Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Universitas Tertua Di Dunia Bisa Menjadi Referensi Menuntut Ilmu

 

universitas di dunia

Duniahobiku.com - Apakah anda mengetahui dimana universitas tertua didunia? Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Salah satu hadits Rasul ini bermakna bahwa kita jangan pernah ragu untuk menuntut ilmu meskipun harus merantau ke negeri yang jauh dari tempat tinggal kita. Melanjutkan pendidikan di univeritas ternama di dunia bukanlah mimpi yang tak bisa digapai, semua orang jika berusaha dan berdoa pasti bisa mencapainya.

Meski begitu, memilih perguruan tinggi pun harus cermat agar setidaknya kita tahu kondisi dan potensi apa yang bisa kita raih disana. Reputasi dan sejarah bisa menjadi salah satu pertimbangan kuat dalam memutuskannya.

Artikel ini akan mengulas beberapa universitas yang sudah berdiri sejak lama di dunia namun eksistensinya masih cukup berjaya hingga saat ini. Bisa kita bayangkan berapa juta mahasiswa yang sudah mereka didik, tentu bukan hal yang gampang untuk bisa bertahan sejauh ini.

Sehingga bukan hanya sekedar label sebagai universitas tertua yang kita perlu kagumi, namun pengalaman dan cara mendidiknya yang sudah teruji. So, siapa tahu beberapa universitas dibawah ini bisa menjadi referensi untuk anda atau sanak saudara yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

1.           Univeristas Al-Karouine

Universitas yang sudah ada sejak tahun 859 ini terletak di Fes, Maroko. Karena belum ditemukan lagi bukti adanya universitas yang lebih dulu, Unversitas Al Karouine ini mendapatkan rekor sebagai universitas tertua di dunia versi Guiness Book of World Records.

Pendiri universitas ini ialah seorang wanita bernama Fatima Al Fihri yang konon seorang ilmuwan di bidang alam. Sehingga pada perjalanannya universitas ini menjadi salah satu universitas terkemuka di bidang alam hingga saat ini.

2.           Universitas Al Azhar

Masih berada di wilayah Timur Tengah, tepatnya di negara Mesir. Berdiri dengan kokoh sebuah universitas yang menjadi pusat ilmu sastra dan literatur Islam Arab Sunni. Meskipun merupakan universitas islami namun tak sedikit juga mahasiswa non muslim yang belajar disana. Universitas Al Azhar didirikan sekitar tahun 970-972 dan seiring berkembangnya waktu disana juga mengajarkan berbagai bidang ilmu pengetahuan modern seperti : kedokteran, teknik, ekonomi, dan bidang pertanian.

3.            Universitas Bologna

Namanya mungkin tidak seterkenal universitas di Eropa lainnya saat ini. Namun dahulu nama Universitas ini sangat menggema di dunia Barat. Berdiri sejak tahun 1088 tepatnya berada di Bologna Italia, universitas ini berada di peringkat atas hingga masa perang dunia kedua. Dimana diceritakan pula bahwa pemimpin di universitas tersebut berjasa besar dalam memajukan sistem pendidikan di Italia dan Eropa pada umumnya.

4.           Universitas of Oxford

Universitas ini didirikan sekitar 1096-1167 dan termasuk salah satu kampus tertua didunia dan merupakan kampus yang sangat terkenal dan paling top didunia versi Timer Higher Education (THE). Tentunya kita pernah mendengar nama Stephen Hawking, bahkan kisah hidupnya pernah diangkat kelayar lebar dengan judul The Theory Of Everything (2014) dan beberapa versi lainnya. Selain penerima hadiah Nobel Stephen Hawking merupakan lulusan dari Universitas of Oxford.

5.           Universitas Of Cambridge

Cambridge didirikan oleh sekelompok perhimpunan sarjana yang keluar dari universitas Oxford dan mendirikan univeristas Cambridge pada tahun 1209. Universitas Oxford dan Cambridge terkenal saling bersaing satu sama lain namun meskipun begitu keduanya merupakan universitas paling bergengsi dan dikenal menghasilkan lulusan yang sukses menjadi ilmuwan, penulis dan politisi terkenal. Untuk masuk ke kampus ini tidak mudah karena memiliki syarat yang ketat bahkan mungkin salah satu yang paling ketat didunia.

6.           Universitas Salamanca

Tentunya anda pernah mendengar tentang matador, dimana seorang Torero (tokoh utama) yang melawan seekor banteng dalam sebuah pertunjukan. Tradisi dari Spanyol ini sudah berusia ratusan tahun tetapi bukan itu saja yang terkenal tua dari Spanyol. Ada sebuah universitas yang terletak disebelah barat Madrid bernama Universitas Salamanca yang sudah berdiri sejak tahun 1134. Bahkan universitas ini merupakan yang tertua di Spanyol yang masih eksis hingga kini.

7.           Universitas Paris

Paris ternyata bukan hanya soal menara Eiffel atau fashion semata tetapi juga merupakan tempat untuk menuntut ilmu. Salah satu universitas tertua di Paris yang dikenal dengan universite de paris atau universitas Paris yang berdiri sekitar tahun 1160 - 1250, kampus ini juga disebut Sorbonne atau La Sorbonne. Salah satu penulis novel “laskar pelangi”  yang sangat terkenal dari Indonesia, Andrea hirata merupakan alumni dari Universitas Paris.

Semoga 7 Universitas tertua di dunia dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memilih perguruan tinggi yang baik dan memiliki reputasi yang sudah teruji oleh waktu.