Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Makanan Khas Aceh Yang Wajib Anda Coba

makanan khas aceh

Duniahobiku.com - Aceh sering disebut sebagai serambi Mekkah karena terkenal akan kereligiusan agamanya tapi ternyata Aceh juga memiliki kekayaan lain yang tersembunyi di balik setiap resep masakannya Baik tradisional maupun yang lainnya.Berikut adalah 4 makanan khas Aceh yang wajib Anda coba apabila sedang berkunjung di serambi Mekkah ini.

1.      Mie Aceh

Mie dari Aceh ini sudah terkenal hingga ke berbagai penjuru Indonesia. Anda bisa menemukan mie khas aceh di berbagai daerah namun biasanya rasanya akan tidak terlalu sama dengan rasa asli dari Aceh itu sendiri. Mie biasanya disajikan dengan telur maupun  dengan daging ayam. Namun mie Aceh memiliki kekhasan yang berbeda yaitu disajikan dengan seafood seperti kepiting, udang, dan berbagai makanan laut lainnya. Mie ini dapat dinikmati dengan cara di rebus maupun digoreng.

Mie Aceh
Gambar Mie Aceh

2.      Kuah Pliek ‘U

Kuah Pliek ‘U merupakan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena makanan ini terbuat dari berbagai jenis sayuran yang ada di Aceh.Makanan ini banyak disajikan di berbagai rumah makan di Aceh.Selain itu, kuah pliek ‘u juga dikenal sebagai lambang kekerabatan. Hal ini terlihat dari bahan utama makanan ini yang terbuat dari berbagai sayuran yang merupakan hasil dari kekayaan alam Aceh dan dimasak dalam 1 kuali.Oleh karena itu, dengan menyantap makanan ini Anda telah menyantap sayur-sayuran yang ada di Aceh.

Kuah Pliek ‘U
Gambar Kuah Pliek ‘U

3.      Kuah masam Keu-eung

Kuah masam Keu-eung merupakan makanan khas Aceh selanjutnya. Kekhasan yang ada pada makanan ini terletak pada bumbu yang digunakan membuat cita rasa pada kuahnya berbeda dari masakan kuah lainnya.Kuah ini memiliki rasa asam dan pedas. Karena keu-eung sendiri memiliki arti pedas.

Kuah masam Keu-eung
Gambar Kuah masam Keu-eung

4.      Rujak Aceh

Rujak merupakan makanan yang sudah tersebar diberbagai daerah dengan kekhasan masing-masing. Rujak biasanya terbuat dari campuran buah-buahan maupun sayuran.Yang membedakan rujak Aceh dengan rujak lainnya adalah menggunakan buah rumbia sebagai bahan rujak. Buah ini merupakan buah khas dari Aceh.

Rujak Aceh
Gambar Rujak Aceh

Ya, itulah 4 makanan khas Aceh yang wajib Anda coba apabila mengunjungi daerah ini.Tak lengkap rasanya apabila Anda liburan ketempat ini tanpa menikmati makanan khasnya yang lezat.