Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memotong Kuku Kucing Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

 

Duniahobiku.com – Bagaimana cara memotong kuku kucing yang baik dan benar? Pemotongan kuku kucing perlu dilakukan secara berkala. Kuku kucing yang panjang dan tajam dapat melukai pemilik kucing tanpa disengaja saat akan menggendong ataupun memeluk kucing. Secara naluri kucing juga sering menggaruk-garuk benda yang ada disekelilingnya dan hal ini bisa mengakibatkan kerusakan barang-barang milik anda jika kukunya tidak dirawat dan dipotong. Untuk memotong kuku kucing ada trik tersendiri yang perlu diketahui agar pemotongan kuku bisa berjalan lancar, simak terus artikel dibawah untuk menemukan cara memotong kuku yang baik dan benar.

Umumnya bagi para catlovers pemula akan merasa takut saat akan menggunting kuku kucing. Ada yang takut kucingnya kesakitan, banyak pula yang bingung harus memotong sampai dimana sehingga tidak membuat kucing terluka. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan waktu mau potong kuku kucing:

1.      Siapkan gunting kuku yang kuat dan tajam

Pastikan anda memiliki gunting kuku yang berkualitas dan tajam sehingga  proses menggunting kuku dapat berjalan dengan lancar.  Kita bisa menggunakan gunting khusus untuk kucing yang banyak diperjualbelikan di pet shop. Kita juga bisa menggunakan gunting kuku manusia selama kita tahu cara memotong kuku kucing yang baik dan benar. Terkadang kita menemukan kuku kucing yang cukup keras sehingga penggunaan gunting khusus hewan sangat penulis rekomendasikan. Kuku kitten lebih msudah digunting dibandingkan kuku kucing dewasa yang ssudah mulai mengeras.

gunting kuku hewan
Gambar gunting kuku hewan

2.      Buat kucing merasa nyaman

Kucing yang memiliki sifat agresif akan menyulitkan saat akan dilakukan pemotongan kuku. Buatlah kucing merasa nyaman dan tenang sebelum melanjutkan proses pemotongan kuku kucing. Potong kuku kucing sendiri bisa dilakukan saat kucing anda lagi mengantuk (kalau kucing anda suka berontak), soalnya kucing paling tidak suka dipotong kukunya terutama di kaki bagian belakang. Tapi kalau kucing anda penurut banget tidak usah tunggu saat kucing mengantuk.

menggunting kuku kucing
Gambar menggunting kuku kucing

3.      Batas potong kuku kucing

Jangan memotong kuku kucing terlalu dalam, kalau kedaleman dan terlanjur luka berhenti gunting kuku si kucing karena dia akan stress dan berontak. Langsung oleskan minyak tawon, karena minyak tawon aman kalau kejilat. Pada bagian kuku kucing terdapat bagian yang dinamakan “quick” yaitu bagian kulit yang berwarna merah yang menunjukkan pembuluh darah dan saraf kucing sehingga kita mesti menghindari bagian ini. Jika ragu lakukan sedikit demi sedikit dan pada bagian ujung kuku bagian dalam lakukan dengan mengikir kuku kucing sehingga tidak tajam. Cara ini jauh lebih aman meskipun mungkin sedikit memakan waktu.

batas potong kuku kucing
Gambar batas potong kuku kucing

4.           Lakukan pemotongan kuku kucing satu persatu

Lakukan pemotongan kucing secara bertahap, lakukan dari bagian pinggir satu persatu hingga kuku terlihat rapi dan tidak tajam lagi.

Kalau anda berencana memandikan kucing anda juga, pastikan anda potong kukunya dulu ya sebelum memandikan kucing anda. Pemotongan ini bisa dilakukan setiap 2 minggu atau 1 bulan sekali.

Sebenernya memotong kuku kucing harus anda biasakan saat si kucing masih kecil, karena kalau sudah dewasa dan si kucing tidak terbiasa dipotong kukunya, anda akan kesulitan dan takutnya malah menggigit, kalau ssudah begini pastinya anda harus membawa kucing ke petshop untuk grooming.

cara memotong kuku kucing
Gambar cara memotong kuku kucing

Apa bedanya potong kuku kucing sendiri dan di petshop? pastinya kalau di petshop si groomernya sudah profesional dan juga dibantu beberapa orang lagi kalau si kucing berontak. Tapi banyak catlovers yang mau motong kuku kucing sendiri karena ingin bangun chemistry dengan kucing kesayangannya agar jadi lebih penurut dan merasa lebih praktis dan hemat biaya.

bagaimana melatih kucing biar mau dipotong kukunya? Satu-satunya cara buat melatih kucing biar mau dipotong kukunya adalah dengan cara sering-sering berinteraksi (gendong, elus, main) dengan kucing anda sambil beberapa kali dipegang dan biarin si kucing tahu siapa “masternya”. Cara ini akan membuat kucing lebih jinak tapi jeleknya kucing terkadang cuma mau menurut dan dipotong kukunya sama si pemiliknya saja dan menolak jika dilakukan oleh orang lain yang belum dikenalnya dengan baik.

Semoga artikel tentang Cara Memotong Kuku Kucing Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara merawat kucing.