Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Kesalahan Umum Yang Biasa Dilakukan Saat Transaksi Jual Beli Mobil

 transaksi jual beli mobil

Duniahobiku.com – Apa saja kesalahan yang sering dilakukan pembeli saat transaksi jual beli mobil? Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin membeli mobil. Salah satunya adalah untuk tujuan bisnis misalnya seperti rental kendaraan atau untuk travel. Untuk membeli kendaraan yang dibutuhkan bisa dari berbagai macam tempat misalnya di dealer mobil, pusat penjualan mobil bekas, maupun perorangan. Pembelian mobil bisa dilakukan secara kredit baik melalui perbankan maupun pihak leasing terpercaya. Ada tata cara tersendiri untuk menyelesaikan transaksi jual beli mobil sesuai dengan ketentuan masing-masing tempat yang menjual kendaraan beroda empat tersebut. Akan tetapi, saat membeli mobil di tempat yang sudah Anda pilih tersebut, ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pembeli terutama pembeli pemula sebelum melakukan transaksi jual beli mobil antara lain :

1.      Mudah terpengaruh pada penawaran dari penjual.

Setiap showroom ataupun tempat pembelian mobil lainnya biasanya memiliki sales yang sudah dilatih agar mampu menarik perhatian calon pembeli. Dan menawarkan berbagai fasilitas yang menarik minat anda untuk melakukan transaksi. Namun khusus untuk penjualan mobil secara online Anda harus berhati-hati, pastikan jika Anda membelinya di toko online terpercaya ataupun di toko online dimana Anda bisa menemukan toko atau tempat aslinya yang mengelola penjualan agar terhindar dari penipuan. Jika membeli mobil bekas, anda sebaiknya ditemani orang yang mengerti tentang seluk beluk otomotif dan sebelumnya Anda sudah mencari tahu informasi mengenai mobil yang akan Anda beli.

sales mobil
gambar sales mobil

2.      Tidak menanyakan riwayat mobil

Kesalahan ini biasanya terjadi jika Anda membeli mobil bekas. Ragu atau malu atau lupa menanyakan riwayat sebelumnya dari mobil tersebut bisa berakibat fatal misalnya pada bagian kaki mobil yang sudah berkarat karena kebanjiran, ataupun ada bagian lain dari mobil tersebut yang sudah diganti dengan komponen yang lainnya yang tidak asli karena mobil tersebut adalah mobil curian atau alasan yang lainnya. Mobil yang pernah mengalami kecelakaan parah dan telah mengganti beberapa bagian mobil dengan komponen mobil KW dan bukan asli tentunya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan harga pasaran.

kecelakaan mobil
gambar kecelakaan mobil

3.      Tidak mengecek kondisi mobil terlebih dahulu

Sebelum transaksi jual beli mobil, maka Anda perlu memastikan lebih dahulu apakah semua kondisi dari mobil tersebut dalam kondisi bagus atau tidak, setidaknya kondisinya sebanding dengan harga yang akan Anda bayarkan ke pihak penjual mobil. Jika Anda membeli di tempat terpercaya misalnya di dealer resmi, Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai mobil yang akan Anda beli karena kualitasnya jelas terpercaya. Ajak teman yang benar-benar tahu otomotif mobil sehingga tidak hanya bisa menilai kualitas dari mobil tersebut namun juga agar terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh penjual.

Kesalahan umum yang sering terjadi pada pembeli pemula adalah tidak memeriksa mesin mobil dengan baik dan hanya melihat tampilan luar dan spesifikasi mobil. Meminta tolong saudara atau teman yang mengerti mesin sangat disarankan dan jika anda tertarik lakukan uji kendaraan untuk mengetahui kenyamanan mobil saat dikendarai dan merasakan jika terjadi kelainan pada bagian mesin.

