Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awet

 tips merawat rantai sepeda motor

Duniahobiku.com - Ingin tahu tips merawat rantai sepeda motor agar lebih awet? Rantai atau gear merupakan salah satu bagian penting dari sebuah motor. Rantai pada sebuah motor memiliki fungsi untuk menggerakkan ban motor dan menyelaraskan perputaran roda sebuah motor. Motor yang sering digunakan tentunya akan berpengaruh terhadap daya tahan rantai anda apalagi jika rantai jarang mendapat perawatan, tentunnya masa pemakaian pasti jauh lebih singkat. Ingin tahu cara merawat rantai motor yang mudah? Silahkan lanjutkan membaca artikel dibawah ini.

Motor bukan hanya alat transportasi, lebih dari itu motor juga butuh perawatan dan kasih sayang layaknya binatang peliharaan. Meski terkesan lebay, namun hal ini penting. Merawat motor secara berkala merupakan salah satu langkah safety dalam berkendara, merawat motor secara berkala juga bisa menjadi investasi jangka panjang untuk kita. Pasalnya dengan perawatan yang bagus dan tepat, motor tidak akan mudah masuk bengkel dan pastinya harga jualnya akan tetap tinggi karena terawat dengan baik.

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Awet      

Salah satu komponen motor yang butuh perawatan ekstra adalah pada bagian rantai. Pada bagian ini sering kali luput dari perhatian kita sehingga tidak jarang kita menemui motor bagus namun memiliki peforma yang jelek atau belum lama mengganti rantai, rantai dan gir sudah aus. Nah, oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Tips Merawat Rantai sepeda Motor khusus buat anda para pecinta motor. Adapun tipsnya sebagai berikut:

1.      Selalu pastikan rantai motor selalu mendapatkan pelumas

Rantai motor dalam keadaan kering, kotor sangat berpotensi terjadinya aus pada gir. Oleh karena itu kita perlu pelumas agar gesekan antara gir dan rantai bisa di minimalisir. Selain itu, dengan tidak rutinnya kita memberikan pelumas pada gir dan rantai biasanya akan memberikan suara yang kurang enak pada gir dan rantai. Maka pastikan gir dan rantai selalu mendapatkan pelumas. Anda bisa menggunakan pelumas khusus untuk rantai dan gear dan bisa juga menggunakan oli baru sebagai penggantinya.

2.      Mengatur tingkat ketegangan rantai secara pas

Rantai yang terlalu kencang atau kendur juga kurang baik untuk gir dan rantai anda. Apabila anda terlalu kencang menyetel rantai maka kemungkinan terburuk adalah rantai anda bisa putus. Sementara itu apabila rantai anda pasang terlalu kendor maka rantai bisa copot dari genggaman gearr ketika sedang digunakan. Nah, hal ini tentunya sangat berbahaya terlebih ketika dalam keadaan ngebut. Keselamatan kita bisa menjadi taruhanya apabila kedua hal buruk tersebut terjadi. Pemeriksaan rantai sepeda motor dari segala kondisi perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3.      Perhalus ketika melakukan transmisi atau akselerasi

Memang ketika berkendara kita para pengendara memiliki gaya dan karakter masing masing. Namun pastikan dan selalu jaga agar perpindahan transmisi dan ketika melakukan akselerasi sehalus mungkin. Pasalnya, apabila ada melalukan dengan kasar, maka bisa menimbulkan tegang pada rantai dan kemungkinan paling buruk adalah rantai bisa putus. Selain itu, dengan hentakan yang mendadak dan sering juga bisa mempercepat gear cepat aus.

4.      Gunakan suku cadang yang orisinil

Satu hal lain yang penting harus anda perhatikan adalah gunakan suku cadang yang asli. Meski memiliki banderol harga yang sedikit lebih mahal, namun demi keselamatan anda kami sarankan untuk menggunkan suku cadang yang asli. Selain itu, kita juga harus paham setiap suku cadang di buat khusus untuk spesifikasi sepeda motor tertentu. Oleh karena itu, sampai kapanpun suku cadang yang asli akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemilik motor tersebut.

5.      Bersihkan rantai Motor Secara Berkala

Saat kita sedang berkendara tentunya kotoran, tanah dan debu akan mudah melekat pada bagian-bagian motor termasuk pada rantai motor anda. Salah satu cara merawat rantai mobil yaitu dengan mencuci motor dan rantai motor secara teratur. Lakukan pencucian motor secara berkala minimal 1-2 minggu sekali dengan menggunakan air dan sabun pembersih motor agar kotoran yang melekat pada rantai bisa dikeluarkan sehingga memperpanjang masa pemakaian rantai motor. Jangan lupa melumasi rantai motor setiap kali mencuci motor.

bersihkan rantai motor secara berkala
bersihkan rantai motor secara berkala

6.      Lakukan Pergantian Rantai secara Berkala

Pergantian rantai umumnya dilakukan setiap penggunaan 25.000 KM tetapi itu semua tidak terlepas dari cara mengendarai kendaraan motor yang baik dan benar. Bisa saja rantai motor harus diganti sebelum mencapai batas yang ditentukan karena kurangnya melakukan perawatan pada bagian rantai ataupun cara melakukan perpindahan transmisi yang sangat kasar sehingga memepercepat masa pemakaian rantai seperti yang ditetapkan produsen rantai motor.

7.      Jangan Menggunakan Oli bekas sebagai Pelumas

Cara melumasi rantai motor dengan oli bekas sering dilakukan oleh banyak orang meskipun cara itu kurang tepat sebab oli bekas kadang mengandung kotoran dan kepekatan oli yang sudah mengental sehingga malah membuat rantai motor anda menjadi rusak. Sebaiknya gunakan pelumas khusus rantai motor yang banyak dipasarkan dan dengan mudah kita jumpai ditoko dan bengkel alat motor, Harganya pun cukup terjangkau.

pelumas khusus rantai motor
pelumas khusus rantai motor

Jadi bagaimana? Cukup mudah bukan sebenarnya untuk merawat rantai motor kita agar tetap dalam kondisi prima dan tahan lama. Dengan menjaga rantai motor kita itu artinya anda satu langkah nyata anda menyayangi nyawa anda dan juga orang lain. Semoga informasi tentang Tips Merawat Rantai Sepeda Motor bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih!