Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Wisata KeLuar Negeri Dengan Biaya Minim

 wisata keluar negeri

duniahobiku.com - Wisata keluar negeri? Sepertinya itu sulit. Tapi eitss.. tunggu dulu jangan cepat berputus asa. Mungkin jika anda mengetahui caranya anda tetap bisa mewujudkan impian anda meskipun dengan budget yang terbatas. Tips wisata keluar negeri pada artikel ini bisa membantu anda mewujudkan impian anda mengunjungi negara lain, silahkan simak tips dibawah ini.

Tidak sedikit orang yang memiliki keinginan dapat berlibur dengan budget yang minim apalagi berlibur ke luar negeri. Namun seringkali masalah finansial ini banyak menjadi kendala setiap orang yang ingin berlibur ke luar negeri. Untuk berlibur ke negara tetangga memang tidak semurah yang kita harapkan. Banyak sekali hal penting yang harus diatasi dengan uang ketika akan berlibur ke negara tetangga, seperti tiket transportasi baik udara maupun laut, biaya penginapan, biaya makan, serta biaya jalan-jalan ketika sudah sampai tempat tujuan. Bisakah anda bayangkan berapa biaya yang akan anda keluarkan untuk itu semua? Tentunya pasti akan menguras kantong anda.

Meskipun begitu bagi anda yang ingin pergi liburan keluar negeri tidak perlu khawatir, karena selalu ada banyak jalan menuju Roma. Untuk bisa mencari jalan itu sebaiknya anda persiapkan rencana yang matang dari jauh jauh hari agar keinginan berwisata anda dapat terwujud. Tentunya dengan melakukan beberapa trik dan tips berwisata ke luar negeri berikut ini yang dapat anda membantu anda mewujudkan impian anda :

1.           Menabung dolar sesuai budget wisata anda

Hal utama yang anda butuhkan ketika anda hendak berwisata apalagi keluar negeri yaitu uang. Untuk itu anda harus menyiapkan jauh jauh hari dengan cara menabung. Sebelum itu anda harus tahu bahwa tidak sedikit orang yang telah menabung dalam persiapan dana berwisata namun belum juga dapat berwisata karena adanya fluktuasi nilai tukar mata uang. Fluktuasi nilai tukar ini membuat uang anda yang telah anda persiapakan tidak cukup untuk melakukan wisata luar negeri. Oleh karena itu mencari solusi agar terhindar fluktuasi nilai tukar uang adalah tugas anda. Disini anda akan menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan anda, yaitu menabung dolar. Trik ini akan menyiasati adanya fluktuasi nilai tukar uang. Selain itu, anda akan mendapatkan keuntungan double ketika menabung dolar. Yang pertama ialah jumlah nilai yang anda tabung akan stabil dan yang kedua adalah jumlah dolar yang anda tabung akan menguat sekitar 15 – 55% jika anda menukar dolar anda dengan mata uang negara tempat tujuan anda berwisata.

2.           Memilih wisata ke negara bebas visa

Berikut kendala kedua bagi traveler yang ingin berwisata ke luar negeri yaitu besarnya uang untuk membayar visa. Biaya visa ke luar negeri berkisar hingga 2 juta keatas. Contohnya seperti visa ke Amerika serikat yang dapat mencapai 190 – 265 dollar. Hal ini jelas membuat budget anda akan membengkak.

Untuk itu mencari informasi terkait negara yang memberikan kebebasan visa untuk WNI sangat penting untuk anda lakukan. Negara yang dapat menjadi referensi anda untuk anda kunjungi yaitu negara ASEAN. Negara ASEAN membebaskan uang visa bagi wisatawan dari Indonesia. Selain negara ASEAN, ternyata masih banyak lagi negara yang membebaskan biaya visa bagi WNI seperti Macau, Peru, Maroko, Jepang, dan Hongkong.