pemeriksaan mesin mobil
gambar pemeriksaan mesin mobil

4.      Tidak mengecek jenis rekeningnya.

Jika Anda membeli mobil tersebut secara perorangan misalnya mobil bekas, maka tidak salah atau tidak masalah jika mengirimkannya ke rekening perusahaan atas nama dari orang tersebut. Akan tetapi, jika Anda membelinya di perusahaan penjual mobil atau di dealer dan Anda mengirimkannya ke nomor rekening pribadi dari orang yang memasarkan atau pemilik rekening bukan perusahaan maka Anda perlu curiga karena bisa jadi Anda menjadi korban penipuan dari pembelian kendaraan roda empat tersebut.

mengecek rekening
gambar mengecek rekening

5.      Kelengkapan surat-surat mobil

Periksa dengan baik kelengkapan surat, terutama jika Anda membeli kendaraan bekas, misalnya BPKB, STNK, riwayat service kendaraan. Saat jual beli mobil bekas, kelengkapan surat menjadi salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh penjual atau pemilik mobil sebelumnya. Karena jika tidak harga mobil bisa menurun drastis. Ketidaklengkapan surat kendaraan bisa juga mengindikasi jika kendaraan yang dijual tersebut adalah kendaraan curian yang kemudian dijual dengan harga murah. Kelengkapan surat tersebut juga berlaku untuk mobil baru yang baru dipesan apalagi jika kendaraan tersebut adalah kendaraan impor.

surat mobil
gambar surat mobil

6.      Kurang Mengerti Cara Kredit Mobil Yang Baik

Kita dapat memiliki mobil baru maupun bekas dengan cara kredit. Lakukan perbandingan bunga antar beberapa lembaga keuangan dan lama kredit untuk mendapatkan harga kredit yang lebih murah dan terjangkau dengan budget anda. Lakukan simulasi perhitungan untuk menentukan lama kredit agar tidak mengganggu anggaran bulanan. Jika anda mengambil kredit lebih lama maka harga mobil akan lebih mahal namun cicilan anda jauh lebih kecil. Kesalahan memperhitungkan besarnya cicilan dapat mengakibatkan cicilan anda tersendat atau macet dan jika terus berlanjut maka pihak leasing dapat melakukan penarikan sesuai perjanjian.

menghitung kredit mobil
gambar menghitung kredit mobil

7.      Beli Mobil Sesuai Kebutuhan dan Anggaran

Jangan membeli mobil hanya karena gengsi. Melihat saudara, teman, atau tetangga membeli mobil baru maka anda sulit tidur dan memaksakan diri untuk ikut membeli mobil agar menjaga wibawa anda. Ini Fatal! Mobil keluarga yang sebenarnya cukup mengakomodir kebutuhan anda akhirnya karena menuruti ego anda harus diubah menjadi mobil mewah sekelas Alphard. Ingat ,kita bukan cuma mencicil angsuran mobil semata tetapi ada biaya-biaya lain seperti bensin, perawatan mobil, perbaikan mobil dan tentu saja pajak kendaraan. Semakin mahal mobil yang anda miliki maka pajak yang harus anda bayarkan juga semakin besar dan hal ini banyak tidak diketahui oleh para pemilik mobil baru dan jangan lupa anda masih harus memenuhi kebutuhan bulanan terutama jika anda telah memiliki keluarga. Pastikan dana anda cukup untuk membiayai semua kebutuhan anda jangan sampai anda justru merugi karena tidak mampu melanjutkan cicilan dan mobil anda harus ditarik oleh lembaga keuangan penjamin anda.

mengatur keuangan
gambar mengatur keuangan 

8.      Lakukan Survei Terlebih Dahulu

Setiap tahunnya setiap perusahaan mobil akan mengeluarkan mobil jenis terbaru untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin kompleks. Setiap perusahaan tentunya menawarkan berbagai keunggulan seperti harga, spesifikasi, model, dll untuk menarik minat konsumen. Pastikan anda melakukan survey dengan melakukan berbagai perbandingan antara mobil yang satu dengan yang lainnya sehingga anda bisa menentukan pilihan sesuai dengan budget dan keinginan anda.

survei mobil
gambar survei mobil

Semoga artikel tentang 8 Kesalahan Umum Yang Biasa Dilakukan Saat Transaksi Jual Beli Mobil dapat bermanfaat dan membantu anda sebelum melakukan pembelian mobil baik itu mobil bekas maupun baru.