Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Infusoria Pakan Burayak Ikan

 cara budidaya infusoria

Duniahobiku.com – Bagaimana cara budidaya infusoria? Bagi para peternak ikan terutama bagi para pemula tentu pernah merasakan bagaimana sulitnya mencari pakan untuk burayak (anak ikan) yang masih berukuran sangat kecil, padahal inilah masa paling penting bagi keberhasilan seorang peternak ikan. Jika kita mampu melewatinya tahap selanjutnya kita bisa sedikit bernafas lega. Artikel dibawah akan membantu anda membuat sendiri infusoria dari bahan-bahan sederhana yang mudah anda peroleh dan bisa anda gunakan untuk membesarkan burayak ikan agar tumbuh secara optimal.

Pecinta ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut pastinya tidak asing lagi dengan makanan favorit burayak ikan yang satu ini, diberi nama Infusoria pasalnya dengan memberikan pakan infusoria pertumbuhan ikan akan meningkat sehingga akan membawa keuntungan bagi pembudidaya ikan hias.

Infusoria merupakan makhluk hidup berukuran kecil yang kaya gizi yang berfungsi sebagai pakan burayak atau larva ikan. Dengan pemberian pakan burayak ikan dengan infusoria secara teratur maka pertumbuhan ikan semakin baik dan ikan menjadi cepat besar selain itu  pakan alami ini juga menyebabkan kualitas warna ikan hias semakin cerah.

Budidaya Infusoria

Terkadang pembudidaya ikan hias menginginkan pertumbuhan ikan dengan cepat, tapi karena harga infusoria agak mahal sehingga pembudidaya merasa keberatan untuk membelinya, apalagi bagi peternak baru yang belum mengerti fungsi dari infusoria tentu keberatan untuk membeli pakan infusoria.

Sebenarnya pakan infusoria bisa anda budidayakan sendiri sehingga anda tidak perlu untuk membelinya, budidaya infusoria sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan tahu caranya dan berani mencoba. Membudidayakan infusoria secara mandiri akan menghemat pengeluaran pakan dan perkembangan ikan pun menjadi lebih cepat.

Apa sih yang dinamakan hewan infusoria? Seperti yang sudah kami paparkan diatas infusoria adalah hewan yang umumnya hidup di air tawar dan termasuk golongan kelas protozoa. Kelas infusoria berada pada kelas ciliate seperti makhluk hidup balandtidium, colpada, didinium dan paramecium.

Baiklah, tadi sekilas pengenalan kepada kita akan makhluk hidup renik infusoria, lanjut pembahasan cara budidaya atau mengkultur infusoria untuk pakan burayak ikan air tawar atau ikan hias air laut .

Berdasarkan pengalaman, budidaya ikan air tawar atau budidaya ikan air laut sehingga kita bisa sukses adalah ketika sukses merawat burayak  ikan sehinggga burayak berumur 1 bulan, ketika kita bisa melewati masa-masa itu dan burayak mampu bertahan hingga 75% maka berarti perawatan burayak ikan hias sukses. Pasalnya burayak ikan sebelum berumur 1 bulan rentan mengalami kematian dan tingkat kematiannya pun cukup tinggi mengingat burayak ikan masih belum memiliki ketahanan tubuh yang baik dan ukurannya pun masih sangat kecil.

Para peternaik ikan hias bisa sedikit lega apabila burayak ikan hidup 75% setelah berumur 1 bulan seperti burayak ikan koki, ikan koi dan lain sebagainya. Dan untuk menunjang kehidupan burayak ikan kita bisa memberikan pakan yang berkualitas, pembudidaya ikan bisa menjadikan infusoria sebagai salah satu alternatif supaya mortalitas ikan bisa menjadi rendah.

Nah, untuk bisa sukses merawat burayak ikan air tawar yang kita ternak, salah satunya dengan menjaga ketersediaan pakan yang melimpah, selain itu juga pakan yang tersedia juga yang kaya akan gizi seperti halnya infusoria. Sebenarnya pakan untuk burayak tidak hanya infusoria, pembudidaya bisa memberikan alternatif lain seperti artemia, kutu air dan yang akan kita bahas kali ini adalah infusoria.