3.           Mencari penginapan sebelum hari H

Berikut ini tips berwisata ke luar negeri yang sangat penting bagi anda untuk dilakukan yaitu mencari tempat penginapan sebelum anda berada di negara wisata yang anda tuju. Untuk mencari informasi mengenai tempat menginap, anda harus lakukan jauh jauh hari sebelum anda berangkat berwisata. Untuk meminimalisir budget anda di penginapan, carilah informasi tentang penginapan yang murah namun aman dan nyaman untuk ditempati. Sebisa mungkin jauhi hotel yang lokasinya berdekatan dengan tempat wisata karena harganya pasti akan mahal. Trik yang lain yaitu jika anda memiliki teman atau saudara di luar negeri, tidak ada salahnya jika anda menginap di rumah mereka.

4.           Manfaatkan Promo Tiket Murah

Pada waktu waktu tertentu banyak maskapai penerbangan yang melakukan promo tiket murah dengan harga sangat terjangkau. Bagi para wisatawan yang sering berburo promo pasti pernah merasakan betapa promo ini sangat membantu mengurangi biaya wisata keluar negeri.  Umumnya tiket promo akan dipasarkan jauh jauh hari sebelum hari keberangkatan sehingga kita sebagai konsumen mesti selalu mempersiapkan dana jika sewaktu waktu ada promo dan cepat melakukan booking tiket agar tidak didahului oleh pelanggan lain.

Untuk mengetahui kapan maskapai melakukan promo anda harus secara rutin mengunjungi situs situs resmi maskapai penerbangan ataupun situs travel langganan anda untuk selalu mendapatkan informasi terbaru.

5.           Gunakan Selalu Transportasi Publik

Selama anda berada diluar negeri usahakan selalu menggunakan transportasi publik seperti kereta, bus ataupun mode transportasi lainnya yang terjangkau. Menggunakan transportasi publik jelas akan menghemat pengeluaran anda untuk berpergian dari satu tempat ke temapt lainnya dibandingkan harus selalu menggunakan taxi yang memiliki tarif  lebih tinggi. Bahkan dibeberapa negara kita bisa membeli tiket yang bisa digunakan selama 2 hari full tanpa harus membayar lagi, hal ini jelas dapat menghemat budget anda.

6.           Berjalan Kaki

Jika jarak tempat wisata dengan hotel/penginapan anda tidak terlalu jauh dengan tempat wisata, tidak ada salahnya anda berjalan kaki. Apalagi di diluar negeri kita akan mendapat banyak hal hal baru yang sulit kita temukan jika kita berada dalam kendaraan. Suasana dan pemandangan toko, rumah, taman yang berbeda dengan negara kita akan sangat mendukung saat kita berjalan kaki apalagi jika anda berkunjung keluar negeri saat musim dingin atau akhir musim dingin yang memiliki hawa sejuk seperti dipuncak, anda tidak sadar saat berjalan kaki anda telah sampai ditempat tujuan.

7.           Restoran

Makan jelas merupakan kebutuhan yang tidak bisa kita hindari, bukan makanannya yang menjadi problem tetapi dimana anda makan yang kadang membawa masalah. Makan di restoran mewah jelas harganya berbeda jika anda makan di restoran biasa, maka sebaiknya hindari makan di restoran mewah untuk menghemat budget anda. Rumah makan / restoran rumahan juga tidak kalah nikmat dan tentu saja ramah dikantong para wisatawan dengan budget terbatas.

8.           Belanja Oleh oleh

Oleh oleh sepertinya sudah menjadi barang wajib yang pasti dibawa oleh wisatawan, sepertinya ada yang kurang jika tidak berbelanja barang khas yang ada di negeri orang. Berbelanja oleh oleh tentu sah sah saja dilakukan selama masih dalam batas yang wajar. Banyaknya barang yang unik dengan tawaran harga yang menggiurkan membuat para wisatawan terlena dan lupa daratan sehingga tidak sadar berbelanja di luar budget yang ada. Hal ini tentu saja harus anda persiapkan sejak awal dengan mengalokasikan dana khusus untuk belanja oleh oleh. Dan satu hal yang mesti anda perhitungkan bahwa semakin banyak barang bawaan anda maka anda bisa terkena biaya bagasi tambahan dipesawat.

Semoga 8 Tips Wisata Ke Luar Negeri Dengan Biaya Minim diatas dapat bermanfaat sehingga anda bisa mempersiapkan dengan sebaik-baiknya segala persiapan pada saat akan melakukan wisata keluar negeri. Selamat mencoba !