa alisin berperan sebagai zat aktif utama yang bertangung jawab bagi bagi kesehatan, selain alisin senyawa lain yang berkhasiat sebagai obat yaitu terdapat dalam bentuk diallyl disulfide (zat yang terkandung dalam minyak bawang putih) yang berkhasiat memerangi penyakit penyakit regeneratif dan mengaktifkan sel sel baru.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

1.  Menjaga kesehatan jantung

Bawang Putih baik sekali dikomsumsi oleh penderita kolestrol tinggi penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, bawang putih sering disarankan menjadi alternatif suplemen kesehatan

2.      Mencegah Penyakit Kanker

Bawang putih dapat berguna untuk mencegah kanker berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa resiko kanker pada usia tua dapat berkurang 50% jika sering mengkonsumsi bawang putih secara rutin, Banyak orang yang mengkonsumsi bawang putih untuk mencegah kanker serta gangguan pada jantung dan penelitian menunjukan penduduk yang sering mengkomsumsi bawang putih akan lebih sedikit terkena kanker.

3.      Mencegah Penyakit Flu

Memasukkan bawang putih dalam olahan makanan ternyata sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit influenza, andapun bisa mengkomsumsinya dalam bentuk kapsul yang telah banyak tersedia di apotik dan toko obat.

4.      Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh erat kaitannya dengan imunitas tubuh. Mengkomsumsi bawang putih ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh yang dapat mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang kita setiap saat, Namun tentu saja harus diimbangi dengan makanan yang bergizi serta olahraga yang teratur.

5.      Melawan radikal Bebas

Radikal bebas setiap saat mengintai kita baik yang berasal dari polusi kendaraan, asap rokok, makanan dan minuman yang kita santap setiap hari, bahan kimia industri serta radiasi. Kandungan antioksidan didalam bawang putih ternyata dapat melawan radikal bebas yang ada di sekeliling kita.

Tentunya setelah mengetahui berbagai manfaat dari bawang putih tidak ada salahnya jika kita selalu menyimpan persediaan bawang putih didapur. Anda tidak perlu khawatir takut membusuk karena bumbu dapur ini tergolong tahan lama jika disimpan ditempat yang kering. oleh karena itu jangan meremehkan tanaman umbi berwarna putih ini karena dibalik bentuknya yang kecil tersimpan khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh anda.