Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Ikan Berubah Warna Menurut Para Ahli

ikan berubah warna

Duniahobiku.com - Apa penyebab ikan berubah warna? Perubahan warna adalah hal yang sangat umum pada ikan livebearing alias ikan yang bisa melahirkan. Sangat menarik untuk mengetahui mengapa warna ikan Anda berubah atau ikan menunjukkan bintik-bintik berwarna pada kulitnya. Anda perlu mengetahui dalam kondisi apa ikan Anda bisa kehilangan warna aslinya.

Banyak orang sering bertanya, kenapa ikan bisa berubah warna? Pada saat ikan tumbuh dewasa akan terjadi perubahan jumlah pigmen dalam tubuh ikan. Perubahan jumlah pigmen bisa dipengaruhi oleh banyak hal seperti jenis ikan,  lingkungan, makanan, cahaya, dan penyakit. Mungkin kita sering melihat beberapa hewan bisa berubah warna dengan cepat sesuai dengan lingkungan dimana mereka hidup, contohnya bunglon dan gurita.

Kita perlu mewaspadai jika terjadi perubahan warna pada ikan yang kita pelihara, perubahan warna bisa menjadi indikator kuat terjadi sesuatu pada lingkungan tempat tinggalnya. Jika perubahan warna terjadi  karena penyakit dan tidak segera ditangani ikan bisa mengalami kematian. Menurut para ahli, ada 5 penyebab ikan berubah warna dan kami akan membahasnya semua untuk Anda. Berikut uraiannya.

1.      Histologi Tubuh Ikan

Perubahan warna lambat bisa terjadi ketika ikan berkembang dari burayak menjadi ikan dewasa. Ini adalah proses yang lambat untuk mengubah spesimen menjadi hewan bertubuh lengkap. Pada tahap awal, mereka tidak memiliki warna yang menonjol. Mereka memiliki warna yang pudar. Ketika waktu berlalu dan ikan bertambah tua, warna aslinya akan berubah, yang secara genetik diwarisi dari orang tuanya.

Kedua, perubahan warna yang cepat disebabkan oleh stres atau agresi. Banyak nelayan melihatnya ketika seekor ikan ditangkap di kail atau jaring, mereka menunjukkan perubahan warna yang cepat pada tubuhnya. Alasan lain di balik perubahan warna ikan adalah adanya dua jenis sel yang hadir pada lapisan atas kulit ikan. Yang pertama adalah chromatophores dan iridocytes.

2.      Makanan Ikan

Secara umum, pakan ikan tidak memiliki efek pada warna ikan tetapi memiliki efek drastis pada kesehatan ikan Anda. Tapi memberikan makanan berkualitas rendah untuk jangka waktu yang lama dapat memiliki efek besar pada warna ikan Anda. Makanan tidak secara langsung berkaitan dengan warna ikan, tetapi dosis terus-menerus dari makanan yang buruk bisa menyebabkan kesehatan yang buruk.

Ketika ikan Anda sakit, dia akan mulai kehilangan warnanya yang menarik. Dia akan terlihat kusam atau membosankan. Anda bisa menggunakan makanan berkualitas untuk meningkatkan warnanya lagi seperti seperti TetraColor Tropical Flakes yang mengandung bahan untuk meningkatkan warna alami pada tubuh ikan.

makanan ikan
makanan ikan

3.      Parameter air

Pada kasus ikan livebearer, parameter air memainkan peran penting dalam kehidupan mereka. Jika mereka tidak diberi air berkualitas (suhu dan suhu pH yang baik), warna ikan Anda mungkin berubah menjadi pucat atau terang.

Sifat air dan pH harus basa, persentase amoniak harus nol, nitrit dan nitrat harus 20 ppm. Penggantian air harus dilakukan setiap minggu. Suhu air harus berkisar 280C. Gunakan heater yang bagus untuk mencapai suhu yang sesuai dengan kebutuhan ikan.

4.      Pencahayaan Akuarium

Ini adalah faktor lain yang membutuhkan perhatian Anda. Pilihlah lampu akuarium dengan sangat bijak. Pada sebagian besar kasus, semua ikan air tawar akan menunjukkan warna hanya dalam sedikit cahaya. Cahaya yang lebih cerah digunakan untuk mempromosikan warna ikan. Ikan akan bersinar atau berkilauan ketika mereka dipelihara di bawah lampu terang dengan intensitas 10.000k. Anda akan mendapatkan lebih banyak warna biru atau gelap. Ikan yang terkena sinar matahari umumnya memiliki warna cerah alami yang menarik.

Pada warna yang lebih hangat, ikan akan kehilangan warna aslinya atau mungkin bisa pudar atau redup. Cahaya yang digunakan untuk menghilangkan warna ikan memiliki intensitas 6800k hingga 8000k. Lampu ini mendorong keluarnya warna kuning, merah, coklat, dan hijau pada ikan. Jadi selalu pertimbangkan semua hal di atas sebelum memasang lampu di akuarium Anda

cahaya akuarium
cahaya akuarium

5.      Penyakit

Bukan hal yang wajar bila ikan berubah warna atau warnanya meredup, memudar, atau bahkan menjadi gelap. Ada alasan utama di balik ini, salah satunya penyakit. Misalnya jika ikan mas koki Anda berubah warna menjadi hitam, mereka menderita sirip busuk yang mengubah siripnya menjadi hitam. Hal ini paling umum terjadi pada ikan mas koki,  ikan koi, dan ikan cupang.

Semoga artikel 5 Penyebab Ikan Berubah Warna Menurut Para Ahli dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara merawat ikan hias dirumah.