Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Berwisata Ke China Yang Wajib Anda Ketahui

 

wisata ke china

Duniahobiku.com  - Ingin berwisata ke China? Selama beberapa tahun yang lalu, China atau disebut dengan Republik Rakyat Tiongkok (RTT) ini pernah menjadi salah satu negara yang tertutup bagi para pengunjung luar negeri. Namun, kini China sangat terbuka bagi para turis dan pebisnis, serta menjadi salah satu tempat tujuan menarik untuk berjalan-jalan menikmati berbagai pemandangan indah dan atraksi yang selama ini hanya kita lihat di televisi. Namun sebelum anda melakukan perjalanan ke “negeri tirai bambu” ada baiknya anda mengetahui beberapa tips dibawah ini karena China merupakan negara yang unik.

11 Tips Berwisata Ke China Yang Wajib Anda Ketahui

China tumbuh menjadi negara adidaya baru menyaingi Amerika yang selama ini mendominasi. Bahkan dalam Olimpiade tahun 2008 yang lalu China menjadi juara umum dan mendominasi perolehan piala, bukan hanya dibidang olahraga saja China unggul saat ini prospek pariwisata China tumbuh secara signifikan dan mampu menarik banyak wisatawan dunia untuk mengunjungi negeri ini termasuk dari Indonesia. Namun sebelum  berencana ke negeri bambu tersebut, bacalah tips berwisata ke China yang perlu anda tahu berikut ini:

1.           Cari tahu cuaca di sana

China merupakan negara dengan 4 musim. Agar tak salah kostum, cobalah untuk mencari tahu cuaca saat Anda liburan di sana. Jangan lupa juga cari tahu tentang kisaran suhu agar bisa mempersiapkan segalanya dengan benar, seperti pakaian yang akan anda bawa. Kalau anda menyukai cuaca yang sejuk dan bersalju anda bisa mengunjungi beberapa wilayah China saat musim salju, banyak wisatawan yang belum pernah melihat salju secara langsung justru memburu momen yang ada pada musim tersebut.

musim salju di china
Musim Salju di China

2.           Tentukanlah destinasi mana yang ingin dikunjungi

Agar tak kebingungan saat berada di China, sebaiknya segera susun jadwal dan rute perjalanan anda, mengingat China negara yang luas dan ada banyak tempat wisata menarik di negeri ini. Tentukanlah tempat mana saja yang ingin anda kunjungi. Jangan lupa untuk mencari tahu cara menuju tempat tersebut. Ada banyak destinasi menarik yang bisa anda kunjungi seperti tembok besar China yang konon bisa terlihat dari bulan (great wall of China) dan Forbidden City yang terletak di Beijing ataupun mengunjungi The Bund di Shanghai dan menikmati pemandangan malam Shanghai yang sangat cantik, pasukan terakota dan masih banyak tempat lain yang bisa menjadi pilihan anda.

great wall of china
Gambar Great wall of China

3.           Belajar sedikit bahasa mandarin yang populer

Di China, Anda akan menemukan sedikit tulisan dengan huruf latin. Kebanyakan keterangan di negara China menggunakan huruf kanji China. Agar tak tersesat dan kesulitan dalam mengartikan kata, tidak ada salahnya untuk belajar bahasa Mandarin sederhana. Membawa buku bahasa Mandarin juga ide yang bagus.

4.           Kalau anda ikut rombongan, jangan sampai terpisah

Ingatlah, China merupakan negara asing. Anda bisa saja tersesat kapan saja di mana saja. Untuk itu, jangan berpisah dari rombongan, atau bahkan pergi sendiri karena dapat membahayakan diri. Pengalaman pribadi penulis saat berkunjung ke Shanghai, pada saat ditempat wisata yang penuh dengan keramaian kita bahkan bisa terpisah dengan rombongan karena tanpa disadari saat melihat berbagai souvenir dan barang-barang unik kita terpisah dengan romobongan lain. Umumnya cara yang sering gunakan adalah berkumpul disuatu tempat yang telah ditentukan ataupun menelpon lokasi dimana kita berada, dan akan dijemput oleh guide.

keramaian shanghai
Gambar Keramaian Shanghai

5.           Bawa uang Dollar AS dan Yuan

Sebelum anda berangkat ke China, alangkah baiknya kalau Anda sudah menyiapkan uang dalam pecahan Yuan. Jangan membawa terlalu banyak, bawa saja secukupnya. Sebagai cadangan, bawa saja uang dengan pecahan USD. Jika memang dibutuhkan, sebaiknya tukar saja uang USD ke Yuan, Mengapa bukan rupiah? Karena nilai USD yang lebih stabil dibanding rupiah.