Infusoria  merupakan makanan alami bagi burayak ikan atau larva ikan, karena memiliki ukuran yang pas dengan mulut burayak serta pergerakan yang menggoda nafsu burayak. Selain itu infusoria mengandung gizi yang menjadikan pertumbuhan burayak ikan semakin cepat.

Cara budidaya infusoria untuk pakan burayak ikan

Sebelum kita masuk pada langkah-langkah yang harus dijalani pada budidaya infusoria, terlebih dahulu kita mempersiapkan media yang akan dijadikan sebagai bahan untuk budidaya infusoria yaitu sayur-sayuran seperti sayur kol, sayur kubis, sayur ketela, sayur bayam dan lain sebagainya.

Langkah budidaya infusoria sebagai berikut.

1.      Siapkan wadah untuk budidaya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan wadah untuk budidaya atau mengkultur, wadah ini disesuaikan dengan kebutuhan infusoria yang akan dipanen. Apabila kebutuhan pembudidaya ikan berkebutuhan kecil bisa menggunakan media ember kecil, dan apabila kebutuhannya besar bisa membuat kolam sesuai dengan kebutuhan anda.

2.      Siapkan air

Setelah menyediakan wadah untuk budidaya infusoria. Pembudidaya harus menyiapkan air yang sudah di endapkan dan dicampur dengan air akuarium yang sudah diganti. Kemudian masukkan air tersebut ke tempat yang sudah disediakan untuk budidaya infusoria. Oleh karena itu ketika anda mengganti air akuarium, air tersebut jangan dibuang karena sangat bermanfaat untuk budidaya infusoria.

3.      Siapkan bahan-bahan

Setelah menyiapkan air, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan-bahan yang anda inginkan, seperti kol atau kubis, daun ketela, daun bayam dan lain sebagainya yang termasuk golongan sayuran. Mengenai ukuran dan banyaknya kol yang dimasukkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

4.      Rebus bahan-bahan

Langkah selanjutnya ketika semua bahan sudah disiapkan adalah merebus bahan-bahan tersebut, contoh : rebus kol atau kubis hingga matang atau sudah hancur. Kemudian diamkan hingga dingin, setelah itu tiriskan ke wadah yang sudah di siapkan. Kemudian aduklah hingga merata.

5.      Tutup dengan kain

Langkah selanjutnya setelah mengaduk bahan-bahan hingga merata, tutuplah dengan kain agar tidak dijadikan sebagai tempat untuk hinggapan nyamuk untuk bertelur dan agar sirkulasi udara lancar. Tutuplah dengan kain dan biarkan selama kurang lebih 4 sampai 5 hari.

6.      Cara memanen infusoria

Langkah yang terakhir adalah panen infusoria, panen infusoria bisa dilakukan ketika sudah berumur 6 hari atau seminggu, sehingga infusoria bisa dijadikan pakan burayak ikan air tawar yang anda budidaya. Cara memanen dan memberikannya kepada burayak ikan bisa mengambil beserta airnya. Kemudian tuangkan ke wadah atau kolam ikan anda secukupnya. Anda bisa memberikan infusoria secara efektif adalah 6-8 kali sehari agar pertumbuhan burayak ikan semakin cepat.

Agar lebih efektif, budidaya infusoria baiknya bisa menambahkan aerator untuk membantu sirkulasi udara agar tingkat keberhasilannya jauh lebih tinggi. Mengenai budidaya infusoria menggunakan daun bayam dan daun ketela cara dan langkahnya sama persis dengan menggunakan media kol atau kubis.

Hasil panen infusoria dari budidaya infusoria bisa memiliki banyak fungsi, apabila pembudidaya infusoria memiliki burayak ikan bisa dipakai sendiri, dan apabila tidak beternak ikan hias anda bisa menjualnya karena banyak orang yang membutuhkan infusoria untuk membantu pertumbuhan burayak ikan hias miliknya.

Bagaimana cara budidaya infusoria diatas, ternyata tidak sesulit dengan apa yang kita bayangkan bukan? Budidaya infusoria sangat mudah apabila mengetahui cara ataupun langkah-langkah yang harus dilakukan. Sekarang dengan mengetahui cara budidaya infusoria untuk pakan burayak ikan hias air tawar, anda bisa membuatnya atau mengkultur infusoria sendiri tanpa harus membelinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktekkan agar ilmu ini bisa bermanfaat bagi kita semua.