Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Wisata Ala Backpacker Dengan Budget Yang Minim

 wisata ala backpacker

Duniahobiku.com - Wisata ala backpacker dengan budget yang minim itu bagaimana? Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, dengan berwisata kita dapat menghilangkan penat dari kegiatan sehari-hari. Wisata juga membuat kita menghargai alam ciptaan Sang Maha Kuasa yang sangat indah dan kita bisa menikmati serta mendekatkan diri kepada-Nya. Namun, pastinya semua orang sudah mengerti jika melakukan kegiatan tersebut pasti memerlukan biaya atau budget yang tidak sedikit.

Tips Berwisata Ala Backpacker Dengan Budget Yang Minim

Perlu anda ketahui, melakukan perjalanan wisata tak harus memiliki budget yang banyak. Kita juga dapat melakukan kegiatan ini dengan budget yang minim. Backpacker adalah salah satu cara kita berwisata dengan budget yang minim. Di bawah ini adalah tips wisata Ala backpacker dengan budget yang minin :

1.      Persiapkan semuanya secara rinci

Sebelum melakukan perjalanan, hal yang paling penting adalah mempersiapkan semuanya terlebih dahulu secara rinci, mulai dari berangkat sampai pulang. Hal ini harus anda lakukan, karena anda dapat mengatur biaya, memilih transportasi yang tepat,  memperkirakan waktu yang dibutuhkan, menginap di tempat penginapan yang murah serta memilih destinasi wisata yang tepat.

Isi Tas Ransel
Isi Tas Ransel

2.      Hanya membawa barang yang penting.

Semakin sedikit barang yang anda bawa, semakin praktis pula perjalanan anda.  Ingat, yang dimaksud dengan konsep backpacker yaitu bepergian hanya dengan satu tas ransel, tanpa koper koper yang berukuran besar dan berat. Apalagi jika anda bepergian ke luar negeri, jumlah bagasi yang melebihi kapasitas akan dikenakan charge sesuai kebijakan maskapai.

3.      Jangan membawa terlalu banyak baju

Bawa dua celana panjang dengan bahan yang cepat kering, baju dan pakaian dalam secukupnya.  Usahakan agar semua bawaan anda akan muat dalam satu tas ransel yang bisa dijinjing, dan jangan lupa menyisakan sedikit tempat ekstra untuk oleh-oleh dalam perjalanan pulang.

4.      Bawa buku panduan

Buku panduan yang terpercaya harus dibawa, apalagi jika anda berwisata ke luar negeri dan belum pasti mendapatkan jaringan internet.  Cari buku-buku panduan terpercaya, Jika ukurannya terlalu besar, fotokopi bagian-bagian yang anda perlukan.

Selain buku panduan, peta juga esensial. Akan lebih bagus juga jika anda berhasil mendapatkan peta transportasi publik, seperti jalur kereta atau jalur bus.  Jangan membeli buku panduan di airport ataupun tempat-tempat wisata, karena pasti harganya akan lebih mahal.

Peta Tempat wisata
Peta Tempat wisata

5.   Carilah tujuan wisata yang murah, jarang dikunjungi turis, namun menarik

Tentunya prinsip utama untuk berwisata murah adalah dengan mencari daerah yang baik biaya hidup atau biaya transportasinya tak terlalu mahal. Akan lebih baik lagi jika daerah tersebut masih jarang dikunjungi turis sehingga perjalanan anda ke sana akan terkesan lebih istimewa.  Oleh karena itu, dibutuhkan riset untuk menemukan tempat-tempat seperti ini.

Jika anda ingin berwisata ke luar negeri, pilihlah negara yang tidak membutuhkan visa, atau di mana anda bisa membuat visa on arrival.  Hal ini akan menghemat waktu dan biaya. Negara-negara seperti Maladewa, India dan Nepal bisa menjadi tujuan yang ideal, karena proses visa yang mudah dan biaya transport yang relatif lebih murah.

6.      Siapkan makanan dan minuman

Makanan dan minuman merupakan salah satu sumber energi kita ketika melakukan perjalanan apalagi backpacker karena kita pasti sering berjalan jauh daripada menggunakan kendaraan. Oleh karena kita juga harus memilih-milih dalam hal makanan agar kita tak makan sembarangan dan dapat menyebabkan kita sakit saat perjalanan atau anda dapat membawa beberapa jenis makanan kecil untuk menghemat biaya. Beberapa tempat wisata diluar negeri menyediakan air minum gratis sehinggga anda tinggal mengisi penuh botol minuman anda, jangan anggap remeh harga air minum diluar negeri lumayan mahal. Di negara Eropa harga susu jauh lebih murah dibandingkan harga air kemasan. Harga susu di Eropa mencapai 1 USD perbotol sedangkan harga air kemasan bisa mencapai 1,5 USD.

7.      Gunakan Transportasi Lokal Murah Meriah

Menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bus merupakan solusi untuk menghemat pengeluaran  saat mengunjung destinasi wisata. Jika anda ingin melakukan perjalananan keluar negeri maka manfaatkan travel fair atau tiket murah dimana anda bisa mendapatkan diskon hingga 50% dari tiket standar bahkan bisa lebih dari itu.

Transportasi Murah
Transportasi Murah

8.      Persiapkan Fisik Agar Selalu Prima

Salah satu ciri backpacker adalah sebuah ransel yang terisi dengan segala benda yang akan kita butuhkan saat perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan ala backpacker sebaiknya lakukan persiapan fisik dengan rajin berolahraga agar stamina anda selalu dalam keadaan prima. Seorang backpacker sejati terbiasa menghadapi segala tantangan dalam perjalanan dan itu semua memerlukan fisik yang baik. Ingat saat melakukan perjalanan anda akan sering membawa ransel di pundak anda dan itu tentunya lumayan berat apalagi jika harus berjalan cukup jauh bebannya akan makin terasa.

olahraga
olahraga

Semoga 8 Tips Wisata Ala Backpacker Dengan Budget Yang Minim dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi kepada anda semua yang gemar melakukan perjalanan wisata meski dengan budget yang terbatas.