6.           Jangan nekat pergi sendiri

Hal yang terpenting harus Anda ingat, terutama untuk yang pertama kali ke China, janganlah nekat untuk bepergian sendiri. Sebaiknya datang bersama dengan teman atau lebih baik jika sudah memiliki kenalan di sana. Hal ini sangat penting agar tidak tersesat. Kecuali jika anda sudah terbiasa bolak-balik China dan mengenal dengan baik tujuan anda.

7.           Upayakan untuk menawar saat belanja

Jika anda terlihat seperti orang yang asing, maka si pemilik toko akan menaikkan harga, hanya untuk anda. Jangan merasa terkejut jika anda mendapat harga yang sangat tinggi, meskipun untuk barang yang sederhana, maka berupayalah untuk menegosiasikan atau menawar  harga yang diberikan si pemilik toko. Ada beberapa toko yang menjual barang dengan harga yang telah ditetapkan seperti toko serba 5000 yang dulu marak di Indonesia, kalau di Shanghai ada toko yang menjual serba 10 Yuan, meskipun didalam toko ada barang yang berharga lebih dari 10 Yuan.

8.           Siapkan tisu toilet

Saat anda bepergian untuk berbelanja ataupun sekedar melihat-lihat pemandangan alam, siapkan tisu toilet di tas anda. Kebanyakan toilet umum di China tak menyediakan tisu, jadi anda perlu untuk menyiapkannya sendiri.

9.           Siapkan diri untuk budaya yang berbeda

China adalah tempat menakjubkan untuk dikunjungi, namun suara, pemandangan dan budaya tentulah sangat berbeda dari kebanyakan negara dunia yang lainnya. Salah satu hal menarik saat berkunjung kesana adalah etos kerja yang ditunjukkan para pekerja yang begitu giat melakukan tanggung. jawabnya. Anda akan menemukan banyak hal-hal menarik tentang negeri yang identik dengan hewan pandanya yang lucu.

10.      Makanan

Mungkin salah satu hal yang sering mengganjal dihati para travelers adalah soal makanan. Selera dan budaya yang berbeda dengan negara lain membuat kita mesti mempersiapkan dengan baik sebelum berangkat kesana. Bagi non muslim  tentu tidak ada masalah tetapi bagi seorang muslim tentunya ada beberapa makanan yang harus dihindari mengingat dinegara ini cukup sulit menemukan makanan khusus vegetarian ataupun masakan Indonesia kecuali saat anda berkunjung ke kota XI’an  yang mayoritas penduduknya beragama muslim jadi anda pastinya tidak kesulitan menemukan makanan halal. Sebagai antisipasi anda bisa membawa makanan siap saji seperti dendeng maupun abon untuk berjaga-jaga.

11.      Paket Tour China

Jika anda baru akan berkunjung ke negeri ini lebih baik anda menggunakan berbagai jasa biro perjalanan sehingga anda tidak perlu repot mengurus segala sesuatu karena telah dilakukan oleh jasa travel. Kita cukup membawa barang-barang pribadi kita dan semua hal yang menyangkut administrasi seperti tiket, hotel, makanan, tempat wisata akan diatur oleh biro perjalanan. Anda bisa memilih destinasi dan biaya liburan ke China sesuai dengan budget yang anda miliki.

Semoga 11 Tips Berwisata Ke China Yang Wajib Anda Ketahui dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang anda perlukan sebelum menikmati keindahan alam negeri China dan budaya unik yang berusia ribuan tahun, dan terakhir jangan lupa membawa pulang oleh-oleh!