Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Merawat Rem Mobil Agar Tetap Aman Dan Pakem

 

cara merawat rem mobil

Duniahobiku.com - Bagaimana cara merawat rem mobil agar tetap aman dan pakem? Anda bisa membayangkan bagaimana jika sebuah mobil mengalami masalah pada rem, tentunya bisa mengakibatkan kecelakaan yang bukan hanya membahayakan nyawa kita tetapi juga nyawa orang lain. Itulah sebabnya kita jangan hanya merawat bodi mobil agar terlihat kinclong tetapi berikan perhatian kepada rem dengan cara merawatnya dengan baik.

Bagian rem pada sebuah kendaraan khususnya mobil merupakan komponen yang sangat penting. Karena rem merupakan satu-satunya komponen mobil yang dapat menekan laju kendaraan. Untuk sistem pengereman sendiri pada dasarnya terdiri dari beragam komponen yaitu mulai dari bagian pedal rem yang ada pada bagian dalam kabin, lalu booster rem, slang rem, kaliper rem, master rem, kampas rem, minyak rem dan tentu saja cakram. Dan pastinya masing-masing komponen tersebut memiliki tugas masing-masing yang berbeda.

Cara Merawat Rem Mobil Agar Tetap Aman dan Pakem

Melihat pentingnya bagian rem ini pastinya kita harus secara berkala dan rajin untuk selalu terus merawatnya dan menjaganya. Bila bagian ini sampai dibiarkan dengan kondisi yang buruk, maka jangan heran jika saat anda berkendara nyawa anda taruhannya. Berikut ini adalah beberapa tips merawat rem mobil yang dapat membuat rem mobil anda selalu dalam keadaan yang terbaik.

1.      Minyak rem

Salah satu komponen rem yang dapat memaksimalkan daya pengereman rem adalah bagian minyak rem. Usahakan untuk selalu mengganti minyak rem setiap 40.000 km atau 2 tahun. Salah satu gejala jika minyak rem sudah tidak baik adalah injakan pedal rem yang tak lagi konsisten. Selain itu, ada baiknya untuk menggunakan minyak rem yang sesuai dengan jenis kendaraan yang anda miliki.

minyak rem
gambar minyak rem mobil

2.      Kampas rem

Bagian Kampas rem ini sangat berfungsi sebagai salah satu komponen penting untuk mengurangi laju kendaraan. Jika Kampas rem telah tipis, maka hal itu bisa membuat daya pengereman juga tak lagi maksimal. Oleh karena itu gantilah Kampas rem pada masa pemakaian kurang lebih tinggal 20%. Hal ini juga dapat mencegah kerusakan pada permukaan dinding piringan rem mobil. Cara memeriksa keadaan Kampas rem adalah dengan melepaskan roda dengan kunci.

kampas rem mobil
gambar kampas rem mobil

3.      Sepatu rem / Brake shoe

Sepatu rem berfungsi sebagai dudukan kampas rem untuk model tromol dan berguna untuk memperlambat laju kendaraan. Karena bagian ini rentan terkena air, maka pastikan bahwa pengereman benar-benar menekan kampas rem dengan baik.

sepatu rem mobil
gambar sepatu rem mobil

4.      Cairan Pembersih Cakram

Bahan baku cakram yang terbuat dari logam rentan mengalami karat, kotoran dan debu juga bisa melekat pada cakram, jadi alangkah baiknya jika anda melakukan perawatan dengan cara membersihkan bagian cakram dengan cairan khusus (brake cleaner) untuk karat seperti RG80.

cairan pembersih cakram
gambar cairan pembersih cakram

Melakukan service rem mobil

Tips merawat rem mobil yang paling dianjurkan adalah dengan melakukan service rem mobil secara berkala setiap 5000 Km. Setidaknya ada lima bagian sistem rem mobil yang biasanya akan diperiksa yaitu :

Bagian selang oli minyak rem

Masalah pada bagian booster dan master rem

Kampas rem sudah tipis atau belum

Jumlah dan juga kualitas oli minyak rem

Bagian piston rem sudah aus atau belum.

Selain itu, pastikan juga melakukan service rem mobil pada bengkel-bengkel resmi yang memang memiliki mekanik handal dan terampil. Jangan melakukan service rem mobil pada bengkel-bengkel mobil yang sekiranya masih amatiran dan tidak menjamin kualitas pelayanan yang bagus meskipun bengkel tersebut menawarkan harga yang lebih murah.

Tips merawat rem mobil yang sangat dianjurkan untuk dilakukan adalah dengan mengganti komponen rem mobil dengan komponen rem  Asli dan bukan KW. Karena pastinya kualitas antara yang KW dengan yang original akan sangat berbeda. Meski harga KW memang lebih murah, namun hal tersebut nyatanya hanya akan memperburuk kualitas pengereman dari rem itu sendiri. Jangan sekali-kali untuk menggunakan produk aftermarket untuk mengurangi biaya operasional.

Yang pasti, meskipun perawatan bagian rem ini bisa dilakukan secara berkala dan tidak harus setiap hari, namun saat anda akan melakukan berkendara khususnya untuk jarak jauh ada baiknya untuk mengecek bagian rem ini terlebih dahulu.

Semoga artikel 4 Cara Merawat Rem Mobil Agar Tetap Aman Dan Pakem dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara merawat mobil yang baik dan benar.