Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Kulit Telur Untuk Tanaman Dirumah Anda

 manfaat kulit telur untuk tanaman

Duniahobiku.com – Apa manfaat kulit telur untuk tanaman? Sepintas memang kulit telur tidak terlalu bermanfaat dan sering berakhir di tempat sampah.  Tetapi sebenarnya banyak manfaat kulit telur yang bisa di gunakan, salah satunya untuk tanaman kesayangan anda. Oleh sebab itu mulai sekarang jangan buang kulit telur begitu saja, anda bisa membuat sampah kulit telur ini untuk nutrisi tanaman di kebun anda. Limbah organik sudah tidak diragukan lagi keunggulannya dibandingkan pupuk pabrikan untuk budidaya tanaman. Anda bisa menggunakannya mulai dari penyemaian hingga perawatan tanaman sehari-hari.

Kandungan Cangkang Telur untuk Tanaman

Kulit telur atau cangkang telur merupakan lapisan yang membungkus bagian dalam telur. Lapisan kulit luar telur ada yang memiliki tekstur lunak, tetapi ada juga yang cukup keras tergantung jenis telur dari hewan tersebut. Kandungan utama dari sebuah telur adalah kalsium karbonat (CaCO3) sebesar 97%, fosfor (P), Magnesium, natrium, kalium,seng,mangan,besi dan tembaga sebanyak 3%.  Kandungan yang terdapat pada kulit telur berfungsi sebagai bahan organik yang bisa membantu proses pertumbuhan dan metabolisme tanaman agar tumbuh optimal. Tanaman yang mengalami kekurangan kalsium akan tumbuh kerdil dan mudah diserang hama dan penyakit.

Manfaat Kulit Telur Untuk Tanaman

Telur ayam merupakan salah satu sumber protein termurah yang dengan mudah kita temukan. Telur juga menjadi salah satu menu paling praktis yang disiap disajikan hanya dalam beberapa menit. Anda bisa bayangkan berapa juta butir telur diseluruh dunia yang tiap hari diolah. Pertanyaannya, kemanakah kulit telur setelah diolah? Umumnya kulit telur ini hanya masuk dalam keranjang sampah dan belum dimanfaatkan dengan baik. Padahal kulit telur ternyata memiliki begitu banyak manfaat, salah satunya untuk tanaman dirumah anda. Bahkan beberapa penghobi tanaman sering memintanya kepada para penjual martabak dipinggir jalan yang setiap malamnya pasti menghabiskan puluhan butir telur. Berikut beberapa manfaat kulit telur pada tanaman :

1.      Sebagai media tanam

Kulit telur kaya akan kalsium sehingga dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Cangkang telur bisa digunakan untuk media semai, gunakan cangkang dengan bagian bawahnya dilubangi terlebih dahulu. Setelah siap isi dengan tanah yang kaya akan bahan organik atau kompos kemudianletakkan bibit didalamnya. Bila bibit sudah tumbuh dan mengeluarkan 4 hingga 5 daun dan siap pindah,  anda hanya perlu meremukkan kulit telur tersebut dan masukkan kedalam pot atau lubang tanam yang baru. Agar lebih rapi anda bisa menggunakan rak telur sebagai wadah menyusun bibit yang ditanam.

media tanam kulit telur
Gambar media tanam kulit telur

2.      Sebagai nutrisi tanaman

Cara menggunakan kulit telur untuk tanaman cukup mudah. Hancurkan kulit telur sampai menjadi bubuk, tambahkan air secukupnya dan setengah tutup botol cuka, tuang dan campurkan pada media tanam kompos untuk ditebar. Bila tidak ingin repot bisa juga dengan menghancurkan kulit telur dan tebarkan pada media tanam. Lama kelamaan kulit telur akan hancur dan bersenyawa dengan tanah.

kulit telur pada tanaman
Gambar kulit telur pada tanaman

3.      Sebagai Pelindung dari Serangan Hama

Gunakan cangkang telur sebagai pagar penghalang hama siput dan bekicot pada tanaman anda. Kedua jenis hama tanaman ini tidak dapat melewati ujung cangkang telur yang tajam. Pastikan bahwa pecahan kulit telur tidak terlalu kecil agar bisa berfungsi sepenuhnya.

hama siput
Gambar hama siput

4.      Pupuk dari Kulit Telur

Bukan hanya sebagai media tanam saja tetapi kulit telur juga bisa dijadikan pupuk. Caranya yaitu dengan memasukkan sisa kulit telur dan sisa kulit pisang yang telah di komsumsi kedalam sebuah botol air mineral bekas. Untuk ukurannya sesuai bahan yang tersedia. Kemudian tambahkan air hingga botol hampir penuh lalu simpan ramuan pupuk tersebut ditempat teduh selama 5-7 hari hingga siap digunakan. Semakin lama larutan disimpan maka kulit pisang dan kulit telur akan semakin terurai sempurna. Jika ingin digunakan buatlah dengan perbandingan 1:10. Jika botol yang anda gunakan berisi cairan 500 ml maka air yang digunakan sebanyak 5000 ml atau 5 liter. Siram larutan kebagian pangkal tanaman dan media tanam secukupnya.

pupuk kulit telur dan kulit pisang
Gambar pupuk kulit telur dan kulit pisang

Semoga artikel tentang 4 Manfaat Kulit Telur Untuk Tanaman Dirumah Anda dapat bermanfaat dan anda bisa membantu mengurangi masalah sampah dengan mendaur ulang kulit telur dirumah anda menjadi sesuatu yang lebih berguna. Selamat mencoba !