Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Motor Agar Tetap Prima Dan Awet

 cara merawat motor

Duniahobiku.com - Bagaimana cara merawat motor agar tetap prima dan awet? Para pemilik motor tentunya berharap motor miliknya bisa selalu tampil prima saat dikendarai dan berharap motor tersebut bisa lama digunakan. Kita tentunya pernah melihat motor yang sudah berumur puluhan tahun tetap bisa dikendarai dengan baik meskipun bodinya tidak semulus pertama kali. Anda pasti bertanya tanya bagaimana caranya motor tersebut bisa berumur panjang? Satu hal yang pasti agar motor milik kita bisa tampil prima dan awet tentunya dengan melakukan perawatan yang tepat.

Merawat motor atau kendaraan apapun yang kita miliki tentunya sudah menjadi kewajiban kita. Kendaraan yang dirawat dengan baik tidak akan menyusahkan kita saat berkendara dengan tiba-tiba mogok dan mesin tiba-tiba mati, merawat motor juga akan menghemat biaya karena motor yang rusak tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit dan akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Merawat motor sebenarnya cukup mudah, jika anda tidak memiliki keterampilan untuk mengerjakan sendiri anda cukup membawa motor anda ke bengkel terpercaya. Berikut beberapa cara merawat motor yang dapat kita lakukan setiap hari agar motor kita tetap prima dan awet hingga anak cucu kita :

1. Periksa tekanan ban motor dan rantai motor

Periksalah kelayakan baut/mur roda apakah terpasang sesuai dengan ketentuan (dimana baut/mur tersebut terpasang dan apakah baut sudah kencang) dan jangan lupa untuk selalu memeriksa tekanan ban sebelum berkendara dan apakah ban masih layak untuk digunakan. Ban yang sudah gundul sangat riskan digunakan karena sangat berbahaya saat dikendarai. Ban yang kempes dan dipaksa tetap digunakan akan mempercepat rusaknya velg motor dan bagian lain karena motor akan terasa berat saat dikendarai. Roda adalah tumpuan untuk menopang kendaraan dan bagian utama yang membuat sebuah motor bisa berjalan, rantai juga perlu di perhatikan dan di periksa kesesuaian ukurun kendur dan kencangnya. Lumasi rantai agar tidak kering sehingga mudah bergerak saat digunakan.

mengukur tekanan ban motor
Gambar mengukur tekanan ban motor

2.      Periksa signal - signal motor

Periksalah signal signal motor seperti lampu besar, lampu sein, lampu stop, dan indikator-indokator yang ada, periksa juga fungsi dari rem depan maupun rem belakang. setelah fungsi fungsi diatas berfungsi dengan baik dan normal, barulah motor aman untuk dikendarai. Lampu atau signal yang mati dapat membahayakan pengemudi terutama saat malam hari karena jarak pandang ke depan akan sangat terbatas sehingga jika ada lubang kita sulit melihatnya.

signal motor
Gambar signal motor

3.      Panaskan motor saat akan digunakan

Pada saat sepeda motor akan di hidupkan diawal, biasanya di pagi hari keadaan suhu atau temperatur dari mesin tersebut belum normal (masih dingin), usahakan di kickstarter (diengkol engkol) selama 5 kali tanpa mengontak (atau diengkol engkol 5 kali dan konci kontak dalam  keadaan off). Dengan tujuan agar oli mesin dapat terbagi dengan rata, pada ruang mesin sepeda motor tersebut.

Setelah melakukan hal di atas tersebut baru kita hidupkan dengan menahan gas sesuai langsam atau di buat Rpm rendah, tanpa harus menarik gas penuh (trotle high) agar mesin mendapatkan suhu normal usahakan dalam pemanasan berikan waktu kurang lebih 5 menit agar oli mesin akan terbagi dan melumasi komponen-komponen mesin dengan sempurna.

starter motor
Gambar starter motor

4.      Ganti oli secara berkala

Lakukanlah pergantian oli secara berkala, sesuai dengan pemakaian yang ada. Batas maksimal pergantian oli khususnya sepeda motor ialah sekitar 3000 - 5000 km yang bisa kita catat pada spedometer motor kita atau sekitar 3 - 6 bulan sekali. Pergantian oli secara berkala kadang diabaikan oleh pengemudi mungkin karena lupa atau sibuk sehingga tidak memperhatikan komponen penting yang berfungsi sebagai pelumas mesin. Gunakan oli sesuai dengan spesifikasi motor dan sebaiknya mengunjungi bengkel resmi untuk mendapatkan oli mesin yang terjamin kualitasnya.

ganti oli motor
Gambar ganti oli motor

5.      Periksa Secara Berkala Aki Motor

Aki merupakan komponen paling penting bagi kelistrikan sebuah motor. Jika kita termasuk tipe orang yang ingin lebih praktis sebaiknya menggunakan aki kering agar tidak usah sering mengontrol aki seperti saat menggunakan aki basah. Lupa mengisi air aki bisa merusak bagian lain motor terutama yang berhubungan dengan listrik seperti lampu dan indikator motor.

aki motor
Gambar aki motor

6.      Bersihkan Motor Secara Teratur

Motor yang tiap hari dikendarai pastinya tidak luput dari debu dan kotoran, jika dibiarkan debu dan kotoran tersebut dapat menjadi kerak yang bukan hanya membuat tampilan motor menjadi kotor tetapi juga bisa membuat komponen mesin motor mengalami kerusakan. Apalagi saat musim hujan tiba maka motor akan kotoran dan lumpur akan mudah melengket di motor. Cucilah motor secara berkala dengan menggunakan sampo khusus motor yang bisa melindungi warna cat motor. Bersihkan dan sikat semua debu dan lumpur yang melekat hingga motor benar-benar bersih dan mengkilat.

mencuci motor
Gambar mencuci motor

7.      Cara Membawa Motor Saat berkendara

Setiap orang tentu memiliki style tersendiri saat membawa kendaraan.  Kita harus mengerti dalam tata cara pemakaian motor yang benar dan tepat, dengan menerapakan aturan aturan standar dari sepeda motor yang anda miliki. Sederhananya, berkendara dengan menyesuaikan laju kendaraan dan perpindahan gigi, pemakaian gigi saat kendaraan melambat sebaiknya menggunakan gigi yang rendah agar kinerja mesin sesuai dengan laju motor, bukan malah sebaliknya. Cara mengendarai motor dengan asal-asalan dan ugal-ugalan akan membuat kinerja motor cepat aus dan mesin cepat rusak.

naik motor ugal-ugalan
Gambar naik motor ugal-ugalan

Semoga artikel tentang  7 Cara Merawat Motor Agar Tetap Prima Dan Awet dapat diterapkan agar motor motor anda bisa berumur panjang. Merawat motor dengan baik akan membuat kita nyaman dan aman saat berkendara.